Forum Diskusi 6: Mitigasi dan Pengawasan

Definisi

Definisi

by ROBBY JUAN RUMOPA -
Number of replies: 3

Mitigasi dan pengawasan atas sebuah kegiatan maupun proyek kemanusiaan menjadi hal yang penting dalam sebuah rangkaian program. Konteks pengawasan menjadi hal yang penting untuk memastikan semua program bisa dipertanggungjawabkan. Pengawasan adalah sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktifitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

In reply to ROBBY JUAN RUMOPA

Re: Definisi

by SRI RAHAYU -
Benar banget kak, mitigasi dan pengawasan itu sangat penting dalam memastikan jalannya semua tahapan program. Karena jika suatu program tidak adanya pengawasan dan mitigasi, maka kita tidak akan tau progres dari program tersebut dan bisa saja program tidak berjalan sesuai yang telah di rencanakan di awal.
In reply to SRI RAHAYU

Re: Definisi

by IMBAR NOVANSYAH -
pertanyaan yang bagus kak, izin untuk menambahkan semoga saja bisa melengkapi dan membantu ..
definisi dari mitigas dan pengawasan adalah sebuah rencana agar rencana itu sesuai dengan rencana awal kita saat membuat sebuah perencanaan ini bisa dimasukkan kedalam efektif, ini sesuai dengan pendapat dari ketiga sumber yang saya baca saat materi
Menurut Winardi (2000, hal. 585) “Pengawasan adalah semua aktivitas yang dilaksanakan oleh pihak manajer dalam upaya memastikan bahwa hasil aktual sesuai dengan hasil yang direncanakan”.
Sedangkan menurut Basu Swasta (1996, hal. 216) “Pengawasan merupakan fungsi yang menjamin bahwa kegiatan-kegiatan dapat memberikan hasil seperti yang diinginkan”.
Lebih lanjut menurut Komaruddin (1994, hal. 104) “Pengawasan adalah berhubungan dengan perbandingan antara pelaksana aktual rencana, dan awal Untuk langkah perbaikan terhadap penyimpangan dan rencana yang berarti”.