Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Urgensi Memiliki Jiwa Kewirausahaan Sosial Pada Setiap Individu

Urgensi Memiliki Jiwa Kewirausahaan Sosial Pada Setiap Individu

by MUHAMMAD FURQON -
Number of replies: 3

Halo, Saya Muhammad Furqon dari Universitas Udayana. Kewirausahaan seperti yang kita kenal adalah sebuah platform atau wadah yang dibangun serta didirikan untuk mendapatkan profit.  Namun akhir-akhir ini semenjak pandemi, istilah kewirausahaan sosial semakin terdengar dimana. Yang mana bahwa konsep dari kewirausahaan sosial sendiri ini cukup berbeda dengan kewirausahaan pada umumnya. Kewirausahaan sosial ini bukan hanya berpaku pada profit saja, namun bagaimana cara kita memberdayakan lingkungan sosial. Oleh karenanya apabila dari dalam setiap individu ditanamkan jiwa kewirausahaan sosial, maka setiap individu atau kelompok dimasyarakat akan semakin lebih dapat diberdayakan. Selain mendapatkan profit, namun juga interkasi antar sesama semakin erat. Oleh karenanya, memberdayakaan masyarakat dengan melalui konsep kewirausahaan sendiri ini dapat menjadi salah satu jalan kita bersama, untuk terus mengembangkan inovasi dan juga kreatifitas dalam menciptakan produk atau karya yang nantinya dapat berdaya saing serta jual tinggi. Terakhir, selain memberdayakan masyarakat untuk mendapatkan profit, kita juga turut serta menjalin erat tali silaturahmi antar sesama. Sekian pendapat saya. Apabila ada tambahan dan kekeliruan mohon untuk dikoreksi. Terimakasih

In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Urgensi Memiliki Jiwa Kewirausahaan Sosial Pada Setiap Individu

by Septianingsih Septianingsih -
menanggapi saudara Muhammad Furqon, bahwa memang dalam kewirausahaan sosial perlu adanya peningkatan sumber daya manusia dan perlunya kerja sama untuk membangun sebuah komitmen dalam suatu karya yang akan dimasukan dalam kewirausahaan sosial. untuk itu sebagai anak muda perlunya perubahan baru untuk dapat menciptakan sebuah ide dan gagasan untuk dapat diterapkan dalam masyarakat saat ini.
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Urgensi Memiliki Jiwa Kewirausahaan Sosial Pada Setiap Individu

by FERA MURWIDIYANTI -
Benar sekali jiwa kewirausahaan memang sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Akan tetapi, menjadi entrepenur bukan satu-satunya jalan untuk membuat perubahan sosial.

Kewirausahaan sosial sebagai bagian dari bentuk inovasi dalam bentuk ide bisnis untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat tidak dapat dilakukan oleh satu dua orang saja, akan tetapi memerlukan orang-orang dari beragam keahlian dan latar belakang baik itu fundraiser, digital marketing, digital campaigner, bahkan sampai social media specialist agar usaha sosial yang dibangun dapat memberikan memberikan manfaat kepada mayarakat secara sustain.

Memberikan dampak sosial itu harus, akan tetapi menjadi entrepeneur bukan satu-satunya jalan. Kita dapat memulai memberikan kontribusi dengan keahlian yang dimiliki pada usaha-usaha sosial yang sudah ada agar dampak yang timbul dapat dirasakan oleh lebih banyak orang dan berkelanjutan.
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Urgensi Memiliki Jiwa Kewirausahaan Sosial Pada Setiap Individu

by Vica Herza -
Sangat setuju dengan saudara Furqon.Bentuk kewiruasahaan sosial dapat menjadi salah satu aksi dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dalam segi ekonomi. Sekarang tugas kita adalah bagaimana agar masyarakart tersebut memiliki keinginan dan semangat untuk berwirausaha.