Forum Diskusi 2: Komunikasi

Komunikasi verbal dan non verbal

Komunikasi verbal dan non verbal

by SALMA SALSABILA -
Number of replies: 1

Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi antar individu maupun kelompok dengan adanya makna atau tujuan yang ingin disampaikan. Pesan atau informasi yang disampaikan dalam proses komunikasi dapat berupa komunikasi verbal atau komunikasi non-verbal. Secara umum, komunikasi verbal merupakan komunikasi yang berbentuk lisan ataupun tulisan, contohnya adalah dalam penggunaan kata-kata. Sedangkan komunikasi non-verbal merupakan komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, contohnya menggunakan bahasa tubuh seperti mimik wajah dan gerakan tangan, serta intonasi suara dan kecepatan berbicara.
Komunikasi verbal berupa kata-kata yang diucapkan langsung secara lisan yang dapat dilakukan secara langsung bertatap muka atau dengan perantara media, contohnya berinteraksi menggunakan sosial media atau telepon genggam. Sedangkan komunikasi verbal yang melalui tulisan bisa dilakukan menggunakan media seperti surat, postcard, chating di media sosial, dan sebagainya.

In reply to SALMA SALSABILA

Re: Komunikasi verbal dan non verbal

by IMBAR NOVANSYAH -
izin untuk memberikan sedikit pemahaman yang saya ketahui tentang komunikasi verbal dan non verbal... verbal dan non verbal adalah salah satu bentuk komunikasi yang saling melengkapi dan berkolaborasi.. komunikasi verbal dan non verbal adalah satu kesatuan bentuk untuk memberikan daya saat berkomunikasi, power, empaty dan simpaty... komunikasi adalah soal bahasa dan rasa. terimakasih syukron