Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Bagaimana membangun super tim dalam rangka mencapai pemberdayaan SDM yang efektif dan efisien?

Bagaimana membangun super tim dalam rangka mencapai pemberdayaan SDM yang efektif dan efisien?

by ERFINA AYU WULANDARI -
Number of replies: 3

Efektif super tim adalah sejumlah individu yang berbeda beda yang menyatu dan bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan yang sama. Untuk membentuk super tim ini kita harus tau bagaimana kita memulainya.

1.  Kita harus memulai membuat super tim

2. Selanjutnya adalah kita harus berbagi peran didalam super tim

3. Mengetahui basic mentality anggota

4. Menentukan peran dalam tim

5. Menjalankan program 

 

 

 

In reply to ERFINA AYU WULANDARI

Re: Bagaimana membangun super tim dalam rangka mencapai pemberdayaan SDM yang efektif dan efisien?

by Sustina Wigati -
Membangun tim yang efektif dapat melalui langkah-langkah berikut tahapan membangun tim efektif menurut Bruce Tuckman, antara lain:
1. Forming (Tahap Pembentukan Tim)
Tahap awal adalah pembentukan tim, dalam tahap ini komposisi tim ditentukan siapa pemimpin, anggota, dan penyelaras. Setelah komposisi tim terbentuk, selanjutnya mempelajari peluang, tantangan, dan tujuan akhir (goals).
Fungsi masing-masing anggota tim mulai memitigasi sesuai tugasnya, semakin lengkap mitigasi semakin bagus kerja tim. Disini peran pemimpin sebagai coach sangat penting, pemimpin harus bisa menyikapi perbedaan pandangan dari anggota tim dengan sedikit perintah namun tepat dan efektif.
Tugas utama dari pemimpin tim adalah memfasilitasi hubungan (facilitation contact) antar para pihak yang masuk menjadi anggota tim. Kemampuan ini membutuhkan keterampilan berkomunikasi dan memfasilitasi komunikasi antar pihak.
2. Storming (Tahap Penentuan Aspirasi)
Pemimpin harus bersikap independen terhadap perbedaan pendapat anggota tim. Perbedaan bisa menjadi sebuah kekuatan bagi sebuah tim apabila bisa dikelola dengan baik.
Tugas utama dari pemimpin tim adalah mengelola konflik yang mungkin terjadi. Diskusi dan negosiasi akan sangat membantu pada tahapan ini. Oleh karena itu, kemampuan dalam mengelola konflik serta mengelola kepercayaan dari pihak yang berkolaborasi dalam sebuah tim sangat dibutuhkan.
3. Norming (Tahap Penentuan Aturan):
Adanya perbedaan pendapat, karakter dan persaingan dari masing-masing anggota tim diperlukan aturan atau tata tertib yang jelas, sehingga perbedaan dan persaingan menjadikan anggota tim lebih solid karena memiliki satu tujuan yang sama.
4. Performing (Tahap Pelaksanaan)
Pada tahap ini pada umumnya sudah didapatkan hasil dari pembentukan tim. Namun bisa terjadi pula kembali pada tahap storming atau norming apabila ada perubahan kepemimpinan karena masing-masing pimpinan bisa jadi mempunyai perbedaan cara pandang. Hal terpenting yang dilakukan oleh pemimpin kolaborasi adalah memberikan dukungan (facilitation of work) untuk semua anggota tim agar melakukan tugas dengan sebaik-baiknya.
5. Adjourning (Tahap Penghentian)
Ada beberapa perbedaan pandangan pada tahap ini. Sebagian berpandangan perlu adanya penghentian (pembubaran) tim apabila tujuan dari pembentukan sebuah tim sudah tercapai. Namun ada pula pendapat bahwa tidak perlu adanya tahap adjourning
In reply to Sustina Wigati

Re: Bagaimana membangun super tim dalam rangka mencapai pemberdayaan SDM yang efektif dan efisien?

by MAUDIAH KHASANAH JAMAL ULEL -
PM130106
Maudiah Khasanah Jamal Ulel - Universitas Negeri Jakarta

Saya sependapat dengan saudara berkaitan dengan step - step dalam pembangunan super tim. Yang pasti dan paling utama adalah penyamaan visi dan tujuan. Dan visi tersebut harus kuat dan jelas, sehingga langkah-langkah dalam mengerjakan dan mendukung visi tersebut lebih tepat. Selain itu, dengan penyamaan semangat visi dan misi maka akan muncul loyalitas dalam tim. Bayangkan apabila tim tidak memiliki satu pemikiran visi yang sama, maka akan muncul konflik dan perpecahan.
In reply to ERFINA AYU WULANDARI

Re: Bagaimana membangun super tim dalam rangka mencapai pemberdayaan SDM yang efektif dan efisien?

by GAVIN RUDI ADHYTIAN -
Menurut saya, untuk membangun super tim untuk mencapai pemberdayaan SDM yang efektif dan efisian adalah dengan mengenal potensi dan karakteristik dari tim tersebut. Dengan telah ditemukannya sisi kelebihan dan kekurangan tim, maka dapat disusun stratgi untuk membangun super tim dengan penempatan sumber daya yang sesuai.