Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

pengembangan diri

pengembangan diri

by alrafly rizky putra henryansyah -
Number of replies: 0

angkah-Langkah untuk Mengembangkan Diri 

Setelah aktif berkegiatan, baik di dalam program lembaga pendidikan maupun di masyarakat. Maka perlu melakukan sejumlah langkah pengembangan diri berikut ini: 

1. Memupuk Kepercayaan Diri 

Supaya diri sendiri bisa berkembang dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar, dan kegiatan dari kampus. Maka penting sekali untuk memulainya dengan memupuk rasa percaya diri. 

Sebab tanpa rasa percaya diri biasanya seseorang enggan untuk mencoba hal baru atau berbuat apapun diluar rutinitas harian. Sehingga hal ini akan menghambat diri sendiri untuk berkembang. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah yakin bahwa kamu bisa melakukan kegiatan atau hal tertentu yang menarik minat dan perhatian. Kemudian, berani tanpa takut akan sesuatu hal yang belum terjadi di depan mata. Ketiga, adalah meminta dukungan agar lebih kuat dan percaya diri. 

2. Menggunakan Waktu dengan Baik 

Langkah kedua di dalam pengembangan diri adalah memahami bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Sehingga bisa menghargai waktu dengan seksama dan menggunakannya untuk hal-hal produktif dan bermanfaat. 

Ketika kesadaran ini dimiliki maka setiap kali ada waktu luang akan dimanfaatkan untuk hal berkualitas. Misalnya belajar, mencari jadwal kegiatan seru, dan lain sebagainya. 

3. Terbuka Terhadap Segala Hal 

Menjadi katak dalam tempurung adalah dinding besar yang menghalangi kamu untuk tumbuh lebih baik dan sukses. Maka penting sekali untuk mau keluar dari zona nyaman dan dunia yang selama ini ditekuni.

Mencoba hal baru dan mau mendengarkan ilmu baru akan membantu mengembangkan diri dengan baik. 

4. Belajar dari Pengalaman 

Pengalaman dikatakan sebagai guru paling berharga, dan tidak pernah salah. Pengalaman kadang bisa membuat kamu bahagia dan puas namun bisa pula membuat kecewa dan menyesal. 

Namun, semua pengalaman tersebut adalah media untuk belajar. Ketika ada kesalahan maka kamu bisa menghindarinya dan memperbaikinya ketika terulang lagi di masa mendatang.