Forum Diskusi 2: Komunikasi

Fungsi Komunikasi

Fungsi Komunikasi

by FABILA RESTI MARINDA -
Number of replies: 5

Terdapat empat fungsi komunikasi diantaranya yaitu:

  1. Menginformasikan, yaitu memberikan suatu informasi kepada masyarakat mengenai peristiwa yan terjadi, ide atau pikiran dan tingkah laku orang lain, dan segala sesuatu yang disampaikan orang lain.
  2. Mendidik, yaitu menyampaikan ide atau pikiran kepada orang lain, sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
  3. Menghibur, yaitu memberikan hiburan atau menghibur orang lain.
  4. Mempengaruhi, yaitu saling mempengaruhi jalan pikiran dalam komunikasi dan dapart berusaha merubah sikap dan perilaku komunikasi sesuai yang diharapkan.
In reply to FABILA RESTI MARINDA

Re: Fungsi Komunikasi

by ATA PURNAWATI AMANAH -
Ata Purnawati Amanah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Fungsi komunikasi
1. Menginformasikan (to inform): Yaitu memberikan informasi kepada masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran dan tingkah laku orang lain, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain. Co. menginformasikan pada masyarakat bahwa ada sumber pelayanan yang dapat diakses
2. Mendidik (to educate) yaitu: fungsi komunikasi sebagai sarana pendidikan. Melalui komunikasi, manusia dalam masyarakat dapat menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Co. memberikan edukasi terkait dampak buruk penyalahgunaan narkoba
3 Menghibur (to entertain) yaitu: Fungsi komunikasi selain menyampaikan pendidikan dan mempengaruhi, komunikasi juga berfungsi untuk memberi hiburan atau menghibur orang lain. Co. memberikan kata-kata yang lucu ketika teman sedang bersedih
4)Mempengaruhi (to influence) yaitu: fungsi mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya berusaha saling mempengaruhi jalan pikiran komunikan dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Co. ketika menawarkan sebuah produk agar dibeli
In reply to FABILA RESTI MARINDA

Re: Fungsi Komunikasi

by DHEA RISKY AMELIA -
DHEA RISKY AMELIA - UNIVERSITAS PAMULANG

fungsi komunikasi antara lain:

-Untuk menyampaikan informasi.
-Sebagai bentuk interaksi dengan orang lain.
-Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan akan sesuatu hal. Jadi, melalui komunkasi nantinya akan terjadi transfer ilmu antara pihak satu dengan pihak lainnya.
-Untuk tetap menjaga jalinan hubungan yang baik.
In reply to DHEA RISKY AMELIA

Re: Fungsi Komunikasi

by Khairunnisa A -
Komunikasi memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menyampaikan sebuah informasi, penyampaian suatu pendapat, menambah informasi, mencairkan suasana, menjalin hubungan baik dengan orang lain dan sebagai bentuk ekspresi.
In reply to FABILA RESTI MARINDA

Re: Fungsi Komunikasi

by FAISAL HARIFKO KURNIAWAN -
Fungsi komunikasi antara lain :

1. Untuk menyampaikan informasi
2. Sebagai penyampai pendapat agar dapat diterima oleh masyarakat luas atau yang berkaitan.
3. Sebagai bentuk interaksi dengan orang lain.
4. Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan akan sesuatu hal. Jadi, melalui komunkasi nantinya akan terjadi transfer ilmu antara pihak satu dengan pihak lainnya.
5. Guna mengambil suatu keputusan yang tepat.
6. Untuk melakukan kegiatan tertentu.
7. Sebagai bentuk ekspresi.
8 Menghindari adanya kesalahpahaman.
In reply to FABILA RESTI MARINDA

Re: Fungsi Komunikasi

by DESTHRIYANTI DESTHRIYANTI -
PM160504
DESTHRIYANTI
UNIVERSITAS PADJADJARAN

Izin menambahkan. Saya setuju dengan ka Fabila, secara umum fungsi komunikasi yaitu menginformasikan, mendidik, menghibur, dan mempengaruhi. Namun jika dilihat dari kehidupan sosial, fungsi komunikasi lebih daripada empat hal tersebut. Melalui komunikasi seseorang dapat menjalin hubungan dengan orang lain, menunjukan eksistensi diri, dan membentuk konsep diri seseorang.