Tugas 1: Paradigma pendidikan UNESCO (Learning to: know, do, be, live together), Higher Order Thinking (HOT), dan Abad 21 sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya:
- Learning to Know: Dalam kehidupan sehari-hari, kita terus belajar untuk mengetahui hal-hal baru, baik itu melalui pendidikan formal, belajar mandiri, atau pengalaman pribadi.
- Learning to Do: Kita belajar untuk melakukan berbagai tugas dan aktivitas, seperti memasak, mengemudi, atau menggunakan teknologi baru.
- Learning to Be: Kita belajar untuk menjadi individu yang lebih baik, mengembangkan karakter dan nilai-nilai pribadi.
- Learning to Live Together: Kita belajar untuk hidup bersama dalam masyarakat yang beragam, belajar untuk menghargai perbedaan dan bekerja sama dengan orang lain.
- Higher Order Thinking (HOT): Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada situasi yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi, seperti memecahkan masalah, membuat keputusan, atau menciptakan sesuatu yang baru.
- Abad 21: Dalam era ini, kita dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21, seperti literasi digital, kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan komunikasi.
Tugas 2: Paradigma pendidikan UNESCO, Higher Order Thinking (HOT), dan Abad 21 juga sangat relevan dengan agama. Misalnya:
- Learning to Know: Dalam konteks agama, kita belajar untuk mengetahui ajaran dan nilai-nilai agama.
- Learning to Do: Kita belajar untuk melakukan ibadah dan praktik agama.
- Learning to Be: Kita belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan ajaran agama.
- Learning to Live Together: Kita belajar untuk hidup bersama dalam masyarakat yang beragam, belajar untuk menghargai perbedaan agama dan keyakinan.
- Higher Order Thinking (HOT): Dalam konteks agama, kita sering dihadapkan pada pertanyaan dan dilema moral yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi.
- Abad 21: Dalam era ini, kita dituntut untuk menerapkan ajaran agama dalam konteks modern, seperti menggunakan teknologi untuk belajar agama atau beribadah.