Forum Diskusi 2: Komunikasi

Langkah yang harus dilakukan untuk berkomunikasi dengan masyarakat daerah?

Langkah yang harus dilakukan untuk berkomunikasi dengan masyarakat daerah?

by EVIN LUTHFIAH DWIANDRINI -
Number of replies: 0

nama : evin luthfiah dwiandrini

Wilayah astronomis indonesia 9° LU-11°LS dan 95°BT-141° BT, dengan luas yang sedemikian rupa dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki beragam suku bahasa. Tiap bahasa memiliki ciri khas tersendiri. tentu jika Indonesia tidak memiliki bahasa persatuan ditengah banyaknya bahasa, maka setiap orang akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan setiap orang akan kesulitan dalam mengutarakan maksud dan tujuannya.
Terlebih komunikasi sendiri selalu berkaitan dengan bahasa. Walaupun komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan gestur tubuh namun tetap kesamaan bahasalah yang paling dibutuhkan untuk mencapai komunikasi yang efektif.

Dalam berkomunikasi dengan warga setempat, kita yang notabenenya sebagai pendatang tentunya akan kesulitan jika harus berkomunikasi Dengan bahasa setempat. Dan inilah yang Menjadi PR kita, untuk bagaimana caranya dapat berkomunikasi dengan warga setempat.

Salah satu cara untuk dapat berkomunikasi dengan warga setempat adalah dengan menggunakan bahasa persatuan bahasa Indonesia. Namun, terkadang tidak semua masyarakat dapat berbahasa Indonesia, terutama bagi warga yang sangat kental dengan ada budayanya. Oleh karena itu untuk meminimalisir diskomunikasi antara kita sebagai pendatang dan warga setempat, kita harus bekerjasama dengan para warga yang mahir berbahasa Indonesia. Rangkul mereka, berdialog lah dengan mereka dan mintalah bantuan mereka untuk menjadi jembatan komunikasi antara kita sebagai pendatang dan mereka sebagai warga setempat.

untuk meminimalisir dari tindakan diskriminasi, mulailah dari diri kita terlebih dahulu. usahakan untuk selalu menghormati perbedaan dan selalu menjunjung tinggi sikap saling menghormati. jika kita sebagai warna negara indonesia yang baik menemukan tindakan diskriminasi maka sudah seharusnya kita untuk saling mengingatkan. semuanya dapat dimulai dari hal kecil yakni dari diri kita terlebih dahulu.