Forum Diskusi Pertemuan Ke-2

Diskusi 2

Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jumlah balasan: 80

Silakan tuliskan argumen Anda berdasarkan studi kasus berikut.
Kasus: Sekolah Dasar Harapan Bangsa di kota kecil memiliki berbagai macam siswa dengan latar belakang yang berbeda. Di sekolah ini, para guru berusaha meningkatkan literasi baca-tulis, numerasi, dan sains untuk semua siswa mereka. Berikut adalah beberapa situasi yang dihadapi oleh para siswa dan guru di sekolah tersebut.

Literasi Baca-Tulis
Siswa A, Dani, adalah siswa kelas 3 yang mengalami kesulitan dalam membaca. Ia seringkali merasa frustrasi saat diminta membaca buku cerita di depan kelas. Dani tampaknya tidak dapat memahami informasi yang disampaikan dalam bacaan, dan ia cenderung menghindari aktivitas membaca.
Literasi Numerasi
Siswa B, Siti, adalah siswa kelas 4 yang sangat cepat dalam menjumlahkan dan mengurangi angka. Namun, ia merasa kesulitan dengan konsep perkalian dan pembagian. Siti seringkali membuat kesalahan saat harus memecahkan masalah matematika yang melibatkan operasi tersebut.
Literasi Sains
Siswa C, Ahmad, adalah siswa kelas 5 yang antusias dalam pelajaran sains. Dia sangat senang dengan eksperimen sains dan memahami konsep-konsep dasar seperti fotosintesis dan siklus air. Namun, Ahmad kesulitan dalam menerapkan pengetahuan sainsnya dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan:

  1. Apa langkah-langkah yang dapat diambil oleh guru untuk membantu Dani dalam meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaan? Berikan beberapa strategi yang bisa diterapkan di dalam kelas.
  2. Bagaimana guru dapat mendukung Siti dalam memahami konsep perkalian dan pembagian? Apa metode atau alat yang bisa digunakan untuk membantu Siti mengatasi kesulitan ini?
  3. Apa yang bisa dilakukan oleh guru untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains yang telah dipelajari dalam situasi kehidupan sehari-hari? Sebutkan beberapa kegiatan atau proyek yang bisa dilakukan di kelas untuk menghubungkan teori sains dengan praktik nyata.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh TITA ALINITA KEYLA -
1.) strategi yang bisa di terapkan guru memberikan motivasi kepada siswa, membaca bersama-sama,membuat kelompok belajar,dan guru memantau perkembangan siswa
2.) metode yang bisa digunakan membuat tempat belajar kondusif, membuat kelompok belajar agar siswa lebih semangat dan giat saat belajar,memberikan feedback dan dorongan kepada siswa, dan menggunakan alat peraga seperti papan perkalian yang berbentuk boardgame
3. ) aktivitas langsung, rekayasa dan kontruksi jembatan model, kegiatan menanam pot
Sebagai balasan TITA ALINITA KEYLA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Analisis bisa lebih dalam. Perjelas bentuk evaluasi/ indikatornya sebagai bukti bahwa kemampuan membaca Dani sudah meningkat.
2. Perjelas metode dan alat bantu yang digunakan
3. Perjelas konsep penerapannya. Analisis lebih dalam

Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh ULA DHIYAA' BAROKAH -
Jawaban nomor 1
Berikut langkah-langkah yang dapat membantu Dani untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan:
1. Sebelum pembelajaran, guru memberikan waktu selama 15-20 menit untuk membaca buku.
2. Guru memberikan buku yang sesuai dengan tingkatan dan topik yang disukai oleh Dani, hal ini dapat meningkatkan minat baca Dani.
3. Menggunakan strategi PQRST, yaitu:
A. Preview (Pratinjau). Guru mengajak Dani melihat judul, sub judul dan gambar sebelum membaca.
B. Question (Pertanyaan). Guru memberikan pertanyaan yang sederhana seperti "siapa saja tokoh yang ada di dalam buku cerita tersebut", pertanyaan seperti ini dapat membuat Dani lebih fokus untuk membaca dan mencari informasi dari pertanyaan yang telah dibuat.
C. Read (Membaca). Guru meminta Dani untuk membaca buku tersebut pelan-pelan dan meminta Dani untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang telah di berikan.
D. Summarize (Meringkas). Guru meminta Dani untuk menceritakan kembali apa isi bacaan yang telah ia baca menggunakan kata-katanya sendiri agar ia bisa lebih paham.
E. Test (Uji pemahaman). Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan Dani benar-benar mengerti apa yang sudah ia baca dan ia ringkas
4. Guru memberikan motivasi kepada Dani untuk meningkatkan minat Dani dalam membaca.

Jawaban nomor 2
Metode yang digunakan untuk membantu Siti memahami konsep perkalian dan pembagian yaitu menggunakan permainan matematika, dengan menggunakan tangga perkalian. Yaitu permainan seperti ular tangga. Sebelum bermain menentukan aturan ketika berhenti akan di kali berapa.
Misalnya sudah menentukan di kali 2, saat Siti melempar dadu dan mendapatkan angka 3, iya harus menghitung 3×2= 6 dan melangkah ke kotak dengan angka 6

Jawaban nomor 3
Untuk membantu Ahmad dalam menerapkan pengetahuan sains yang telah di pelajari dalam situasi sehari hari dengan melakukan percobaan sederhana, bisa menggunakan kacang hijau yang ditanam dan di letakkan di tempat yang terang dan gelap, hal ini dapat membantu Ahmad dalam menerapkan hal konsep yang telah ia pelajari
Sebagai balasan ULA DHIYAA' BAROKAH

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah bagus, analisisnya mendalam, dan contoh yang disertakan jelas. Semangat terus untuk diskusi selanjutnya.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh CAHYANING ADRISTI HUTAMI -
1. guru dapat melakukan evaluasi awal (dilakukan untuk mengetahui kesulitan spesifik yang dirasakan Dani dalam membaca, contoh: melakukan pemahaman kata). kemudian, guru dapat memilih buku teks sesuai kemampuan Dani agar ia percaya diri saat membaca (di sini guru dapat menggunakan teknologi interaktif untuk membuat proses pembelajaran yang menarik. contoh: buku digital/e-book). lalu, guru dapat melakukan metode membaca bersama (guru membaca terlebih dahulu sebagai contoh, lalu Dani mengikuti). lalu, guru dapat menggunakan metode phonics saat mengajar (untuk mengenali hubungan antara huruf dan bunyi agar memudahkan Dani dalam memecahkan kata). lalu, guru dapat memberikan gambar terkait cerita yang dibaca untuk membantu Dani memahami konteks teks. setelah membaca, guru dapat mengajak Dani untuk berdiskusi. kemudian, guru dapat memberikan apresiasi berbentuk pujian dan memberikan reward kepada Dani agar dapat mendorong Dani agar lebih percaya diri saat membaca.
2. guru dapat menggunakan alat peraga matematika seperti blok sebagai alat untuk memvisualisasikan perkalian & pembagian. guru juga dapat menggunakan model pembelajaran kontekstual (mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari2 siswa). contohnya adalah, guru dapat membagikan cerita atau situasi sehari-hari, seperti; menggunakan makanan sebagai alat berhitung. hal itu, akan membantu Siti mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman/konteks nyata. guru juga dapat memperkuat pemahaman Siti dengan menggunakan metode permainan matematika (tentang perkalian & pembagian) agar pembelajaran tidak membosankan. kemudian, guru dapat memberikan latihan bertahap mulai dari soal perkalian & pembagian sederhana hingga soal yang kompleks (berfungsi untuk membangun pemahaman Siti secara perlahan).
3. untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains, guru dapat membuat proyek sederhana. contoh: mengamati pertumbuhan tanaman/siklus air di lingkungan sekitar. selain itu, Ahmad juga bisa diberikan eksperimen sederhana yang bisa dilakukan di rumah. contoh: mengamati perubahan fase air. contoh kegiatan lain yang bisa dilakukan Ahmad adalah, guru dapat melakukan diskusi tentang penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari. contoh: daur ulang. hal itu akan membantu Ahmad memahami relevansi teori sains dengan kehidupan nyata.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh INTAN RAVICKA SAPUTRI -
Jawaban no. 1
- Membaca bersama, seperti sering-sering ajak Dani membaca bareng di kelas, bisa buku cerita atau teks yang menarik minatnya.
- Latih kosa kata, kita bisa memberikan kata-kata baru dari teks yang dibaca, lalu ajak Dani bermain tebak kata atau membuat kalimat dari kata tersebut supaya kosa katanya bertambah.
- Gunakan gambar atau komik, jadi kalau teks terasa berat, kita coba pakai komik atau buku bergambar. Ini bisa membantu Dani lebih paham alur cerita tanpa merasa terbebani.
Jawaban no. 2
- misalnya menggunakan benda konkret, seperti bawa kancing, kelereng, atau benda lain ke kelas untuk menunjukkan konsep perkalian dan pembagian secara fisik. Misalnya, "Kita punya 12 kelereng, kalau dibagi ke 3 teman, masing-masing dapat berapa?"
- atau dengan permainan interaktif, Ajak Siti bermain permainan seperti kartu perkalian atau bingo matematika. Ini bisa bikin belajar jadi lebih menyenangkan dan nggak terasa berat.
Jawaban no. 3
- bisa dengan memperlihatkan video edukasi terlebih dahulu, seperti menunjukkan video-video pendek tentang eksperimen sains atau penjelasan fenomena alam. Ini bisa bikin Ahmad lebih tertarik dan memahami konsep sains dengan lebih visual.
- dan misalnya membuat proyek kecil di kelas, seperti ajak Ahmad dan teman-teman membuat percobaan sederhana seperti membuat gunung berapi dari soda kue dan cuka atau menanam kacang di kapas untuk melihat bagaimana tanaman tumbuh. Ini membuat sains lebih hidup.
Sebagai balasan INTAN RAVICKA SAPUTRI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Poin-poin analisis yang disampaikan jelas dan konkret/ dapat dilakukan. Namun, terkait tata bahasa perlu dirapikan kembali. Gunakan bahasa yang baku, bukan bahasa percakapan/ konteks lisan. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh ASTRID ADELIA SUPANDI -
1. Untuk membantu Dani meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaan, guru dapat menggunakan strategi seperti memilih teks yang sesuai dengan tingkat kemampuannya, memberikan latihan membaca berulang (repeated reading) untuk meningkatkan kelancaran, serta mengajak diskusi tentang isi bacaan untuk memperdalam pemahaman. Guru juga dapat menggunakan peta pikiran (mind mapping) untuk memvisualisasikan ide-ide utama, serta memberikan pertanyaan analitis yang mendorong Dani untuk berpikir kritis tentang bacaan yang dibaca.
2. Dalam mendukung Siti memahami konsep perkalian dan pembagian, guru dapat menggunakan alat bantu visual seperti blok atau kelereng untuk mengilustrasikan konsep ini secara konkret. Metode lain termasuk penggunaan aplikasi interaktif matematika yang menyenangkan, menghubungkan konsep dengan situasi sehari-hari, serta memberikan lembar kerja bertahap yang dimulai dengan soal-soal sederhana sebelum meningkat ke tingkat yang lebih kompleks. Permainan matematika juga bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif bagi Siti.
3. Untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari, guru dapat menyelenggarakan proyek eksperimen sederhana seperti membuat gunung berapi mini atau merakit sirkuit listrik, serta melakukan pengamatan lingkungan di sekitar sekolah. Kegiatan proyek STEM, seperti membuat alat ramah lingkungan atau mempelajari siklus air melalui eksperimen, bisa menjadi cara yang efektif untuk menghubungkan teori sains dengan praktik nyata, sekaligus memberikan kesempatan bagi Ahmad untuk melihat relevansi sains dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai balasan ASTRID ADELIA SUPANDI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Namun, tambahkan bentuk evaluasi dari setiap poinnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh NIA AMELIA P -
1. yang harus dilakukan oleh guru terhadap dani yaitu selalu membantu dan mendukung dani untuk selalu belajar membaca buku apapun dalam waktu senggang dan menyuruh dani untuk selalu latihan membaca di rumah maupun di sekolah. setiap harinya melatih diri unuk selalu membaca buku , baik sebelum mata pelajaran dimulai maupun pas dirumah.
2. guru selalu melatih siti dalam berhitung melalui video ataupun alat yang dapat digunakan untuk pembelajaran berhitung. dan memberikan soal untuk meningkatkan dalam pembelajaran matematika.
3. untuk membantu ahmad menerapkan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari, guru dapat membimbingnya melalui kegiatan-kegiatan praktis seperti proyek taman kecil untuk mengamati fotosintesis, eksperimen siklus air menggunakan water cycle terrarium, atau pengamatan lingkungan untuk memahami perubahan cuaca dan kondisi tanaman.
Sebagai balasan NIA AMELIA P

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Poin-poin yang dijelaskan sudah cukup jelas. Analisis bisa diperdalam lagi dengan menyertakan bentuk evaluasinya. Semangat terus senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh SITI MUDRIKAH -
1. Dalam kasus ini, Dani tampak tidak dapat memahami informasi yang disampaikan dalam bacaan dan cenderung menghindari aktivitas membaca. Dari dua hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh guru dalam membantu Dani meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaannya. Yang pertama adalah mencari tahu letak kesulitan Dani dalam membaca dengan melakukan evaluasi secara mendalam (mencari tahu lebih spesifik, misalnya Dani belum menguasai keterampilan fonemik dan sebagainya). Selanjutnya guru dapat menerapkan program membaca harian setiap hari yang mana siswa dapat memilih dan membawa buku kesukaan mereka dari perpustakaan sekolah atau dari rumah (hal ini dilakukan untuk menarik minat siswa dalam membaca). Kemudian guru dapat menggunakan buku bergambar dengan teks sederhana untuk membantu Dani lebih mudah dalam memahami isi bacaannya. Guru dapat mendampingi Dani membaca berulang kali dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan sederhana dari cerita yang ia baca sehingga Dani belajar mengerti tanpa merasa terbebani. Melalui pendekatan yang bertahap dan melatih kebiasaan membaca setiap hari, guru dapat membantu Dani secara perlahan lebih nyaman dengan aktivitas membaca. Tak lupa, guru melakukan pengamatan untuk melihat progress Dani setiap harinya.
2. Dalam kasus Siti, guru dapat menggunakan alat bantu visual seperti blok atau koin untuk menunjukkan operasi perkalian dan pembagian bekerja dalam bentuk nyata. Guru juga dapat menjelaskan perkalian sebagai penjumlahan berulang untuk mengajarkan konsep perkalian secara lebih sederhana untuk Siti. Selain itu penggunaan metode permainan edukatif tentang perkalian dan pembagian juga dapat dilakukan oleh guru (menggunakan kartu bergambar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti gambar makanan, benda dan lain-lain) untuk membantu Siti lebih bisa memahami secara kontekstual.
3. Untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, guru dapat memberinya proyek menanam tumbuhan (pemilihan jenis tumbuhan bisa dipilihkan oleh guru atau melalui hasil diskusi dengan Ahmad sendiri, yang mana ia bisa memilih atau mengajukan tanaman apa yang ingin ia coba tanam). Melalui proyek menanam tumbuhan ini Ahmad bisa melihat langsung bagaimana proses fotosintesis itu terjadi. Selain menanam tumbuhan, proyek lain yang bisa diberikan oleh guru dapat berupa eksperimen sains sederhana di kelas seperti membuat model siklus air, mengamati fenomena perubahan cuaca, dan lain sebagainya.
Sebagai balasan SITI MUDRIKAH

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Poin-poin yang dijelaskan sudah cukup jelas. Analisis bisa diperdalam lagi dengan menyertakan bentuk evaluasinya. Semangat terus senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh MITHA NUR RAHMAWATI -
1. Yang harus dilakukan Untuk membantu Dani meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman teks, guru bisa mulai dengan cara membacakan cerita bersama secara bergantian, lalu bertanya tentang isi cerita untuk melihat pemahamannya. Selain itu, membuat kelompok kecil di mana Dani bisa membaca bersama teman-teman juga bisa menjadi cara yang efektif. Guru bisa menggunakan alat bantu visual seperti gambar yang berkaitan dengan teks untuk membantu Dani memahami bacaan dengan lebih baik. Aktivitas lain seperti permainan kata atau menyusun kalimat sederhana juga bisa menjadi sarana yang menyenangkan bagi Dani.
2. Yang guru lakukan Dalam mendukung Siti memahami konsep perkalian dan pembagian, guru dapat memanfaatkan benda konkret seperti kancing, batu, atau balok kecil untuk memyisualisasikan konsep tersebut. Aktivitas sehari-hari seperti membagi makanan atau mengelompokkan benda dapat menjadi cara yang lebih relevan dan nyata. Penggunaan tabel perkalian juga bisa membantu Siti mempelajari pola angka, dengan latihan yang bertahap sehingga pemahamannya berkembang secara alami. Permainan interaktif berbasis angka juga bisa membuat proses belajar jadi lebih menarik dan menyenangkan.
3. Yang dilakukan guru Untuk Ahmad, guru bisa membuat proyek yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menanam tumbuhan di kelas untuk mempelajari siklus hidup tanaman, atau melakukan eksperimen sains sederhana seperti mengamati benda-benda yang mengapung dan tenggelam. Mengaitkan konsep sains dengan aktivitas sehari-hari seperti mengamati cuaca, memasak, atau olahraga juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada Ahmad bagaimana teori sains berlaku di dunia nyata. Kegiatan diskusi atau proyek kelompok tentang sains dalam kehidupan sehari-hari dapat memperkuat penerapan ilmu yang dipelajari Ahmad.
Sebagai balasan MITHA NUR RAHMAWATI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis sudah cukup baik dan dapat direalisasikan. Namun sebaiknya tambahkan bentuk evaluasinya sebagai bukti apakah siswa sudah memahami materi tersebut atau belum. Semangat..! Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh FARAH APRILIA -
1.membantu dani yang kesulitan membaca
a.mengajari cara bunyi huruf,misalnya mengenalkan dani pada bunyi huruf "B"berbunyi beh,guru juga bisa mengajak dani untuk membaca berdua dengan guru nya,dani bisa pelan pelan mengikuti,guru juga dapat menggunakan buku yang bergambar supaya lebih menarik dan lebih paham cerita
2.guru bisa membuat tabel perkalian yang seru seperti perkalian warna warni atau bermain kartu agar siti lebih mudah ingat,guru juga bisa membuat cerita matematika pada situasi nyata seperti "jika siti mempunyai 25 permen,kalau di bagi ke 5 teman siti,setiap teman siti dapat berapa permen?"
3.bereksperimen dirumah
ahmad bisa mencoba percobaan sederhana di rumah nya seperti melihat bagaimana air menguap saat berada di bawah sinar matahari,atau membuat kompos mini untuk belajar daur ulang
Sebagai balasan FARAH APRILIA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Namun, diperjelas lagi langkah-langkah/ strategi pembelajarannya, metode yang dipakai, dan bentuk/ kegiatan penerapannya. Sertakan evaluasi dari setiap poin yang dianalisis. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh DESTIKA PUPUT SAGITA -
1. Untuk membantu Dani meningkatkan kemampuan membaca, guru bisa menerapkan pembelajaran berpasangan, menggunakan bahan bacaan yang menarik, dan mengadakan aktivitas menyenangkan seperti permainan kata dan diskusi kelompok.
2. Untuk mendukung Siti memahami perkalian dan pembagian, guru dapat menggunakan alat manipulatif dan permainan matematis, serta aplikasi edukatif interaktif agar pembelajaran lebih menarik.
3. Untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains, guru bisa mengadakan proyek praktis seperti membuat kebun sekolah dan memdorong siswa untuk presentasi tentang penerapan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai balasan DESTIKA PUPUT SAGITA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Namun, diperjelas lagi langkah-langkah/ strategi pembelajarannya, metode yang dipakai, dan bentuk/ kegiatan penerapannya. Sertakan evaluasi dari setiap poin yang dianalisis. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh AULIA NAZWA WURYANTI -
1. strategi yang bisa di lakukan ialah membuat membaca bergilir, Dani bisa membaca sebagian dari teks dan ia akan memperhatikan bacaan nya. Setelah itu, guru bisa mengajak Dani untuk membuat peta konsep, supaya Dani bisa menggambarkan isi bacaannya. Guru juga bisa memberikan dukungan dan motivasi agar Dani percaya diri.

2. Guru bisa menggunakan cerita atau dunia nyata agar Siti memahami bahwa perkalian merupakan pengulangan penambahan dan pembagian adalah kebalikan dari perkalian. Guru juga bisa memberikan latihan soal kebalikan seperti 5 x 5 = 25 dan 25 : 5 = 5

3. Guru bisa memberikan eksperimen dengan air, sebelum memulai Guru bisa memberikan sebuah contoh video untuk anak murid nya dan memperhatikan bagaimana cara membuat air berguna untuk sumber energi, kemudian Guru meminta murid untuk membuat turbin air mini untuk menjelaskan prinsip kerja pembangkit listrik tenaga air
Sebagai balasan AULIA NAZWA WURYANTI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Perjelas metode dan media yang dipakai apa. Keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh AUREL PUTRI HILWANY -
1. Langkah-langkahnya yaitu melakukan tes baca untuk mengetahui secara spesifik kesulitan yang dialami dan berbicara secara pribadi dengan Dani untuk memahami minat baca,kebiasaan membaca dan kesulitan yang dihadapinya. Melakukan pembelajaran yang menyenangkan,membuat pertanyaan, berdiskusi kelompok dan gunakan media belajar yang menarik.

2. Metode yang pertama yaitu menggunakan validasi, gambar, model garis bilangan, contoh gunakan gambar untuk menggambarkan konsep perkalian sebagai pengelompokan objek misalnya 3 kelompok dengan masing-masing 4 apel dapat digambarkan untuk menjelaskan 3 x 4 = 12.
Permainan; permainan kartu atau permainan papan
Ada banyak permainan yang dirancang khusus untuk mengajarkan konsep matematika termasuk perkalian dan pembagian konteks nyata, contoh seperti kehidupan sehari-hari latihan berulang membuat soal-soal dan lembar kerja metode berkelompok berikan tugas kelompok yang melibatkan pemecahan masalah matematika.

3. Untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut;
1. Proyek sains berbasis masalah berikan masalah nyata, bimbing siswa merancang eksperimen dan analisis data
2. Kunjungan lapangan seperti observasi langsung atau wawancara ahli
3. Diskusi kelas hubungkan dengan kehidupan sehari-hari dan contohnya apa
4. Pemanfaatan teknologi simulasi.
Sebagai balasan AUREL PUTRI HILWANY

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Jawaban oke
3. Jawaban masih umum. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh URSKA SARI BESTINI SIMANJUNTAK -
1. Lebih banyak melatih Dani untuk mau membaca didepan kelas, dengan cara memberikan motivasi dan dorongan kepada Dani. Dan membiasakan Dani untuk membaca buku baik dirumah ataupun di dalam kelas. Agar Dani bisa terus membaca dengan lancar dan Dani berani membaca buku cerita didalam kelas.
2. Memberikan dorongan/motivasi kepada Siti, agar Siti mampu menghafal perkalian dan pembagian dengan cepat dan mudah, serta melatih Siti agar ia bisa menghafal perkalian dengan baik dan benar. Alat yang bisa digunakan agar bisa menghafal perkalian dan pembagian adalah dengan menggunakkan alat yang berupa lidi dan benang.
3. Melatih Ahmad agar dia mudah dalam menerapkan pengetahuan sains nya.
berikut ini beberapa kegiatannya:
-Eksperimen Rasa (Indra Pengecap)
-Kotak Misteri (Indra Peraba)
-Eksperimen Suara (Indra Pendengaran)
-Penciuman Misteri (Indra Penciuman)
-Eksperimen Cahaya dan Penglihatan (Indra Penglihatan)
-Observasi Lingkungan dengan Lima Indra
- Proyek "Poster Lima Indra"
Sebagai balasan URSKA SARI BESTINI SIMANJUNTAK

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Perjelas metode dan media yang dipakai apa. Keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh VERONIKA FEBIANA -
1. Strategi yang dapat guru terapkan adalah:
- Guru memberikan motivasi kepada Dani agar rajin membaca buku
- Guru melakukan tes baca kepada Dani dan memintanya menceritakan ulang yang dibaca
- Berikan bacaan yang sederhana agar Dani bisa memahami bacaan tersebut
- Guru dan Dani membaca buku sama sama dan melatih Dani mengenal kata kata baru

2. Metode yang dipakai untuk Siri agar dia memahami konsep perkalian dan pembagian salah satunya adalah membuat cerita sederhana yang melibatkan perkalian dan pembagian. Misalnya, "Jika ada 4 teman dan masing-masing memiliki 3 apel, berapa total apel yang ada?" Cerita membantu mengaitkan konsep abstrak dengan situasi nyata.
 
3. Guru dapat membantu Ahmad dengan cara menerapkan pengetahuan sains yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, guru bisa menghubungkan teori dengan aktivitas praktis dan relevan dengan dunia nyata.
Sebagai balasan VERONIKA FEBIANA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Namun, diperjelas lagi langkah-langkah/ strategi pembelajarannya, metode yang dipakai, dan bentuk/ kegiatan penerapannya. Sertakan evaluasi dari setiap poin yang dianalisis. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh SUNNESTA WIJAYA ADI SUKARDJOHAN -
1). guru dani memberikan motivasi kepada dani, sering mengajak dani untuk belajar membaca, dan agar dani merasa tertarik ajak dani untuk membaca kisah kisah dogeng yang ada gambarnya, lalu setelah dani sudah selesai membaca suruh dani untuk mengulas apa yang telah ia baca, ajarkan perlahan agar dani tidak merasa tertekan dan bosan.
2). guru siti membuat metode tabel perkalian, setiap mata pelajaran matematika ajak siti untuk menyetorkan hapalan perkalian, jika sudah bisa perkalian lanjut ke pembagian si guru bisa membuat metode menggunakan barang contoh nya benda apel untuk inspirasi pembagian dan perkalian
3). guru ahmad, membuat praktik sederhana untuk menanam sesuatu, agar membantu si ahmad memahami pengetahuan sains, contohnya menanam kacang hijau yang sederhana, mengamati tanaman, ajak menonton video edukadi pemahaman sains
Sebagai balasan SUNNESTA WIJAYA ADI SUKARDJOHAN

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Perjelas metode dan media yang dipakai apa. Keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh NUR SITA FEBRIYANTI -
1. untuk membantu Dani meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaannya adalah guru tetap kontrol perkembangan Dani agar tetap semangat dan guru pun memberikan sebuah contoh atau pembelajaran yang mungkin Dani mudah memahami nya.
2. mengajarkan konsep dengan benar,mengajarkan secara
kontekstual, menggunakan alat peraga,memberikan variasi
mengajar
3. membaca, eksperimen, melestarikan lingkungan, sosialisasi dan tanggap bencana gempa bumi, dan outdoor study, membantu ide ide solusi, membantu prototipe sebuah solusi, pengujian hasil solusi
3.
Sebagai balasan NUR SITA FEBRIYANTI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban bisa dianalisis lebih dalam dan dibuat lebih spesifik. Sertakan konteks yang jelas dari materi yang dibahas. Tambahkan evaluasi dari setiap poin yang dijelaskan. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh JIHAN AZZAH NABILA -
Jawaban nomor 1
• Berikan luang kesempatan membaca sebelum cerita didepan kelas, lalu guru membuat strategi bacaan yang memperbanyak gambaran-gambaran agar siswa tertarik
• Guru melakukan membaca secara bersama-sama
• Guru membaca dan memberikan intonasi-intonasi yang membuat siswa dapat fokus pada setiap kosa kata yang di ucap, lalu guru juga bisa memerintahkan siswa untuk melanjutkan membaca buku cerita agar siswa dapat membaca secara seksama
• Berikan pertanyaan yang sederhana dan menarik agar dapat memancing daya ingat dani dan guru dapat mengetahui progres dani dalam melatih kefokusannya

Jawaban nomor 2
Menggunakan metode demonstrasi dan metode eksperimen, metode demonstrasi seperti pentingnya peran guru terhadap pembelajaran (memberikan materi, menjelaskan dan membantu siswa saat pembelajaran berlangsung), dan metode permainan seperti guru memberikan soal perkalian atau pembagian secara lisan. Siswa yang bisa menjawab paling cepat dan benar akan mendapatkan poin. Guru bisa membagi siswa dalam beberapa tim untuk membuat permainan lebih kompetitif.

Jawaban nomor 3
Guru memberikan penjelasan bahwa air adalah sumber utama bagi kehidupan, baik kehidupan tanaman, hewan, dan manusia dan bagaimana jika air yang digunakan untuk makhluk hidup kotor atau terkontaminasi? Nah, siswa dapat mempelajari bagaimana Penjernihan air.

Kegiatan yang dilakukan mendaur ulang air yang kotor atau Penjernihan air sederhana, yaitu dengan siswa membuat proyek atau sesuatu seperti filter air (penyaringan air) dengan bahan utamanya adalah pasir, kerikil, arang, dan kapas untuk membersihkan air kotor tersebut. Selain kegiatan Penjernihan air, proyek guru yang dapat menghubungkan sains dengan kehidupan nyata seperti membuat kompos, siswa dapat mengumpulkan sisa-sisa makanan organik dari sekitar rumah, dan sekolah. Membuat kompos siswa dapat mengetahui bagaimana kompos dapat memperbaiki kualitas tanah. Lalu siswa juga dapat membuat proyek pengamatan tumbuhan selama beberapa minggu, Siswa dapat mempelajari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tumbuhan, seperti air, cahaya, dan jenis tanahnya.
Sebagai balasan JIHAN AZZAH NABILA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas materi yang dibahas, konteks materi yang dianalisis, dan evaluasi yang akan dilakukan. Semangat terus. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh NADYA JULIANA -
1. Guru dapat memulai dengan menciptakan area baca yang nyaman untuk Dani agar dia merasa nyaman saat membaca, kemudian melakukan penilaian awal untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca pada Dani, dan mendiskusikan topik atau cerita yang menarik baginya, sehingga buku yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan dapat digunakan untuk berlatih.
2. Guru dapat mengidentifikasi terlebih dahulu angka-angka atau operasi bilangan yang sudah maupun yang belum dikuasai oleh siti serta menyediakan alat peraga sederhana untuk meningkatkan proses pembelajarannya, dan memberikan motivasi pada setiap pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan serta minatnya
3. Guru dapat menyusun rencana untuk melakukan proyek eksperimen sederhana dilingkungan sekitar seperti proyek perubahan wujud suatu benda padat menjadi benda gas tanpa melalui proses cair.
Sebagai balasan NADYA JULIANA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Perjelas metode dan media yang dipakai apa. Keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh SHERLINE DWININGTHYAS -
1. Langkah untuk membantu Dani dengan memilihin bacaan yang dapat menarik minat Dani, Dani berdiskusi bersama teman setelah membaca, dan dapat menggunakan gambar atau video untuk memperjelas materi yang sedang di baca.
2. Metode untuk membantu Siti dengan menggunakan visual gambar hewan maupun buah buahan dalam perkalian maupun pembagian, jelaskan bahwa materi perkalian di pahami bukan di hafalkan, dan yang terakhir dapat melakukan kuis pertanyaan.
3. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu Ahmad dengan melakukan eksperimen eksperimen sederhana, contoh melarutkan betadine ke dalam air yang sudah dilarutkan vitamin c, dan berdiskusi kelompok tentang pengetahuan sains yang di pelajari
Sebagai balasan SHERLINE DWININGTHYAS

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Namun, diperjelas lagi langkah-langkah/ strategi pembelajarannya, metode yang dipakai, dan bentuk/ kegiatan penerapannya. Sertakan evaluasi dari setiap poin yang dianalisis. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh SYAHLA VIOLA BELLAMY -
1. - memberi arahan kepada Dani terkait Kesulitan dalam membaca
- memberi motivasi kepada Dani agar selalu rajin dalam membaca dan memahami makna dari bacaan tersebut
- memberi semangat kepada Dani agar siswa tersebut senang dan percaya diri sehingga suka membaca
2. - bermain puzzle hitung, Permainan ini bisa mengasah kemampuan berhitung dan kognitif
anak.
- melatih siti berhitung dengan menggunakan sempoa agar lebih mudah dalam menentukan perkalian dan juga pembagian
3. Membuat proyek sains yang lebih mudah
- contohnya Menanam dalam pot
Kegiatan ini memberikan pengalaman kepada siswa untuk mengenal lingkungannya melalui mengamati dan membedakan
 - membuat sains sederhana misalnya membuat tisu warna - warni
 
Sebagai balasan SYAHLA VIOLA BELLAMY

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban bisa dianalisis lebih dalam dan dibuat lebih spesifik. Sertakan konteks yang jelas dari materi yang dibahas. Tambahkan evaluasi dari setiap poin yang dijelaskan. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh WAHYU NUR HERMAWATI -
1.Pendekatan Pembelajaran Bertahap (Gradual Release of Responsibility):
Mulailah dengan membaca bersama-sama (guru dan siswa membaca bersamaan).Berlanjut ke membaca berpasangan dengan teman sebaya.Akhirnya, biarkan Dani membaca sendiri dengan bimbingan.
2.Menggunakan Alat Bantu Manipulatif: Gunakan alat bantu seperti balok, kancing, atau kelereng untuk membantu Siti memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dan pembagian sebagai pengurangan berulang.Alat bantu visual seperti gambar atau diagram juga dapat membantu Siti melihat pola dalam perkalian dan pembagian.
3.Eksperimen Sains di Lingkungan Sekitar:Bawa Ahmad keluar kelas untuk melihat proses sains yang terjadi di alam, seperti mengamati proses fotosintesis pada tanaman, mengukur suhu udara, atau mengeksplorasi ekosistem di sekitar sekolah.
4.Bawa Ahmad keluar kelas untuk melihat proses sains yang terjadi di alam, seperti mengamati proses fotosintesis pada tanaman, mengukur suhu udara, atau mengeksplorasi ekosistem di sekitar sekolah.
Sebagai balasan WAHYU NUR HERMAWATI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Perjelas metode dan media yang dipakai apa. Keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh EGGA CAHYA BEAUTY -
1.Pendekatan Pembelajaran Bertahap (Gradual Release of Responsibility):
Mulailah dengan membaca bersama-sama (guru dan siswa membaca bersamaan).Berlanjut ke membaca berpasangan dengan teman sebaya.Akhirnya, biarkan Dani membaca sendiri dengan bimbingan.
2.Menggunakan Alat Bantu Manipulatif: Gunakan alat bantu seperti balok, kancing, atau kelereng untuk membantu Siti memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dan pembagian sebagai pengurangan berulang.Alat bantu visual seperti gambar atau diagram juga dapat membantu Siti melihat pola dalam perkalian dan pembagian.
3.Eksperimen Sains di Lingkungan Sekitar:Bawa Ahmad keluar kelas untuk melihat proses sains yang terjadi di alam, seperti mengamati proses fotosintesis pada tanaman, mengukur suhu udara, atau mengeksplorasi ekosistem di sekitar sekolah.
4.Bawa Ahmad keluar kelas untuk melihat proses sains yang terjadi di alam, seperti mengamati proses fotosintesis pada tanaman, mengukur suhu udara, atau mengeksplorasi ekosistem di sekitar sekolah.
Sebagai balasan EGGA CAHYA BEAUTY

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban terdeteksi plagiat dengan mahasiswa sebelumnya. Silakan perbaiki dengan bahasa sendiri. Sertakan sumber yang mendukung untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh RAHMA RIZKY MEIDINA -
1. - Sediakan buku audio agar Dani dapat mendengarkan cerita sambil mengikuti teks.
- Berikan waktu tambahan untuk membaca secara pribadi dan dengan bimbingan guru.
- Pilih buku dengan banyak ilustrasi untuk menarik minat Dani dan membantu pemahaman konteks
2. - Ajarkan Siti bermain permainan matematika yang melibatkan perkalian dan pembagian , seperti domino angka atau permainan papan
- Gunakan alat seperti angka atau biji untuk membantuu Siti memahami konsep perkalian dan pembagian secara visual
3. kegiatan dan proyek yang bisa dilakukan dikelas
- Mengorganisir kunjungan lapangan ke tempat-tempat seperti kebun botani, pusat daur ulang atau pabrik pengolahan air untuk melihat aplikasi langsung konsep sains.
- Melakukan eksperimen praktis yang berkaitan dengan sehari-hari, seperto menguji efektivitas berbagai jenis pupuk pada pertumbuhan tanaman
Sebagai balasan RAHMA RIZKY MEIDINA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Namun, diperjelas lagi langkah-langkah/ strategi pembelajarannya, metode yang dipakai, dan bentuk/ kegiatan penerapannya. Sertakan evaluasi dari setiap poin yang dianalisis. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh MARIA THERESA YULIANTI MINGGU -
1. Langkah-langkah yang dapat di lakukan oleh guru untuk Dani adalah :
* Mengidentifikasi minat baca Dani. Mungkin ia lebih tertarik pada komik, majalah, atau buku bergambar.
* Membaca bersama : Bacakan buku untuk Dani, sambil menunjuk pada kata-kata dan menjelaskan gambar. Mengajak Dani membaca kata-kata sederhana.

2. Hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk Siti, yaitu :
* Visualisasi : Gunakan benda-benda konkret seperti: balok atau manik-manik untuk memperagakan konsep perkalian dan pembagian.
* Permainan : Mainkan permainan yang melibatkan perkalian dan pembagian seperti: ular tangga atau kartu bilangan.

3. Hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk Ahmad, yaitu :
* Proyek sains sederhana : Ajak Ahmad melakukan eksperimen sains sederhana dirumah atau sekolah. Misalnya, menanam tanamann, membuat gunung berapi dari soda kue dan cuka, atau mengamati perubahan cuaca.
* Kunjungan Lapangan : Ajak Ahmad mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan sains, seperti kebun raya, museum sains, dan laboratium.
* Diskusi kelompok : Ajak Ahmad berdiskusi dengan teman sekelasnya tentang penerapan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai balasan MARIA THERESA YULIANTI MINGGU

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Namun, diperjelas lagi langkah-langkah/ strategi pembelajarannya, metode yang dipakai, dan bentuk/ kegiatan penerapannya. Sertakan evaluasi dari setiap poin yang dianalisis. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh ICHA NATASYA -
1. - Sediakan buku audio agar Dani dapat mendengarkan cerita sambil mengikuti teks.
- Berikan waktu tambahan untuk membaca secara pribadi dan dengan bimbingan guru.
- Pilih buku dengan banyak ilustrasi untuk menarik minat Dani dan membantu pemahaman konteks
2. - Ajarkan Siti bermain permainan matematika yang melibatkan perkalian dan pembagian , seperti domino angka atau permainan papan
- Gunakan alat seperti angka atau biji untuk membantuu Siti memahami konsep perkalian dan pembagian secara visual
3. kegiatan dan proyek yang bisa dilakukan dikelas
- Mengorganisir kunjungan lapangan ke tempat-tempat seperti kebun botani, pusat daur ulang atau pabrik pengolahan air untuk melihat aplikasi langsung konsep sains.
- Melakukan eksperimen praktis yang berkaitan dengan sehari-hari, seperto menguji efektivitas berbagai jenis pupuk pada pertumbuhan tanaman
Sebagai balasan ICHA NATASYA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Jawaban oke
3. Jawaban masih umum. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh TIA AZZHARA -
1. Langkah yang dapat di ambil adalah sang guru bisa memberikan buku cerita yang menggunakan visual seperti gambar, ada juga audio visual seperti video cerita dimedia YouTube. Strategi yang dapat di ambil juga bisa dengan membaca cerita berulang kali dan memahami setiap bacan sedikit demi sedikit.

2. Cara mendukungnya dapat mendorong murid untuk memahami konsep perkalian dan pembagian. Metode atau alat yang digunakan dapat dengan visualisasi seperti balik angka atau objek lainnya agar murid lebih bisa paham dengan adanya gambar visualisasi, gunakan audio biasnya dengan suara atau nyanyian murid bisa lebih paham, contohnya nyanyian perkalian dan pembagian murid bisa lebih paham, ajari pembagian dan perkalian berulang contoh nya (5x3) = (5+5+5)=15

3. Guru bisa membantu murid dengan mengamati lingkungan seperti fotosintesis, kemudian guru bisa memberikan eksperimen kepada murid seperti larutan gula dan air. Beberapa kegiatannya contohnya seperti membuat model gunung berapi dari tanah liat kemudian menggunakan soda kue dan cuka untuk mensimulasikan letusan gunung berapi, selanjutnya pertumbuhan fotosintesis, contohnya siswa menanam biji yang berbeda misalnya dengan cahaya dan tanpa cahaya dan mencatat pertumbuhannya.
Sebagai balasan TIA AZZHARA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban bisa dianalisis lebih dalam dan dibuat lebih spesifik. Sertakan konteks yang jelas dari materi yang dibahas. Tambahkan evaluasi dari setiap poin yang dijelaskan. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh FARAHMITHA RAHMADINA -
1). langkah-langkah yang dapat diambil oleh guru untuk membantu Dani dalam meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaan ialah :
- memberikan waktu tambahan kepada Dani untuk membaca secara individual. Pendampingan pribadi hanya antara guru dan siswa (Dani) akan membuatnya merasa lebih nyaman dan lebih percaya diri. (semacam kelas tambahan / bimbingn belajar privat gratis)
-Memilih buku dengan tema yang menarik Dani dapat meningkatkan minatnya untuk membaca. Buku dengan gambar atau cerita pendek juga lebih mudah dipahami.
-Menerapkan Metode Membaca Bersama Teman (Pasangan): Dani harus berteman dengan teman sekelas yang lebih mahir membaca. Ini bisa membantunya merasa didorong untuk membaca tanpa tekanan.
-Menggunakan Metode Bersama: Guru membaca bersama siswa di depan kelas dan memberikan bimbingan dan penjelasan tentang konteks dan kata-kata yang sulit.




2). Cara Guru dapat mendukung Siti dalam memahami konsep perkalian dan pembagian dengan
Menggunakan Alat Peraga: Menggunakan media atau alat peraga semisal sepotong roti yang dibagikan ke beberapa teman (membuat cerita). Dan alat bantu seperti papan bilangan, blok matematis, atau manik-manik digunakan untuk menunjukkan konsep perkalian dan pembagian secara langsung.
menggunakan nyanyian yang mudah untuk dihafal tentang konsep perkalian dan Pembagian
Menggambarkan masalah matematika dalam konteks dunia nyata, misalnya, untuk membantu Siti memahami konsep tersebut.
Beri latihan perkalian dan pembagian yang konsisten dengan berbagai tingkat kesulitan dan beri umpan balik yang membangun.
memberi Siti sesi remedial untuk tetap fokus pada pelajaran tanpa tekanan dari teman-temannya, memungkinkannya mempelajari konsep yang sulit dipahami dengan lebih baik.



3). Cara yang bisa dilakukan guru untuk membantu Ahmad menerapkan pengetahuan sains yang telah dipelajari dalam situasi kehidupan sehari-hari
Beri siswa proyek kelompok untuk melakukan eksperimen sains sederhana di rumah dan kemudian membahasnya di kelas. Eksperimen tentang pertumbuhan tanaman dengan memahami proses fotosintesis adalah contohnya.
Mengajak siswa untuk mengamati apa yang terjadi di lingkungan mereka sehari-hari, seperti mengamati cuaca, tanaman, atau siklus air. Ahmad memiliki kemampuan untuk menyimpan catatan pengamatannya dan membagikannya di kelas.
Menggunakan video, dokumenter, atau sumber daya online yang menunjukkan bagaimana konsep sains digunakan dalam kehidupan nyata.
Sebagai balasan FARAHMITHA RAHMADINA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas materi yang dibahas, konteks materi yang dianalisis, dan evaluasi yang akan dilakukan. Semangat terus. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh MERY SEPTIANDARI -
Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:
1. Untuk Dani

> Pendekatan individual: Guru dapat memberikan perhatian khusus kepada Dani dengan menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuannya.
> Membaca bersama: Guru dapat membacakan cerita bersama Dani secara perlahan dan jelas, sambil mengajukan pertanyaan untuk memastikan pemahaman.
> Teknik membaca efektif: Ajarkan Dani teknik membaca seperti membaca keras-keras, membaca dalam hati, dan menandai bagian penting dalam teks.
> Visualisasi: Gunakan gambar atau diagram untuk membantu Dani memvisualisasikan cerita yang sedang dibaca.
> Menghubungkan dengan pengalaman: Bantu Dani menghubungkan isi bacaan dengan pengalaman pribadinya.
> Membuat ringkasan: Ajak Dani untuk membuat ringkasan singkat dari bacaan yang telah dibaca.
> Program membaca intensif: Jika diperlukan, guru dapat merujuk Dani pada program membaca intensif yang lebih terstruktur.

2. Untuk Siti:

> Visualisasi: Gunakan benda-benda konkret atau gambar untuk menjelaskan konsep perkalian dan pembagian. Misalnya, menggunakan kotak permen untuk menjelaskan perkalian atau membagi kue menjadi bagian-bagian yang sama.
> Permainan edukatif: Mainkan permainan yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian, seperti kartu perkalian atau ular tangga matematika.
> Latihan soal yang bervariasi: Berikan latihan soal yang bervariasi, mulai dari soal sederhana hingga soal cerita.
> Menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari: Berikan contoh-contoh soal cerita yang berkaitan dengan situasi sehari-hari, seperti menghitung jumlah buah dalam satu keranjang atau membagi uang saku.
> Gunakan alat bantu hitung: Jika diperlukan, Siti dapat menggunakan alat bantu hitung seperti sempoa atau kalkulator sederhana.

3. Untuk Ahmad:

> Proyek sains sederhana: Ajak Ahmad melakukan proyek sains sederhana di rumah atau di sekolah, misalnya membuat gunung berapi dari baking soda dan cuka atau menanam tanaman.
> Kunjungan ke tempat-tempat ilmiah: Ajak Ahmad mengunjungi museum sains, kebun raya, atau laboratorium untuk melihat penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan nyata.
> Diskusi kelompok: Ajak Ahmad berdiskusi dengan teman sekelasnya tentang penerapan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari.
> Menghubungkan dengan isu-isu terkini: Bahas berita atau artikel yang berkaitan dengan sains, seperti perubahan iklim atau teknologi terbaru.
> Membuat presentasi: Ajak Ahmad membuat presentasi tentang topik sains yang menarik baginya.
Sebagai balasan MERY SEPTIANDARI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Poin-poin yang dijelaskan cukup baik. Namun, analisis lebih dalam terkait langkah-langkah pembelajarannya dan bentuk evaluasinya seperti apa. Perjelas juga konteks materi yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh PRETI ANGGIYANI -
Penilaian Awal: Guru perlu melakukan penilaian awal untuk mengidentifikasi secara spesifik kesulitan yang dialami Dani. Apakah ia kesulitan dalam decoding (mengeluarkan suara dari huruf), fluency (kefasihan membaca), atau comprehension (pemahaman)?
Pendekatan Individual: Guru dapat memberikan bimbingan membaca secara individual atau dalam kelompok kecil. Ini memungkinkan guru untuk menyesuaikan tingkat kesulitan bacaan dan memberikan umpan balik yang lebih spesifik.
Membaca Nyaring: Guru dapat membacakan teks dengan ekspresif, lalu meminta Dani untuk mengikuti. Ini dapat membantu Dani mengembangkan kesadaran fonologis dan meningkatkan kefasihannya.
Teknik Chunking: Membagi teks menjadi potongan-potongan kecil dapat membantu Dani fokus pada bagian-bagian yang lebih kecil dan menghindari merasa kewalahan.
Visualisasi: Meminta Dani untuk membayangkan cerita saat membaca dapat membantu meningkatkan pemahamannya.
Gunakan Bahan Bacaan yang Menarik: Pilih bahan bacaan yang sesuai dengan minat Dani agar ia lebih termotivasi untuk membaca.
Kolaborasi dengan Orang Tua: Libatkan orang tua Dani dalam membantu meningkatkan kemampuan membacanya di rumah.
Kasus Siti: Memahami Konsep Perkalian dan Pembagian

Beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu Siti:

Visualisasi: Gunakan benda-benda konkret atau gambar untuk menjelaskan konsep perkalian dan pembagian. Misalnya, menggunakan kotak berisi pensil untuk menunjukkan perkalian.
Game dan Aktivitas Menyenangkan: Buat permainan matematika yang melibatkan perkalian dan pembagian. Ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
Menghubungkan dengan Kehidupan Sehari-hari: Berikan contoh-contoh nyata di mana perkalian dan pembagian digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti membagi kue atau menghitung jumlah buah.
Menggunakan Berbagai Strategi: Ajarkan berbagai strategi untuk menyelesaikan soal perkalian dan pembagian, seperti menggunakan tabel perkalian, gambar, atau kalkulator sederhana.
Latihan Teratur: Berikan latihan rutin yang bervariasi untuk memperkuat pemahaman Siti.
Kasus Ahmad: Menerapkan Pengetahuan Sains

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu Ahmad:

Proyek Sains: Libatkan Ahmad dalam proyek sains yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, membuat komposter untuk mempelajari tentang daur ulang atau menyelidiki pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman.
Kunjungan Lapangan: Ajak siswa untuk mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan sains, seperti kebun raya, museum sains, atau laboratorium.
Diskusi Kelompok: Dorong siswa untuk berdiskusi tentang penerapan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari.
Menghubungkan dengan Mata Pelajaran Lain: Integrasikan konsep sains dengan mata pelajaran lain seperti bahasa Indonesia atau matematika. Misalnya, menulis laporan tentang percobaan sains atau membuat grafik data hasil pengamatan.
Menggunakan Teknologi: Manfaatkan teknologi seperti simulasi, video, dan aplikasi pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.
Penting untuk diingat:

Setiap siswa unik: Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Guru perlu memberikan perhatian individual dan menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.
Lingkungan belajar yang positif: Ciptakan lingkungan belajar yang aman, mendukung, dan menyenangkan agar siswa merasa termotivasi untuk belajar.
Kolaborasi dengan orang tua: Libatkan orang tua dalam proses pembelajaran anak untuk memberikan dukungan tambahan di rumah.
Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, diharapkan para siswa di SD Harapan Bangsa dapat meningkatkan kemampuan literasi mereka dan menjadi pembelajar yang aktif dan berprestasi.
Sebagai balasan PRETI ANGGIYANI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas materi yang dibahas, konteks materi yang dianalisis, dan evaluasi yang akan dilakukan. Semangat terus. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh ALYA NABILA ANGELICA -
1.Membiarkan Dani membaca teks yang sama beberapa kali dalam sehari dapat memperkuat pemahaman dan kelancaran membaca dani lalu memberikan latihan yang berfokus pada arti kata dalam kalimat atau paragraf lalu memabantu Dani melalui teks dengan melibatkan tanya jawab untuk dani

2. untuk siti Manfaatkan benda fisik seperti kancing, blok, atau manik-manik warna warni untuk memvisualisasikan perkalian dan pembagian dan harus juga memotivasi Siti untuk terus berlatih dengan cara yang menyenangkan. Permainan seperti game bingo perkalian atau dengan permainan puzzle dan game game yang lain

3. untuk ahmad mengambil proyek daur ulang mungkin bisa bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan memilah sampah lalu Lakukan eksperimen sederhana seperti mendaur ulang kertas dengan menghancurkannya, merendamnya dalam air dan membuat kertas baru Ahmad akan mengerti bagaimana tindakan sehari-hari sampah bisa berkontribusi pada kelestarian lingkungan
Sebagai balasan ALYA NABILA ANGELICA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Perjelas metode dan media yang dipakai apa. Keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh EGGA CAHYA BEAUTY -
1. Pendekatan Pembelajaran Bertahap (Gradual Release of Responsibility): Awali dengan membaca bersama (guru dan siswa secara kolaboratif). Selanjutnya, lakukan membaca bareng siswa. Pada akhirnya,lalu biarkan Dani membaca secara mandiri dengan berbagai arahan.

2. Penggunaan Alat Bantu Manipulatif: Gunakan alat bantu seperti blok, kancing, atau kelereng untuk membantu Siti memahami perkalian sebagai penjumlahan berulang dan pembagian sebagai pengurangan berulang. Alat bantu visual, seperti gambar atau diagram, juga bisa membantu Siti mengenali pola dalam perkalian dan pembagian.

3. Eksperimen Sains di Lingkungan Sekitar: Ajak Ahmad keluar kelas untuk mengamati fenomena sains di alam, seperti fotosintesis pada tanaman, mengukur suhu udara yang ada, atau menjelajahi ekosistem di sekitaran sekolah.
Sebagai balasan EGGA CAHYA BEAUTY

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Perjelas kalimatnya agar menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan, misalnya pertama, kedua, selanjutnya, dsb. Ada penjelasan tentang setiap tahapannya.
2. Analisis lebih dalam tentang keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh RAMADAN NOOR MANDIRI -
1.PENDEKATAN BERTAHAP:Guru bisa memulai dengan memberikan bacaan yang sesuai dengan kemampuan Dani.bacaan ini sebaiknya lebih singkat dan kosakata yang lebih sederhana supaya Dani tidak merasa terbebani.
MEMBACA BERSAMA:Guru juga dapat melakukan kegiatan membaca bersama dengan kegiatan dapat membantu Dani mengurangi rasa takut dan frustasinya.
PENGUATAN POSITIF:Guru bisa memberikan pujian atau penghargaan kecil untuk setiap kemajuan Dani.dengan hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi dalam aktivitas membaca

2.PENDEKATAN KONKRET: Menggunakan benda nyata seperti kancing,batu, atau mainan kecil untuk membantu Siti memvisualisasikan operasi perkalian dan pembagian.dengan cara ini Siti bisa melihat konsep sebagai penambahan berulang, perkalian atau pembagian barang ke dalam kelompok-kelompok

PERMAINAN MATEMATIKA: menggunakan permainan yang melibatkan perkalian dan pembagian, seperti papan permainan atau permainan kartu, bisa membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

3.EKSPERIMEN LAPANGAN:Mengajak siswa keluar untuk melakukan eksperimen atau observasi alam, contohnya seperti mengukur suhu pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk memahami pemanasan global.

DISKUSI APLIKASI SAINS:Membahas bagimana konsep-konsep sains yang sudah dipelajari dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bagimana prinsip fotosintesis berkaitan dengan pertanian atau bagaimana prinsip gaya bekerja dalam mengendarai sepeda.
Sebagai balasan RAMADAN NOOR MANDIRI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
1. Jawaban bisa dibuat lebih spesifik lagi. Berikan contoh kegiatan konkretnya.
2. Analisis lebih dalam tentang keunggulan dari media tersebut apa, dsb.
3. Perjelas konteks kegiatan/ materinya. Sertakan penjelasan evaluasi dari setiap poin yang dibahas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh MOH ZAINURI TIHURUA -
1. Strategi Membantu Dani Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Pemahaman Bacaan

Guru dapat menggunakan beberapa langkah berikut untuk membantu Dani:

Pembelajaran Berbasis Kelompok Kecil: Tempatkan Dani dalam kelompok kecil untuk membaca bersama teman-teman dengan bimbingan guru. Ini membantu Dani merasa lebih nyaman dan mendapatkan dukungan langsung.


Penggunaan Grafik Organiser: Peta pikiran atau diagram alur membantu Dani merangkum dan menghubungkan ide-ide dari bacaan.




2 Penerapan Konsep melalui Permainan: Permainan seperti bingo matematika atau kartu flash dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif.


3. Membantu Ahmad Menerapkan Sains dalam Kehidupan Sehari-Hari

Proyek Eksperimen Berbasis Masalah: Ahmad bisa mengikuti eksperimen seperti membuat sistem penyaringan air sederhana atau menanam tumbuhan untuk mempelajari fotosintesis.
Sebagai balasan MOH ZAINURI TIHURUA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban bisa dianalisis lebih dalam dan dibuat lebih spesifik. Sertakan konteks yang jelas dari materi yang dibahas. Tambahkan evaluasi dari setiap poin yang dijelaskan. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh SOFWAN AZIMA -
Jawaban
1. Guru bisa memperkenalkan kosa kata sulit atau penting kepada Dani agar mempermudah Dani dalam memahami informasi yang ada dalam bacaan.
2. Guru bisa memperkenalkan tabel perkalian dan pembagian kepada siti agar dapat menghafal semua hasil perkalian dan pembagian.
3. Guru bisa mengajak siswa dalam membuat project gunung berapi mini dengan menggunakan baking soda, cuka, dan pewarna makanan. Hal itu dapat menimbulkan reaksi kimia antara asam dan basa.
Sebagai balasan SOFWAN AZIMA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa disertakan dengan contoh konkret, misalnya contoh kosakata sulit itu seperti apa, konsep pembagian yang dimaksud seperti apa, dan contoh beberapa proyek sains. Perdalam penjelasan dari ketiga poin tersebut. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh AISCHA FAYRANA -
1. Guru dapat memberikan bacaan yang lebih pendek dan mudah dipahami untuk Dani. Mereka juga bisa mencoba metode membaca bersama agar Dani lebih percaya diri. Selain itu, guru dapat memotivasi Dani dengan memberikan pujian kecil setiap kali ia berhasil membaca.
2. Guru dapat mengajarkan perkalian dengan menggunakan benda konkret seperti kancing atau biji-bijian. Menggunakan tabel perkalian yang menarik juga bisa membantu pemahaman Siti. Permainan interaktif seperti kuis matematika dapat melatih kemampuannya.
3. Guru dapat mengajak Ahmad melakukan proyek berkebun sederhana untuk memahami fotosintesis. Mengamati proses pertumbuhan tanaman memberikan pengalaman langsung. Kegiatan ini dapat membantu Ahmad menghubungkan konsep dengan kenyataan.
Sebagai balasan AISCHA FAYRANA

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Analisis bisa diperdalam lagi dengan memberikan beberapa alternatif tambahan. Semangat...
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh YUNDHA APRI YANTI -
1. Guru dapat memperkenalkan teknik membaca berulang untuk meningkatkan kepercayaan diri Dani. Menggunakan buku dengan gambar menarik juga bisa membantu. Selain itu, sesi membaca satu-satu dengan guru dapat mengurangi tekanan yang dirasakan Dani.
2.Guru bisa menggunakan gambar atau model visual untuk menjelaskan konsep perkalian dan pembagian. Siti juga bisa diajak bermain permainan papan yang melibatkan perkalian. Menggunakan aplikasi pembelajaran juga dapat memperkuat pemahaman konsepnya
3. Mengajak Ahmad mengamati siklus air dengan eksperimen sederhana di kelas bisa jadi pengalaman langsung. Guru juga bisa mengajak Ahmad membuat catatan harian tentang cuaca. Kegiatan ini memperkuat pemahaman Ahmad tentang fenomena alam.
Sebagai balasan YUNDHA APRI YANTI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Analisis bisa diperdalam lagi dengan memberikan beberapa alternatif tambahan. Semangat...
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh RANI JULIANI -
1. Memberikan bacaan bertahap yang sesuai level Dani dapat memudahkan pemahaman. Guru juga bisa menggunakan kartu kata untuk melatih kosa kata dasar. Membaca dalam kelompok kecil dapat membuat Dani merasa lebih nyaman.
2. Membuat tabel perkalian dengan warna-warni bisa membantu Siti menghafal angka. Guru juga dapat menggunakan lagu perkalian agar Siti lebih mudah mengingatnya. Aktivitas berkelompok juga bisa mendorong Siti memahami konsep dengan bantuan teman.
3. Guru bisa memberikan tugas untuk mengamati tanaman dan mencatat perubahan setiap hari. Ahmad juga bisa diajak membuat jurnal tentang siklus air. Proyek sederhana ini membantu menghubungkan sains dengan kehidupan.
Sebagai balasan RANI JULIANI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis yang diberikan logis. Namun, perdalam lagi dengan tambahan kutipan ahli/ sumber untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh WESTHY UTAMI -
1. Guru bisa membacakan cerita bersama Dani untuk membangun pemahamannya. Menggunakan alat bantu seperti kartu kata dapat membantu mengenalkan kata-kata kunci. Dani juga bisa diberi kesempatan membaca dalam kelompok kecil untuk mengurangi rasa takutnya.
2. Mengajarkan perkalian melalui kegiatan membagi kelompok benda bisa membuat Siti lebih mudah memahami. Guru juga bisa menggunakan kartu angka sebagai alat bantu. Selain itu, latihan secara bertahap dengan angka kecil sangat membantu.
3. Guru bisa membuat proyek daur ulang untuk mengajarkan tentang siklus materi. Ahmad juga bisa melakukan eksperimen tentang penguapan di lingkungan sekolah. Kegiatan ini memperlihatkan aplikasi sains secara praktis.
Sebagai balasan WESTHY UTAMI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi dengan memberikan alternatif lain dan kutipan ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat senyum
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh SAFFANA AYATIKA -
1. Untuk membantu Dani, guru dapat menerapkan pendekatan bertahap yang dimulai dari pembelajaran fonik untuk memperkuat keterampilan dasar membaca. Guru bisa menyediakan buku dengan teks sederhana yang dilengkapi gambar untuk membantu Dani memahami isi bacaan melalui konteks visual. Selain itu, membangun kepercayaan diri Dani dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan membaca dalam kelompok kecil atau secara individu terlebih dahulu, sebelum tampil di depan kelas. Aktivitas seperti diskusi interaktif setelah membaca dapat membantu Dani mengaitkan isi bacaan dengan pengalamannya sendiri, meningkatkan pemahaman dan minatnya terhadap membaca.

2. Guru dapat menggunakan pendekatan konkret-piktorial-abstrak (CPA) untuk membantu Siti memahami konsep perkalian dan pembagian. Sebagai langkah awal, guru bisa memperkenalkan manipulatif seperti kancing, balok, atau benda nyata lainnya untuk menunjukkan konsep pengelompokan dan distribusi. Setelah itu, guru bisa menggunakan gambar atau diagram sebagai representasi visual sebelum beralih ke bentuk abstrak seperti angka dan simbol. Permainan edukatif, seperti bingo matematika atau kuis kelompok, juga bisa digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan meningkatkan pemahaman operasional Siti.

3. Untuk Ahmad, guru dapat merancang proyek berbasis masalah (problem-based learning) yang melibatkan penerapan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, proyek membuat filter air sederhana untuk memahami siklus air atau menanam tanaman untuk mengamati fotosintesis secara langsung. Guru juga dapat mengajak siswa untuk mengidentifikasi masalah di sekitar mereka, seperti pengelolaan sampah, dan bekerja sama untuk mencari solusinya dengan menggunakan prinsip-prinsip sains. Dengan cara ini, Ahmad akan lebih memahami relevansi sains dalam kehidupan nyata, sekaligus mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Sebagai balasan KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 2

oleh WAHYUDI ALMADANI -
Strategi untuk Membantu Dani dalam Membaca dan Pemahaman Bacaan:
Menyediakan bacaan berjenjang yang sesuai dengan tingkat kemampuan Dani untuk membangun kepercayaan dirinya.
Menggunakan metode membaca berpasangan atau "buddy reading" dengan teman yang lebih mahir agar ia merasa didukung.
Menggunakan pendekatan membaca interaktif seperti membaca bersama dalam kelompok kecil dengan bimbingan guru untuk membantu pemahaman.
Dukungan Guru untuk Siti dalam Memahami Perkalian dan Pembagian:
Menggunakan alat peraga seperti blok matematika, tabel perkalian, atau benda konkret untuk memvisualisasikan konsep perkalian dan pembagian.
Permainan matematika interaktif yang melibatkan perkalian dan pembagian, seperti kartu perkalian, untuk meningkatkan pemahaman dengan cara yang menyenangkan.
Menerapkan teknik belajar kinestetik, seperti aktivitas menghitung dengan langkah atau tangan, yang dapat membantu Siti memvisualisasikan konsep tersebut.
Kegiatan untuk Membantu Ahmad Menerapkan Pengetahuan Sains dalam Kehidupan Sehari-hari:
Proyek penanaman tanaman untuk mengamati proses fotosintesis secara langsung, termasuk mengukur pertumbuhan tanaman.
Kegiatan eksperimen sederhana di rumah seperti mengamati siklus air melalui proses penguapan dan kondensasi dengan kaca dan air di bawah sinar matahari.
Studi kasus masalah lingkungan di sekitar, seperti pentingnya air bersih atau daur ulang, untuk membantu Ahmad memahami relevansi sains dengan isu-isu nyata.
Sebagai balasan WAHYUDI ALMADANI

Re: Diskusi 2

oleh KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik. Tambahkan pendapat ahli/ sumber rujukan untuk memperkuat argumen. Semangat dan semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.