Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial dan Cara dalam Melakukan Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial dan Cara dalam Melakukan Pemetaan Sosial

by PUTU ASTRIWIRA PUTRI -
Number of replies: 1

Pemetaan sosial atau disebut dengan istilah social maping merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengenali mengenai kondisi sosial budaya pada ruang lingkup masyarakat pada suatu daerah tertentu sebagai wilayah sasaran dari suatu program. Pemetaan sosial juga dapat dimaknai sebagai proses mengidentifikasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data baik secara langsung turun ke lapangan (primer) maupun melalui informasi yang sudah disediakan oleh pemangku kepentingan tertentu (sekunder).

Ada beberapa cara dalam melakukan pemetaan sosial yaitu pariticipatory learning and action. Cara ini merupakan salah satu bentuk tertentu dari penelitian kualitatif digunakan untuk mendapat pemahaman yang mendalam tentang situasi komunitas. Participatory learning and action merupakan suatu proses di mana komunitas akan menganalisis situasi yang mereka hadapi dan mengambil keputusan tentang bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan yang ada. Metode dan pendekatan pembelajaran mengenai kondisi dan kehidupan masyarakat dan untuk masyarakat sendiri.

In reply to PUTU ASTRIWIRA PUTRI

Re: Pemetaan Sosial dan Cara dalam Melakukan Pemetaan Sosial

by DELA VINKA ARISKA -
Prinsip dasar dalam Participatory learning and action yang setelahnya bisa kita sebut Pembelajaran dan Aksi Partisipatif yaitu menggunakan pendekatan partisipasi secara penuh dan menyeluruh dari audiens.Seorang pelatih lebih berperan sebagai fasilitator.Fasilitator adalah orang yang memfasilitasi sebuah pelatihan atau pertemuan serta membantu memudahkan peserta dalam memahami suatu isu atau permasalahan.Fasilitator juga berusaha memancing ide,gagasa,konsep dari audiens sehingga audiens yang awalnya pasif bisa menjadi aktif.
Kelebihan dari Pembelajaran dan Aksi Partisipatif yaitu :
1.adanya tindakan atau action dalam setiap kegiatan
artinya tindakan atau action menjadi dasar yang penting dalam setiap kegiatan atau program yang akan dilaksanakan.
2.Mengutamakan proses belajar bersama
Artinya antara audiens atau pelatih memiliki kemampuan yang sama dimana kemampuan ini akan ditingkatkan melalui Pembelajaran dan Aksi Partisipatif.