Elaboration

Elaboration

Elaboration

by ELSA MARYANI -
Number of replies: 1

 

1. Dalam kehidupan sehari-hari

Contohnya yaitu pada pembelajaran fisika materi gravitasi newton. Guru harus menyusun rancangan inovasi pembelajaran yang akan dilaksanakan, dari mulai menyesuaikan alokasi waktu, model dan metode pembelajaran yang akan digunakan, serta kegiatan pembelajaran yang akan seperti apa. Hal tersebut dimaksudkan agar pembelajaran tersusun dan terlaksana dengan baik. 

2. Kaitannya dalam Agama

 

Al-Quran Surah Al-Baqarah (2:164)

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan."

Ayat ini menekankan pentingnya memahami tanda-tanda kebesaran Allah dalam penciptaan-Nya, yang dapat menjadi dasar untuk pembelajaran dan pendidikan. Ini merujuk pada konsep bahwa pembelajaran dan pengetahuan merupakan bagian dari rencana Allah dalam penciptaan manusia dan alam semesta.