Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Budgeting dalam Perencanaan Proyek

Budgeting dalam Perencanaan Proyek

by GUSTI AYU MADE DWI SAWITRI -
Number of replies: 3

PM170901
Gusti Ayu Made Dwi Sawitri
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Beberapa cara dan teknik untuk menentukan budget dalam perencanaan proyek yaitu:
1. Expert judgement
Diberikan oleh tenaga ahli di bidangnya, bidang pengetahuan, disiplin, industry, dll, sebagai pihak yang akan melakukan kegiatan harus menggunakannya dalam menentukan budget.

2. Historical Relationships
Bila ada hubungan proyek sebelumnya dengan karakteristik serupa yang terdapat pengembangan estimasi parametrik atau perkiraan yang sama digunakan untuk pengembangan model matematikal untuk memprediksi biaya total proyek.

3. Funding limit recincilitation
Pembelanjaan dana harus dicocokkan dengan batas dana yang sudah menjadi komitmen dalam proyek. Perbedaan antara batas dana dan rencana kadang mengharuskan adanya penjadwalan ulang pada kegiatan untuk mengatur pembelanjaan. Hal ini bisa terpenuhi bila diberikan batasan/tanggal pekerjaan ke dalam jadwal proyek.

In reply to GUSTI AYU MADE DWI SAWITRI

Re: Budgeting dalam Perencanaan Proyek

by Shierly Sephiani -
PM160516 - Shierly Sephiani (Universitas Brawijaya)

Terima kasih atas informasinya. Benar, terdapat berbagai teknik budgeting. Penganggaran merupakan alat untuk melaksanakan program yang telah direncanakan sebelumnya. Dalam menyusun anggaran, kita harus menentukan visi misi, tujuan, sasaran, dan target programnya. Lalu, jangan lupa untuk menentukan indikator kinerja seperti input, output, outcome, dsb. Oleh karena itu, penyusunan anggaran harus disesuaikan dengan program yang telah direncanakan.
In reply to Shierly Sephiani

Re: Budgeting dalam Perencanaan Proyek

by YUSRIL NURFAUZY -
Saya setuju dengan pendapat dari ka Shierly Sephiani tersebut.