Forum Diskusi Modul V: Social Enterpreneurship

Relevansi Pengangguran dengan Kewirausahaan Sosial (Social Enterpreneurship)

Relevansi Pengangguran dengan Kewirausahaan Sosial (Social Enterpreneurship)

by NAUFAL FA'IQ NURZAKI -
Number of replies: 2

Pengangguran merupakan masalah yang kompleks untuk diulas dan merupakan isu penting dalam skala nasional, karena menyangkut jalannya perekonomian suatu negara. Kenaikan pertumbuhan ekonomi pada suatu negara, akan mengakibatkan penurunan jumlah pengangguran. Oleh karena itu, diperlukan program yang tepat agar dapat mengatasi masalah yang kompleks tersebut secara komprehensif. Salah satu program yang dapat adalah program kewirausahaan sosial.

Kewirausahaan sosial menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, dan berkelanjutan yang memiliki dampak positif kepada masyarakat, khususnya masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah kebawah. Disinilah peran mahasiswa sebagai agent of change dibutuhkan. Mahasiswa berperan untuk menggali potensi serta menemukan permasalahan sosial ekonomi pada suatu daerah, lalu merumuskan isu yang selanjutkan diturunkan menjadi konsep dan strategi dengan tujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada pada suatu daerah.

In reply to NAUFAL FA'IQ NURZAKI

Re: Relevansi Pengangguran dengan Kewirausahaan Sosial (Social Enterpreneurship)

by Shierly Sephiani -
PM160516 - Shierly Sephiani (Universitas Brawijaya)

Setuju, kewirausahaan sosial ini justru merupakan sebuah solusi dari masalah pengangguran. Dengan memerhatikan potensi lingkungan setempat, kita sebagai mahasiswa bisa mengambil peluang tersebut demi mengurangi tingkat pengangguran di daerah. Saya rasa banyak ide yang bisa kita kembangkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan secara spesifik berfokus pada unemployment.
In reply to NAUFAL FA'IQ NURZAKI

Re: Relevansi Pengangguran dengan Kewirausahaan Sosial (Social Enterpreneurship)

by MAUDIAH KHASANAH JAMAL ULEL -
PM130106
Maudiah Khasanah Jamal Ulel - Universitas Negeri Jakarta

Saya sepakat dengan saudara, bahwa pengangguran merupakan masalah yang sangat kompleks. Apalagi mengingat jenis pengangguran sendiri ada banyak, dan faktor-faktor pendukung adanya pengangguran juga ada banyak. Adapun memang kewirausahaan sosial ini hadir sebagai jawaban dari permasalahan permasalahan sosial. Berbeda dengan program sosial yang cenderung hanya memberi, namun kewirausahaan sosial lebih menekankan kepada pemberdayaan masyarakatnya. Sehingga nanti akan memunculkan masyarakat yang berdaya dan mampu berdikari ekonominya. Dan apabila kewirausahaan sosial ini berhasil, maka tingkat pengangguran akan berkurang juga.