Observation

Observation 9

Observation 9

by ALIKA FUADAH YASMIN -
Number of replies: 0

Pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan menuntun sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari teacher centred menjadi student centered. Dalam pembelajaran abad 21, peserta didik dituntut untuk memiliki kecakapan berfikir dan belajar, yakin 4C (critical thingking and problem solving, Creativity and Innovation, Collaboration, dan Comunication)
Selain itu, guru juga harus memiliki karakteristik Guru Abad 21:
1. Life-long leaner (pembelajaran seumur hidup)
2. Kreatif dan inovatif
3. Mengoptimalkan teknologi
4. Reflektif
5. Kolaboratif
6. Menerapkan student centered
7. Menerapkan pendekatan diferensiasi

Adapun model-model pembelajaran Abad 21 adalah sebagai berikut:
1. Student Centered, pembelajaran yang dipusatkan kepada peserta didik, dimana guru hanya sebagai fasilitator
2. Discovery Learning, suatu proses pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk dapat menemukan pengetahuan secara mandiri.
3. Flipped Classroom, pembelajaran yang menggunakan ide dasar dari metode sengan membalikan pendekatan suatu kegiataan pembelajaran.
4. Project Based Learning, merupakan pembelajaran yang berbasis proyek, dimana peserta didik akan mengeksplorasi suatu pengetahuan hingga akhirnya mendapatkan hasil dari pembelajaran
5. Collaboration Learning, pembelajaran yang menekankan budaya kerja yang kolaboratif.
6. Blended learning, merupakan pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka.