Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

pertyaan

pertyaan

by ZAKYA ZAMILA -
Number of replies: 3

apasaja kesulitan dalam mengmbangkan potensi yang ada di dalam masyarakat ?

In reply to ZAKYA ZAMILA

Re: pertyaan

by FIRDAUSYA SALMA -
Menurut saya, kesulitan dalam mengembangkan potensi yang ada di masyarakat adalah mereka tidak menyadari suatu potensi apa yang ada dalam diri mereka. Sehingga untuk mengatasinya adalah dengan bagaimana suatu potensi itu terlebih dahulu di sosialisasikan secara menyeluruh oleh pemerintah. Sehingga masyarakat dapat terlebih dahulu menyadari potensi apa yang ada dalam diri mereka dan kemudian dapat timbul keinginan untuk mengembangkan potensi tersebut, difasilitasi pemerintah dalam proses pengembangannya. (Firdausya Salma PM160508)
In reply to ZAKYA ZAMILA

Re: pertyaan

by MUHAMAD DANENDRA BUDIARTO -
Berikut adalah kesulitan yang beredar di masyarakat sehubungan potensi:
1. Apatis. Kita harus aktif dalam komunitas yang bisa kita ikuti dengan cara apa pun, baik melalui bantuan finansial atau menyibukkan diri dengan berkomitmen. Mahasiswa melakukan hal tersebut melalui penggalangan dana (fundraising), volunteering, dan pengabdian masyarakat.
2. Tanggung jawab. Pada dasarnya kita harus bertanggung jawab atas diri pribadi dan tindakan yang dilakukan. Ada kalanya orang lain harus disalahkan atas hal yang menimpa hidup, tapi alangkah baiknya daripada mencari kambing hitam kita proaktif dan melalkukan sesuatu untuk memperbaiki diri. Untuk orang yang telah berkeluarga, kebutuhan fisik dan emosional adalah yang terpenting. Namun, kaum muda juga perlu bekerja keras dan membuang jauh-jauh cara pikir dengan menyalahkan "sistem".
3. Adab. Masyarakat berbeda latar dapat tidak setuju dan melupakan kesopanan. Mari kita ubah dengan mendengarkan baik-baik apa yang disampaikan orang, bahkan jika kita tidak setuju dengan opininya. Berilah sedikit rasa hormat dan kehati-hatian dalam berkata supaya tidak mengubahnya jadi dendam. Hal ini telah dilakukan Pejuang Muda di salah satu sesi tes masuk dengan mengikuti forum LGD (Leaderless Group Discussion).
In reply to ZAKYA ZAMILA

Re: pertyaan

by SADIAH MUAYYADAH -
halo kak, izin menjawab ya. menurut saya kesulitan yang ada dari diri masyarakat itu sendiri, seperti masyarakat yang merasa mereka tidak mampu atau tidak percaya diri mengembangkan potensi mereka sendiri, lalu masyarakat tidak mengali lebih dalam potensi yang ada dan disini sebagai yang akan melakukan sosialisasi masyarakat kita harus bisa membantu masyarakat untuk lebih percaya, karena jika masyarakatnya pun sulit digali potensinya, pemberdayaan yang mungkin kita usung akan sulit diresap oleh mereka. Terima kasih, mohon maaf ya kalo kurang tepat