Pentingnya memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam konteks pengembangan karakter siswa di SD/MI terdapat pada beberapa hal:
1. Pengembangan Kemampuan Berbahasa: Bahasa merupakan alat utama komunikasi, dan penguasaan bahasa Indonesia dengan baik akan membantu siswa mengungkapkan ide, perasaan, dan pemikirannya secara efektif. Ini penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan logistik.
2. Pembentukan Karakter Moral dan Etika: Melalui pembelajaran sastra, siswa dapat mengenal berbagai nilai moral dan etika yang terkandung dalam cerita, puisi, dan drama. Mereka dapat memahami nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama.
3. Penghargaan terhadap Budaya: Bahasa dan sastra Indonesia mengandung nilai-nilai budaya lokal dan nasional. Pemahaman ini dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air serta memperkuat identitas nasional siswa.
4. Kreativitas dan Imajinasi: Pembelajaran sastra juga memfasilitasi perkembangan imajinasi dan kreativitas siswa. Mereka diajak untuk berpikir secara kreatif melalui kegiatan seperti menulis cerita atau menganalisis karya sastra.
5. Pengembangan Kemampuan Sosial: Melalui diskusi, presentasi, dan kelompok kerja, pembelajaran bahasa dan sastra mengajarkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, berempati, dan menghargai pendapat orang lain.
Secara keseluruhan, prinsip-prinsip dasar ini berfungsi untuk mendukung perkembangan intelektual dan karakter siswa yang seimbang, yang mencakup kecerdasan emosional, moral, sosial, dan budaya.