Forum Diskusi 2: Komunikasi

Pengertian dan tujuan komunikasi

Pengertian dan tujuan komunikasi

by VEBRY HULAIYYAH HASSAR -
Number of replies: 3

Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan dan pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan pada penerima pesan. Tujuan berkomunikasi untuk mengubah sikap, pendapat, perilaku, dan sosial. Komunikasi dapat merubah sikap, pendapat, dan perilaku seseorang hingga sosial masyarakat seseorang sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh pemberi informasi. Sehingga pada hakikatnya, komunikasi bertujuan menyampaikan suatu informasi yang dapat dimengerti oleh orang lain. Informasi tersebut kemudian diharapkan menghasilkan umpan balik berupa perubahan positif dari si penerima informasi.


In reply to VEBRY HULAIYYAH HASSAR

Re: Pengertian dan tujuan komunikasi

by NURUL ANNISA -
Nurul Annisa
Poltekesos Bandung

komunikasi adalah suatu proses penyampaian pendapat dan informasinya agar seseorang dapat terhubungan dengan lingkungan dan orang lain, dalam hal ini individu atau kelompok dapat melakukan komunikasi secara lisan ataupun verbal sehingga hal tersebut dapat dimengerti oleh kedua bela pihak. komunikasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pendapatnya serta informasi yang akan mereka sampaikan. sehingga dengan adanya komunikasi masyarakat dapat mempengaruhi pemikirian, mengubah sikap dan mendorong orang lain untuk dapat berfikir lebih baik lagi.
In reply to VEBRY HULAIYYAH HASSAR

Re: Pengertian dan tujuan komunikasi

by INDRIANTARI SEKARRINI -
Forsdale berkomentar bahwa pengertian komunikasi adalah jenis proses pembentukan, pemeliharaan serta pengubahan sesuatu dengan tujuan agar sinyal yang telah dikirimkan berkesesuaian dengan aturan. Tujuan komunikasi adalah untuk menciptakan kesepahaman di antara kedua belah pihak yaitu agar hal yang disampaikan bisa dimengerti dengan cukup baik dan mampu memahami maksud perkataan orang lain.
In reply to VEBRY HULAIYYAH HASSAR

Re: Pengertian dan tujuan komunikasi

by Nuria Dwi Anggarwati -
Nuria Dwi Anggarwati
Universitas Sebelas Maret

Komunikasi merupakan proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. adapun tujuan dari komunikasi yaitu menyampaikan suatu informasi yang dapat dimengerti oleh orang lain.