Forum Diskusi 2: Komunikasi

Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by ROUDHOTUL JANNAH -
Number of replies: 5

Komunikasi adalah proses pertukaran suatu informasi antar individu atau kelompok dengan adanya makna atau tujuan yang ingin disampaikan. Pesan atau informasi yang disampaikan dapat berupa komunikasi verbal atau komunikasi non-verbal.

Komunikasi verbal merupakan komunikasi berupa kata-kata yang diucapkan langsung oleh seseorang. komunikasi verbal dilakukan secara langsung (face to face) atau dengan perantara media, contohnya berinteraksi menggunakan sosial media atau telepon genggam. Sedangkan komunikasi verbal yang melalui tulisan bisa dilakukan menggunakan media seperti surat, postcard, chating di media sosial, dan sebagainya.

Komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak diucapkan dengan lisan maupun tulisan melainkan menggunakan bahasa tubuh seperti mimik wajah, intonasi suara, kecepatan berbicara, gestur tubuh, cara duduk, dan lain-lain.

Ketika seseorang melakukan sebuah komunikasi, maka harus memperhatikan aspek verbal dan non verbal dari lawan bicara kita, agar dapat memahami dan menanggapi dari apa yang disampaikan.

 

In reply to ROUDHOTUL JANNAH

Re: Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by AKMAL ROSADI SUHELI -
Akmal Rosadi Suheli/Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
Izin menambahkan terkait bentuk dari komunikasi verbal dan non verbal sebagai berikut
1. Komunikasi verbal memilki bentuk dimana kita langsung malakukan komunikasi secara langsung dengan orang lain face to face ataupun melalui tulisan.
2. Komunikasi non verbal menggunakan mimik wajah, seperti tersenyum, menangis, tertawa, dll
In reply to ROUDHOTUL JANNAH

Re: Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by PEBI AULIA -
Pebi Aulia - 121710

1. Komunikasi verbal merupakan proses penyampaian pesan yang diucapkan secara lisan maupun tulisan (melalui media), seperti contohnya kata-kata, surat, obrolan telepon, dsb.
2. Komunikasi non verbal merupakan proses penyampaian informasi yang dilakukan secara tersirat, seperti intonasi saat berbicara, gerak tubuh, sorot mata, penampilan jasmani, sentuhan, usapan, dsb.
In reply to ROUDHOTUL JANNAH

Re: Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by Nuria Dwi Anggarwati -
komunikasi verbal adalah komunikasi yang berbentuk lisan ataupun tulisan, contohnya adalah penggunaan kata-kata. Sedangkan komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, contohnya menggunakan bahasa tubuh seperti mimik wajah dan gerakan tangan, bahkan intonasi suara dan kecepatan berbicara. Komunikasi verbal berupa kata-kata yang diucapkan langsung (berbicara) bisa dilakukan secara langsung (face to face) atau dengan perantara media, contohnya berinteraksi menggunakan sosial media atau telepon genggam. Sedangkan komunikasi verbal yang melalui tulisan bisa dilakukan menggunakan media seperti surat, postcard, chating di media sosial, dan sebagainya. sedangkan, Komunikasi non-verbal lebih sering terjadi dalam komunikasi secara langsung atau face to face. Sebabnya, dalam komunikasi menggunakan media digital, komunikasi non-verbal seringkali tidak mungking dilakukan. Contohnya ketika kita sedang chatting, tidak mungkin kita bisa melihat ekspresi wajah lawan bicara kita atau mendengar intonasi suaranya. Karena keterbatasan ini pula komunikasi non-verbal sering menimbulkan kesalahpahaman. Contohnya, terkadang ada orang yang menggunakan emoji secara tidak tepat. Misal seseorang salah mengirim emoji marah padahal sebenarnya dia ingin mengirim emoji tersenyum yang terletak di sebelahnya. Hal ini bisa menyebabkan orang yang dikirimi pesan menjadi salah paham dan ikut marah.
Komunikasi verbal dan non-verbal pada hakikatnya saling terkait dan saling melengkapi. Dalam komunikasi langsung, kita terus-menerus mengirimkan pesan pada lawan bicara kita. Komunikasi non-verbal sering terjadi seacar otomatis dan tanpa kita kontrol. Contoh ketika kita marah atau senang, kita cenderung berbicara dengan lebih keras dan cepat. Hal ini terjadi karena kita mengalami perubahan emosi. Komunikasi nonverbal juga melengkapi komunikasi verbal kita. Ketika kita mengatakan satu hal, jika gerak-gerik tubuh kita tidak mendukung, orang tentu tidak akan percaya. Semisal kita berkata sudah mengerjakan PR namun dengan nada ragu-ragu, teman kita pasti tidak akan ada yang percaya.
In reply to ROUDHOTUL JANNAH

Re: Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by ISNAINI ROHMAH ADININGSIH -
Izin menambahkan, komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal. Simbol atau pesan verbal adalah semua jenis simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan pesan-pesan nonverbal. Istilah nonverbal biasanya digunakan untuk melukiskan semua peristiwa komunikasi di luar kata-kata yang terucap dan tertulis.
In reply to ROUDHOTUL JANNAH

Re: Komunikasi Verbal dan Non Verbal

by Rosalinda Julian Syifa -
Simbol atau pesan verbal adalah semua jenis simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Bahasa dapat juga dianggap sebagai sistem kode verbal. Bahasa dapat didefinisikan sebagai seperangkat simbol, dengan aturan untuk mengombinasikan simbol-simbol tersebut, yang digunakan dan dipahami suatu komunitas. Jalaluddin Rakhmat (1994) mendefinisikan bahasa secara fungsional dan formal. Secara fungsional, bahasa diartikan sebagai alat yang dimiliki bersama untuk menggunakan gagasan. Ia menekankan dimiliki bersama karena bahasa hanya dapat dipahami bila ada kesepakatan diantara anggota-anggota kelompok sosial untuk menggunakannya. Secara formal, bahasa diartikan sebagai semua kalimat yang terbayangkan, yang dapat dibuat menurut peraturan tata bahasa. Setiap bahasa mempunyai peraturan bagaimana kata-kata harus disusun dan dirangkaikan supaya memberi arti. Tata bahasa meliputi tiga unsur: fonologi, sintaksis, dan semantik. Fonologi merupakan pengetahuan tentang cara pembentukan kalimat. Semantik merupakan pengetahuan tentang arti kata atau gabungan kata-kata. (Hidayat Darsun. 2012).

2. Nonverbal
Pesan-pesan diekspresikan dengan sengaja atau tidak sengaja melalui gerakan-gerakan, tindakan-tindakan, perilaku atau suara-suara atau vocal yang berbeda dari penggunaan kata-kata dalam bahasa verbal. Komunikasi nonverbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi memberikan arti pada komunikasi verbal. Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan pesan-pesan nonverbal. Istilah nonverbal biasanya digunakan untuk melukiskan semua peristiwa komunikasi di luar kata-kata terucap dan tertulis. Secara teoritis, komunikasi nonverbal dan komunikasi verbal dapat dipisahkan. Namun, dalam kenyataannya, kedua jenis komunikasi ini saling menjalin, saling melengkapi dalam komunikasi yang kita lakukan sehari-hari. (Hidayat Darsun. 2012)
Source:
PPDI.or.id