Observation

Observasi

Observasi

by DELA SITI PADILAH -
Number of replies: 1

Hasil Observasi Fluida statis

- percobaan 1 telur dimasukan kedalam toples berisi air tawar, yang terjadi kepada telur tersebut yaitu akan  tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dibandingkan masa jenis air.

- Percobaan ke 2 yaitu telur dimasukan kedalam air garam, yang terjadi pada telur tersebut adalah terapung, hal ini terjadi karena massa jenis air sama dengan massa jenis telur. Garam disini berfungsi untuk memperbesar massa jenis air.

- Percobaan ke 3 yaitu telur dimasukan ke dalam air gula, sama halnya dengan telur yang dimasukan kedalam air garam akan tenggelam karena disini gula juga berfungsi untuk menambah massa jenis air.

Menjawab pertanyaan 

1. Benda dapat terapung karena terjadi gaya berat benda yang lebih kecil dari gaya pada angkat air. contohnya seperti pada percobaan telur dimasukkan ke dalam air garam. dan benda dapat dikatakan tenggelam karena gaya berat bendanya lebih besar dari pada gaya angkat airnya.

2. Kesimpulannya benda dapat terapung dan melayang hanya jika massa jenis airnya lebih besar dibandingkan dengat massa bendanya, dan jika tenggelam berarti massa jenis airnya lebih kecil daripada bendanya.