Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by Gema Aditya Mahendra -
Number of replies: 6

Apa saja masalah pengembangan diri yang sering anda temui dan bagaimana solusinya?

In reply to Gema Aditya Mahendra

Re: Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by ERFINA AYU WULANDARI -
PM 150104 Erfina Ayu W (Universitas Negeri Semarang)
Menurut saya masalah dalam pengembangan diri yang sering ditemui adalah sulitnya meninggalkan zona nyaman sehingga pengembangan diri akan terhenti samapi situ situ saja bahkan dapat menyebabkan seorang individu tidak dapat berkembang. hal ini bila diteruskan lama kelamaan akan meyebabkan kita ketinggalan upgrade diri yang seharusnya kita perbarui. solusinya adalah kita harus berani dalam meninggalkan zona nyaman kita dan bergerak cepat menemukan zona baru agar kita dapat mengembangkan potensi dari dalam diri sehingga nantinya potensi diri kita dapat terupgrade.
In reply to ERFINA AYU WULANDARI

Re: Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by Anis Dwi Lestari -
Setuju banget. Growth mindset memiliki 4 tahap yang harus dilalui yaitu zona nyaman, kedua fear (ketakutan), learn, dan keempat growth. Aku coba jelasin satu satu. Comfort atau zona nyaman kita hanya melakukan hal yang sifat hanya untuk menggugur kewajiban. Contohnya kalo mahasiswa yaitu kuliah. Tahap kedua yaitu fear (takut). Takut ini akan kita rasakan ketika kita beranjak meninggalkan zona nyaman, mencoba hal yang baru, namun disisi lain ada rasa takut untuk tidak dapat menyelasaikan atau tidak mampu untuk menghadapi masalah. Contohnya mahasiswa dituntu tidak hanya untuk kuliah melainkan mengikuti program pengabdian seperti Pejuang Muda, ada rasa takut ketika tidak bisa memanagemen waktu antara kuliah dan magang. Tapi tidak menjadi masalah karena ditahap ini berarti kita memulai untuk lepas dari zona nyaman. Tahap selanjutnya ialah learn, belajar pelan pelan untuk memahami apa yang kita takutkan. Problem solving, berusaha untuk mencari solusi atas ketakutan tersebut. Dan yang keempat adalah growth, tahap dimana kita sudah paham terhadap diri sendiri dan memiliki target untuk kedepannya. Pola ini akan berulang. Kuncinya, supaya kita bisa upgrade melalui 4 tahap tersebut tentunya kita harus tahu posisi kita dimana.
In reply to Gema Aditya Mahendra

Re: Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by Shierly Sephiani -
PM160516 - Shierly Sephiani (Universitas Brawijaya)

Belum mengenal diri sendiri. Saya rasa masih banyak orang yang belum mengenali dirinya sendiri, sepeti kelebihan, kekurangan, tujuan hidup, dsb. Oleh karena itu, sebelum mengembangkan diri terhadap suatu bidang, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang minat, tujuan, dsb mengenai diri kita sendiri. Fokuslah mengembangkan diri dan mengatasi kekurangan berdasarkan potensi dan kelebihan kita. Lalu, segera cari motivasi atau tujuan hidup, agar kita selalu bersemangat dalam meraih sesuatu. Pengembangan diri akan berhasil apabila kita bisa mengetahui seluk beluk diri kita.
In reply to Gema Aditya Mahendra

Re: Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by Rahmy Fauzanibudi Ahmad -
PM153218 / RAHMY FAUZANIBUDI AHMAD /UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Menurut saya, kendala dalam mengenal diri sendiri adalah tidak menjadi diri sendiri. menjadi diri sendiri penting untuk mengenali diri sendiri. sehingga apabila sudah menjadi diri sendiri kita akan lebih mudah menemukan dimana potensi kita dan apa yang kita sukai untuk dikerjakan.
In reply to Gema Aditya Mahendra

Re: Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by NADYA MARSHA MAKSUDY -
Pengembangan diri adalah upaya yang dilakukan individu untuk mengontrol atau mengendalikan diri dengan baik dan efektif. Hambatan yang sering terjadi dalam pengembangan diri yaitu:
1. Tidak mengelola waktu secara efektif
Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan membuat rencana. Tuliskan apa yang harus dilakukan setiap hari dan pastikan untuk mengerjakan itu semua. Debfan begitu akan mempunya lebih banyak waktu luang dan bisa melakukan relaksasi.
2. Mudah teralihkan
Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan mengidentifikasi semua gangguan dan belajar untuk bisa terbebas dari gangguan tersebut.
3. Membatasi diri
Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan memperluas cakrawala, belajar untuk berpikir di luar kotak, mencoba untuk menjadi kreatif, dan melakukan langkah-langkah yang belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga dapat mulai mendapatkan sesuatu yang baru.
4. Takut melakukan kesalahan
Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan tidak merasa ketakutan ketika melakukan kesalahan. Kesalahan bukan berarti kegagalan dan belajar dari kesalahan tersebut dengan terus mencoba hingga semua bisa berhasil sesuai dengan yang direncanakan.
5. Kurangnya sistem pendukung
Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan mencoba membagikan dan menceritakan keinginan ke orang-orang terdekat.
In reply to Gema Aditya Mahendra

Re: Masalah dan Solusi Pengembangan Diri

by TASYA YUNISHA ZUANA -
Masalah dalam pengembangan diri yang sering kita rasakan yaitu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, hal yang dapat kita lakukan agar tidak membandingkan diri dengan orang seharusnya lebih berfokus pada pencapaian kita. Setiap orang memiliki jalan berbeda dalam menempuh apa yang mereka cita-citakan. Maka, kita harus menjadi lebih baik dari hari ke hari, sehingga kita selalu termotivasi untuk menantang kemampuan kita.