Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pentingnya pemetaan sosial bagi pembangunan desa

Pentingnya pemetaan sosial bagi pembangunan desa

by 'AISYAH 'AISYAH -
Number of replies: 3

Pemetaan sosial merupakan langkah pertama yang dapat diambil untuk pembangunan desa yang lebih baik. Pemetaan sosial sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial, ekonomi, budaya, kelompok rentan, usia, potensi alam, sumber daya manusia, finansial, infrastruktur,  komunitas masyarakat serta data-data lainnya yang berhubungan secara langsung dengan masyarakat desa. Untuk itulah pemetaan sosial bisa dijadikan basis data dalam pembangunan desa. 

 

Bisa jadi faktor utama terhambatnya pembangunan desa dikarenakan tidak dilakukan pemetaan sosial. Padahal kegiatan pemetaan sosial merupakan kegiatan yang sangat penting untuk memahami kondisi masyarakat desa sehingga dapat dijadikan rangka dalam perencanaan model pemberdayaan masyarakat di desa. 

In reply to 'AISYAH 'AISYAH

Re: Pentingnya pemetaan sosial bagi pembangunan desa

by RIKO RAHMAN -
Bagaimana solusi dari kakak terkait hambatan desa yang tidak dilakukan pemetaan sosial?
Apa yang harus dilakukan diawal sebelum pemetaan sosial?
In reply to RIKO RAHMAN

Re: Pentingnya pemetaan sosial bagi pembangunan desa

by NAUFAL FA'IQ NURZAKI -
Sebelum melakukan pemetaan sosial langkah awal yang perlu dilakukan yaitu membuat desain survey untuk mencari data-data sebagai berikut:
1. Data geografi yang terdiri dari letak wilayah, topografi, aksesibiltas lokasi dan lain-lain.
2. Data demografi yang terdiri dari jumlah penduduk, komposisi penduduk menurut usia jenis kelamin, mata pencaharian, agama, pendidikan, jumlah penduduk miskin (pra sejahtera dan sejahtera 1 lainnya) dan lainnya.
3. Data kondisi sosial budaya, kearifan lokal (local wisdom), adat istiadat, karakteristik masyarakat, pola hubungan antar masyarakat, kekuatan sosial/modal sosial yang berpengaruh dan lainnya.

Dengan adanya desain survey pencarian data-data diatas akan lebih mudah sehingga pemetaan sosial dapat berjalan dengan baik. Pemetaan sosial yang baik akan diketahui kondisi fisik dan non fisik wilayah calon sasaran program serta karakteristik masyarakat. Selanjutnya, dari kondisi yang ada dapat diperoleh potensi serta permasalahan ayah calon sasaran program.
In reply to 'AISYAH 'AISYAH

Re: Pentingnya pemetaan sosial bagi pembangunan desa

by Muhammad Faris Nizam -
Ijin berpendapat , menurut pendapat saya, sebelum terjun kelapangan melakukan pemetaan sosial didaerah desa tersebut akan lebih baik apabila kita mengenali secara umum mengenai kondisi didesa tersebut seperti adat istiadat dan juga budaya ,hal dapat memudahkan petugas pemetaan dalam berbaur dengan masyarakat di desa. Sehingga data pemetaan sosial dapat diperoleh dengan lebih mudah dan lebih cepat.