Forum Diskusi 6: Mitigasi dan Pengawasan

Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by Shoffan Mujahid -
Number of replies: 18

Pelaksanaan proyek kemasyarakatan untuk membangun bangsa tentunya membutuhkan sebuah tindakan preventif, tindakan preventif disini memiliki maksud tindakan pencegahan, selain itu ada juga tindakan mitigasi untuk melakukan gerak lanjutan atas apa yang terjadi di masyaakat. Mitigasi dan pengawasan atas sebuah kegiatan maupun proyek kemanusiaan menjadi hal yang penting dalam sebuah rangkaian program. Konteks pengawasan menjadi hal yang penting untuk memastikan semua program bisa dipertanggungjawabkan. Pengawasan adalah sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktifitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by MARNI MARNI -
Mitigasi dan pengawasan bencana merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam penanggulangan bencana karena masyarakat dapat menjadi orang-orang pertama yang terkena dampak. Masyarakat juga menjadi orang yang pertama kali memberikan respons terhadap bencana yang mereka hadapi.
In reply to MARNI MARNI

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by IKA APRILLIANA KUSUMASTUTI -
Menurut saya, urgensi dari kegiatan mitigasi adalah sangat urgent, hal ini karena dengan adanya basic pengetahuan dari pencegahan bencana ini dapat menjadi suatu faktor pengurang dari penyebab kematian/korban.
In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by ROSY NISPRIYAWATI -
Tujuan utama (ultimate goal) dari Mitigasi Bencana adalah Mengurangi risiko/dampak yang ditimbulkan oleh bencana khususnya bagi penduduk, seperti korban jiwa (kematian), kerugian ekonomi (economy costs) dan kerusakan sumber daya alam. mitigasi juga Sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan.
seliain itu mitigasi juga bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan masyarakat (public awareness) dalam menghadapi serta mengurangi dampak/risiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman.
In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by AHMAD MUHIBUDDIN -
Berkembangnya sebuah zaman, tidak jauh pula dari berkembangnya peranti-peranti kehidupan di zamannya. Artinya peminimalisiran dan pengawasan suatu program ataupun produk apapun, turut menyesuaikan menurut kadar dan bentuknya. Tentu harapannya mitigas dan pengawasan yang diterapkan, sedini mungkin kemungkinan yang dihindari, atau bahkan mencegah sama sekali untuk tidak terjadi. Oleh karenanya selain mitigasi dan pengawasan, kematangan dan penunjang diupayakan semaksimal mungkin terlaksana berdasar indikator capaian yang telah disusun.
In reply to AHMAD MUHIBUDDIN

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by WANDA BONITA KHUMAIROH -
Dengan adanya analisis risiko dan adanya mitigasi, tentunya program yang berjalan akan lebih baik pula
In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by M. Nabil Sakti Pahruddin -
Mitigasi merupakan sesuatu yang digunakan untuk menghindari atau mengurangi kerugian akibat sesuatu. Sehingga dalam membuat project yang berbasis pada masyarakat, penting untng mengetahui mitigasi sebelum menjalankan program tersebut, agar nantinya dalam pelaksanaan program tidak terjadi kerugian, dan jika terjadi kerugian maka dapat dikurangi karena adanya mitigasi.
In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by Diah Permata Gusliani -
upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam penanggulangan bencana karena masyarakat dapat menjadi orang-orang pertama yang terkena dampak.
In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by FADHLAN RAMADHANI -
Sangat penting, dikarenakan tanpa mitigasi dan pengawasan maka program-program yang dilaksanakan barangkali tidak tepat sasaran dan kadangkala lepas kontrol.
In reply to Shoffan Mujahid

Re: Urgensi Mitigasi dan Pengawasan

by TEDY JULIANTO -
Assalamualaikum, Saya Tedy Julianto (PM131810) menanggapi topik diskusi terkait urgensi mitigasi dan pengawasan. Perlu adanya mitigasi untuk mengetahui permasalahan yang mungkin timbul (preventif) sebelum pelaksanaan program/kegiatan dengan tujuan mempersiapkan kemungkinan terburuk awal pelaksanaan program. Sedangkan pengawasan dilaksnakan selama program berjalan dan setelah program untuk mengetahui progress dan permaslahan yang timbul selama program berlangsung. Dapat dijadikan bahan evaluasi pelaksanaan program dan perbaikan di program ke depannnya.