Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Hambatan dalam pemetaan sosial

Hambatan dalam pemetaan sosial

by AUDRY MELODIA -
Number of replies: 3

Apa yang menjadi kendala dalam melakukan pemetaan sosial ?

In reply to AUDRY MELODIA

Re: Hambatan dalam pemetaan sosial

by NUR'AENI APRILLIA ALFAJRI -
Tentunya dalam melakukan pemetaan sosial pada masyarakat sering ditemui berbagai hambatan. Beberapa contohnya seperti lokasi yang sulit, saat melakukan pendataan atau DTKS pada masyarakat tentunya semua masyarakat perlu didata tanpa terkecuali termasuk masyarakat yang berada di pedalaman dengan akses jalan yang terbilang sulit. Masalah lainnya yang biasa ditemui yaitu ketidak lengkapan data yang diperlukan saat pemetaan sosial. Seringkali ditemui masyarakat yang tidak memiliki data seperti akta lahir, KTP, ataupun kartu keluarga. Tentunya ini menjadi beberapa hambatan yang biasa ditemui.
In reply to AUDRY MELODIA

Re: Hambatan dalam pemetaan sosial

by Riana Pramesti Putri -
Selain jawaban berikut hambatan yang juga sering dirasakan diantaranya yaitu koordinasi yang masih kurang, banyak yang salah paham dengan pemetaan yang dilakukan karena dianggap menyentuh ranah pribadi dan akan menggunakan data tersebut untuk hal-hal negatif, disinilah peran penting untuk melakukan komunikasi dengan informasi yang benar mengenai pemetaan sosial
In reply to AUDRY MELODIA

Re: Hambatan dalam pemetaan sosial

by DELA VINKA ARISKA -
Kendalam dalam melakukan pemetaan sosial dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu kendala yang berasal dari praktisi yang melakukan pemetaan dan klien atau masyarakat yang menjadi sasaran pemetaan.

Kendala dari praktisi yaitu lokasi sasaran yang susah dijangkau oleh praktisi,keanekaragam budaya seperti bhasa yang terkadang membuat praktisi sedikit sulit berkomunikasi dengan sasaran,transportasi menuju kelokasi sasaran,dan jaringan yang mendukung untuk proses menginput pemetaan masalah.

kendala dari klien atau masyarakat yang menjadi sasaran yaitu masyarakat yang tertutup artinya tidak mau menerima atau berinteraksi dengan orang asing,merasa tidak memerlukan bantuan pemetaan sosial,ketidaktahuan dalam mengidentifikasi permasalahan yang sedang mereka hadapi.