Forum Diskusi 2: Komunikasi

Teknik-teknik Komunikasi Efektif

Teknik-teknik Komunikasi Efektif

by FADYA SALSABILLA RAMADANTI -
Number of replies: 1

Teknik-teknik Komunikasi Efektif :

  1. Menguasai ragam komunikasi, mulai dari menulis sampai berbicara. Teknik komunikasi yang digunakan tergantung siapa yang dihadapi. Penguasaan ragam komunikasi meminimalisasi terjadinya ketidaktepatan memakai cara komunikasi.
  2. Bersikap empati. Memposisikan diri anda dalam situasi yang dialami oleh orang lain. Dengan cara ini kita akan lebih mampu bersikap lebih objektif dalam berkomunikasi.
  3. Terbuka, dalam artian bersedia dikoreksi kalau memang itu perlu. Siap meminta maaf kalau terbukti salah.
  4. Fleksibel, anda tidak harus melulu serius dengan pembawaan gaya yang formal dan kaku. Anda sekali-kali memakai gaya informal dengan selipan rasa humor agar terlihat santai dan fresh.
  5. Lugas dan ringkas. Pergunakan kata yang to the point dan diringkas sepadat mungkin dalam susunan kata-kata yang pendek. Pemakian kata yang bertele-tele membuat komunikasi menjadi membosankan.
  6. Memahami komunikasi non verbal. Anda perlu tahu gestur tubuh dari komunikan. Terkadang bahasa tubuh lebih bermakna daripada bahasa verbal, karena sulit dimanipulasi.
  7. Menjadi pendengar yang baik. Apakah anda mendengar atau menyimak dengan seksama ketika orang lain berbicara kepada anda?  Pastikan anda dapat melakukan itu.
  8. Konsisten, tidak plin-plan, mengubah begitu saja apa yang baru saja dikatakan.
  9. Egaliter, menghilangkan sekat-sekat pembatas yang mungkin muncul. Mulai dari aspek struktural (atasan-bawahan) maupun kultural

 

In reply to FADYA SALSABILLA RAMADANTI

Re: Teknik-teknik Komunikasi Efektif

by NUR DINA AMALIA -
Melakukan Komunikasi Tatap Muka.
Memberikan Informasi yang Jelas.
Mengkombinasikan Komunikasi Verbal dan Nonverbal.
Mendengarkan dengan Aktif.
Mengajukan Pertanyaan.
Melakukan Diplomasi.