Mari berdiskusi!

Diskusi Teori Klasik tentang Negara

Diskusi Teori Klasik tentang Negara

by KORINTA TATAG PRASETYO -
Number of replies: 0

Teori Perjanjian 

1. Teori ini menekankan bahwa asumsi dasar yang didirikan atas dasar kesepakatan dan diwujudkan dalam bentuk perjanjian dengan sistem masing-masing menyerahkan hak dan kewajiban tertentu kepada negara.

2. Teori ini juga menekankan mengenai manusia sebagai mesin yang dimana perilakunya mekanis sehingga keinginannya harus terpenuhi. Keinginan tersebut menimbulkan rasa percaya diri akan kemampuan akalnya  sehingga dirinya menganggap kebebasan sebagai kemutlakkan, yang pada akhirnya perlu mengadakan kontrak atau perjanjian sosial dengan rakyatnya.

 

Teori Ketuhanan

1.  Teori ini menekankan bahwa negara ada karena kehendak Tuhan, raja dan presiden merupakan wakil Allah
2.  Thomas Aquinas (1225-1274)Negara terbentuk karena manusia sebagai ciptaan Tuhan memiliki sifat dasar animal social( nafsu yang berujung tindas menindas) dan animal politicum.

 

Teori Hukum Alam

1. Teori ini menekankan kepada sesuatu yang terjadi disebabakan oleh kekuatan yang bersifat alami untuk bertahan hidup, kegiatan manusia hidup berdampingan dengan orang lain, sehingga harus bekerjasama dengan demikian dibutuhkan pemimpin yang kuat untuk memimpinnya.

2. Menurut Grotius Hugo de Groot (1583-1645) Hukum alam sangat mutlak dan tidak dapat diubah. Indikatornya adalah hukum alam terletak pada baik dan buruk.