Ruang Kolaborasi Materi Strategi Pemecahan Masalah I

M. Farhan

M. Farhan

by M. Farhan -
Number of replies: 0

1. Memahami Masalah:

Diketahui bahwa sebuah bola basket dijatuhkan dari atas bangunan dan setiap kali memantul, tingginya mencapai ¼ dari tinggi sebelumnya. Pantulan keempat memiliki tinggi 3,2 m. Yang ditanyakan adalah ketinggian awal bangunan.

 

2. Merencanakan Strategi Penyelesaian:

Kita dapat menggunakan serangkaian langkah untuk mencari tinggi awal bangunan. Jika  h adalah ketinggian awal, maka setelah pantulan pertama  \frac{1}{4}h , setelah pantulan kedua  \frac{1}{4} \times \frac{1}{4}h , dan seterusnya. Maka kita dapat menyusun persamaan  h + \frac{1}{4}h + \left(\frac{1}{4}\right)^2h + \left(\frac{1}{4}\right)^3h + \left(\frac{1}{4}\right)^4h = 3,2 .

 

3. Melaksanakan Strategi:

Hitung nilai persamaan  h + \frac{1}{4}h + \left(\frac{1}{4}\right)^2h + \left(\frac{1}{4}\right)^3h + \left(\frac{1}{4}\right)^4h = 3,2 untuk menemukan nilai  h , ketinggian awal bangunan.

4. Mengecek Kembali:

Periksa apakah nilai yang ditemukan memenuhi kondisi dalam masalah. Pastikan bahwa tinggi pantulan keempat adalah 3,2 m. Jika hasilnya sesuai, maka solusi tersebut benar sesuai dengan masalah yang diberikan.