Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Apa itu pemetaan Sosial?

Apa itu pemetaan Sosial?

by MASRUROH MASRUROH -
Number of replies: 2

Menurut Suharto (2005) Pemetaan sosial merupakan sebuah pendekatan yang dipengaruhi ilmu sosial dan geography, yang hasil akhirnya berupa suatu peta spasial/wilayah yang menggambarkan secara fokus karakteristik dan masalah sosial, seperti jumlah dan lokasi orang miskin, rumah kumuh, rawan bencana dll yang ditandai dengan warna tertentu sesuai tingkatan pemusatannya.

Pemetaan sosial sangat penting dilakukan untuk Memberikan gambaran yang komprehensif terkait dinamika masyarakat dalam pelaksanaan pengembangan masyarakat, untuk menemukan, mengenali dan mendalami kondisi sosial suatu masyarakat tertentu dan merupakan langkah awal yang dilakukan ketika akan melakukan suatu program sosial, agar terlaksana secara terstruktur dan tepat sasaran.

In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: Apa itu pemetaan Sosial?

by ROHABDO M.PAZLAN SIDAURUK -
Pemetaan Sosial merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna menemukan dan mengenali karakteristik budaya dan masyarakat pada suatu daerah yang ingin dijadikan sebagai tempat pelaksanaan suatu program. Melalui pemetaan sosial nantinya kita akan mendapati potensi yang dimiliki oleh masyarakat guna menjadi landasan implementasi program. Pada pemetaan sosial ini, pekerja sosial dituntut untuk menemukan data sebanyak-banyaknya dalam pelbagai aspek kehidupan masyarakat.
In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: Apa itu pemetaan Sosial?

by NUR KHOLIS -
Menurut pendapat saya pemetaan sosial berasal dari kata pemetaan dan sosial. Dimana pemetaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan sesuatu yang dituju di suatu tempat dan sosial adalah sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. Sehingga pemetaan sosial secara singkatnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memetakan keadaan sosial di suatu tempat, dimana tujuannya untuk mengetahui keadaan sosial. Dimana kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui keadaan wilayah secara komprehensif dalam melakukakn kegiatan sosial.