DISKUSIKAN TUGAS KELOMPOK PADA PERTEMUAN KE 9

Pertanyaan kelompok 2 ke kelompok 3

Pertanyaan kelompok 2 ke kelompok 3

by ALFIN MUBAROQ ASGA -
Number of replies: 1

1. Melihat dampak fungisida yang kurang baik jika digunakan berlebihan adakah pestisida organik yang digunakan untuk penanggulangan penyakit  hawar daun yang menyerang tanaman jagung? Jika ada sebutkan (Alfin Mubaroq Asga (22201032042) 

In reply to ALFIN MUBAROQ ASGA

Re: Pertanyaan kelompok 2 ke kelompok 3

by DANI WAHYU AFRIL SEPTIANTO -
Saya Dani wahyu (22201032047) menjawab pertanyaan dari alfin

Ada, Terdapat pestisida organik yang dapat digunakan untuk penanggulangan penyakit hawar daun yang menyerang tanaman jagung. Beberapa pestisida organik yang dapat digunakan meliputi:

- Trichoderma sp: Trichoderma sp adalah pupuk biologis dan biofungisida yang dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman, termasuk hawar daun. Penggunaan rutin secara berkala pupuk biologis Trichoderma sp dapat memberikan manfaat yang lebih baik daripada pupuk dan fungisida kimia.
-Pestisida nabati: Pestisida nabati merupakan pestisida organik yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Pestisida nabati memiliki cara kerja yang spesifik dan dapat menghambat perkembangan patogen penyakit. Beberapa tumbuhan yang berpotensi sebagai fungisida nabati antara lain adalah daun sirsak, daun tembakau, dan daun pepaya.