Diskusi Eloquent Relationship

Primary dan foreign key

Primary dan foreign key

by SUGENG WIDODO -
Number of replies: 4

Pada matakuliah database terdapat materi terkait hubungan antar tabel. 

Terdapat istilah primary key (kunci utama) dan foreign key (kunci tamu).  Dimana primary key adalah field yang berisi data yang bersifat unik, seperti field nrp pada table mahasiswa. Dan foreign key (kunci tamu) adalah field yang isinya harus diambil dari primary key di table lainnya, contohnya field nrp di table pengambilan matakuliah.

Coba kalian berikan contoh lainnya untuk materi primary key dan foreign key.

In reply to SUGENG WIDODO

Re: Primary dan foreign key

by MUHAMMAD ALIF NUR DARWANZA -
Penggunaan Primary key biasannya digunakan untuk merubah data yang ada di dalam satu tabel yang sama contohnya dalam tabel transaksi ada field id_pesanan, nama_pesanan, Tanggal_pesanan, total_pesanan. dan id_pesanan merupakan primary key dan ada juga tabel bernama karyawan dimana field terdiri dari id_karyawan, id_pesanan, nama_karyawan, shift_karyawan. dan id_karyawan sebagai primary key serta id_pesanan merupakan foreign key. jika ingin mengganti dari salah satu record dari tabel transaksi. maka yang harus di cari adalah primary key nya contohnya "001" kemudian record dari data primary key tersebut dirubah. otomatis tabel yang terhubung dengan tabel transaksi (disini tabel karyawan) otomatis mengikuti
In reply to SUGENG WIDODO

Re: Primary dan foreign key

by FATIH NUR ACHMAD -
untuk primary key digunakan untuk sebagai kode unik untuk setiap baris dalam tabel untuk membedakan relasi antara tabel 1 dengan yg lainnya, untuk penggunaan foreign key digunakan jika kita ingin mengambil sebuah data dari tabel yang lain jadi kita bisa menambahkan foreign key di dalam tabel itu tanpa perlu menulis lagi data yg ingin kita ambil dari data yang lain
In reply to SUGENG WIDODO

Re: Primary dan foreign key

by REVA RAHMA NADIRA -
Penggunaan primary key dan foreign key dalam database yaitu misalkan terdapat tabel Kategori dan Produk:

CREATE TABLE Kategori (
KategoriID INT PRIMARY KEY,
NamaKategori VARCHAR(50)
);

CREATE TABLE Produk (
ProdukID INT PRIMARY KEY,
NamaProduk VARCHAR(50),
Harga DECIMAL(10, 2),
KategoriID INT,
FOREIGN KEY (KategoriID) REFERENCES Kategori(KategoriID)
);

-> Tabel Produk memiliki foreign key KategoriID, yang merujuk ke primary key KategoriID pada tabel Kategori. Hal ini menunjukkan bahwa kolom KategoriID di tabel Produk harus mengacu pada nilai yang ada di kolom KategoriID di tabel Kategori. Dengan cara ini, kita dapat mengetahui kategori dari setiap produk.
In reply to SUGENG WIDODO

Re: Primary dan foreign key

by HILMIYAH MAWADDAH -
Primary Key juga berguna dalam Integritas Referensial yaitu memberikan dasar untuk menciptakan hubungan antar tabel (referential integrity), dan memiliki manfaat mencegah terjadinya data yang tidak konsisten dan memastikan bahwa setiap referensi ke data lainnya valid.

Foreign Key juga berguna dalam Pembatasan Aksi Cascade (ON DELETE, ON UPDATE) yaitu menentukan tindakan yang akan diambil jika terjadi perubahan pada primary key yang terkait, dan meiliki manfaat memungkinkan pengendalian yang lebih baik terhadap perubahan dan menghindari efek domino yang tidak diinginkan.