Ruang Kolaborasi Pemecahan Masalah Melibatkan Statistika

Meurah Qamarini(2021206001)

Meurah Qamarini(2021206001)

by Meurah Qamarini -
Number of replies: 0

Dalam diagram lingkaran, setiap bagian mewakili persentase waktu yang dihabiskan untuk setiap aktivitas. Kita diberikan informasi bahwa Anshari menghabiskan 5% dari waktu keseluruhan untuk berenang dan total waktu yang dihabiskan untuk semua aktivitas adalah 16 jam. Kita juga diberitahu bahwa waktu yang dihabiskan untuk bermain musik sama dengan waktu yang dihabiskan untuk bermain permainan komputer.

1. Kita perlu menghitung waktu yang dihabiskan untuk bermain musik dan permainan komputer. Karena waktu yang dihabiskan untuk bermain musik sama dengan waktu yang dihabiskan untuk bermain permainan komputer, kita dapat menyebut waktu ini sebagai x.

2. Kita dapat menulis persamaan berikut berdasarkan informasi yang diberikan:
5\% dari 16 jam adalah waktu yang dihabiskan untuk berenang, sehingga 0.05 \times 16 = 0.8 jam dihabiskan untuk berenang.
Waktu yang dihabiskan untuk bermain musik adalah x jam.
Waktu yang dihabiskan untuk bermain permainan komputer adalah x jam.
Waktu yang dihabiskan untuk bermain bola adalah 16 - (0.8 + x + x) = 16 - (0.8 + 2x) jam.

3.Kita dapat menuliskan persamaan berikut berdasarkan persentase waktu yang dihabiskan untuk setiap aktivitas:
0.05 \times 16 = 0.8 jam dihabiskan untuk berenang.
x jam dihabiskan untuk bermain musik.
x jam dihabiskan untuk bermain permainan komputer.
=16 - (0.8 + x + x) = 16 - (0.8 + 2x) jam dihabiskan untuk bermain bola.

4. Kita dapat menyelesaikan persamaan untuk mencari nilai x:
16 - (0.8 + 2x) = 16 - 0.8 - 2x
16 - 0.8 - 2x = 16 - 0.8 - 2x
2x = 0.8
x = 0.4

5. Kita dapat menghitung waktu yang dihabiskan untuk bermain permainan komputer:
x = 0.4 jam = 0 jam 24 menit.

Jawaban:
Anshari menghabiskan 0 jam 24 menit untuk bermain permainan komputer.
Perbandingan waktu yang dihabiskannya untuk berenang dengan bermain game komputer adalah 0.8 jam : 0.4 jam = 2 : 1.