Diskusi Sesi Ke-1

Menjawab pertanyaan sesi 1

Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh ANA TRIANA WULANDARI -
Jumlah balasan: 4

Memahami prinsip pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks pengembangan karakter siswa sangat penting, terutama dalam pembelajaran drama, karena drama memiliki peran khusus dalam membentuk kepribadian, nilai-nilai moral, dan keterampilan sosial siswa. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya pemahaman ini:

1. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif
Dalam drama, siswa diajak untuk memahami alur cerita, tokoh, dan konflik yang ada. Mereka dilatih untuk berpikir kritis dalam menganalisis situasi dan mengembangkan kreativitas dalam mengekspresikan karakter yang dimainkan.

3. Memperkuat Nilai Moral dan Etika
Drama sering kali mengandung pesan moral dan etika yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diajak untuk mempelajari nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, keberanian, kerja keras, dan keadilan melalui cerita yang disajikan dalam drama.

4. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi dan Bekerja Sama
Dalam drama, siswa harus berkomunikasi dengan baik, baik dalam dialog maupun interaksi nonverbal, sehingga keterampilan bahasa mereka berkembang.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Ekspresi Diri
Siswa yang terlibat dalam drama akan belajar untuk tampil di depan umum, yang membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Sebagai balasan ANA TRIANA WULANDARI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Saya juga setuju dengan beberap hal di atas, sebelumnya izin menanggapi dibagian point pertama🙏
Dalam mementaskan suatu drama, siswa perlu mengekspresikan perannya pada drama tersebut sesuai dengan perannya. Namun, yang seringkali terjadi pada siswa sekolah dasar yang memiliki berbagai karakter dalam satu kelas yang berbeda terlebih pada siswa sekolah dasar yang introvert/pemalu, superaktif dan susah diajak untuk mendalami dan mengekspresikan perannya dalam drama. Bagaimana cara kita dalam mengatasi hal tersebut?🙏
Sebagai balasan JUMIYATI JUMIYATI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh NUR HALIZSAH ANDINI -
halooo izin untuk menjawab

Untuk mengatasi perbedaan karakter siswa dalam drama:
1. Memberikan peran sesuai karakter karena untuk menyesuaikan peran dengan kepribadian siswa, seperti memberi peran kecil atau narator bagi siswa introvert, dan peran yang lebih aktif bagi siswa superaktif.
2. Melakukan latihan secara bertahap karena mulai dengan latihan sederhana dan peran kecil agar siswa terbiasa dan nyaman berekspresi.
3. Pendekatan secara personal dengan memberikan dukungan dan motivasi secara individu untuk membangun kepercayaan diri siswa.
4. Melalui kerja kelompok dengan melibatkan siswa dalam kelompok kecil untuk menciptakan rasa aman dan kolaborasi. Dalam pembagian kelompok ini bisa dilakukan secara heterogen dimana bisa dilihat dari kemampuan siswa, jenis kelamin, maupun suku dan lainnya.
5. Melakukan improvisasi fleksibel karena dengan menggunakan teknik improvisasi agar siswa lebih bebas mengekspresikan diri tanpa terlalu terikat pada naskah. Dalam hal ini siswa dapat lebih bebas untuk mengekpresikan kegiatannya dalam hal yang positif.

Semoga membantu, bila ada kesalahan jangan lupa untuk dikoreksi. Mari kita sama-sama belajar dan berdiskusi bersama. Terima kasih
Sebagai balasan ANA TRIANA WULANDARI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh RENY WIDYA ASTUTI -
Izin terkait beberapa poin yang telah disampaikan, saya ingin bertanya mengenai poin pertama, yang menjelaskan bahwa dalam drama, siswa akan diajak untuk memahami alur cerita, tokoh, dan konflik. Mereka dilatih untuk berpikir kritis dalam menganalisis situasi dan mengembangkan kreativitas dalam mengekspresikan karakter yang dimainkan. Pertanyaan saya, bagaimana penerapan materi drama di kelas dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka, khususnya dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar (SD)? Apakah ada metode khusus yang digunakan untuk memastikan bahwa siswa akan aktif berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari kegiatan drama tersebut? Selain itu, apakah ada contoh konkret bagaimana drama telah berkontribusi pada pengembangan karakter siswa di sekolah, terutama di tingkat Sekolah Dasar?
Sebagai balasan RENY WIDYA ASTUTI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Hallo👋
Izin menjawab yaa, untuk pertnyaan pertama tentang bagaimana cara menerapkan materi drama di kelas dapat membantu siswa mengembanhkan keterampilan sosial dan emosional mereka melalui drama yakni terdapata pada jawaban salah satu teman kita yakni saudara Wahyu, yang saya kutip "saat mereka memerankan tokoh dalam drama, mereka belajar untuk memahami perasaan orang lain, jadi ini bisa menumbuhkan rasa empati sejak dini. peserta didik jadi tahu bagaimana rasanya berada di posisi orang lain, misalnya saat memerankan karakter yang sedang menghadapi kesulitan, mereka bisa belajar tentang rasa peduli dan bagaimana harus bersikap baik kepada orang lain".
Untuk memahami lebih lanjut bisa dibaca di jawaban saudara wahyu tersebut yaaa😊. 
 
Selanjutnya, untuk pertanyaan kedua dalam memastikan siswa berpartisipasi aktif dan memperoleh manfaat dari drama tersebut yakni dapat melalui beberapa cara teman-teman. Salah satunya yaitu sebagai pengajar perlu mengamati seluruh peserta didik baik yang berperan dalam drama mengikuti dan mengikuti pelatihan mengekspresikan cerita drama tersebut sesuai dengan alur carita yang dibuat secara berkala dengan membagikan kelompok belajar siswa sehingga seluruh siswa ikut berperan aktif selama pembelajaran drama itu berlangsung. Nah jika ada pertanyaan ketika drama hanya dilibatkan kepada sebagian siswa yg berperan, lalu yang tidak mengikuti drama bagaimana? Disini guru dapat memberikan tugas kepada siswa yg menonto untuk mengamati drama tersebut yang nanti mereka akan menyimpulkan baik itu unsur-unsur drama atau pesan moran yg tersirat dalam drama tersebut. 
Jika tidak cukup waktu bagaimana? 
Pada pembelajaran berikutnya mereka dirolling sehingga seluruh siswa berperan aktif dalam mengekspresikan kemampuan merekaa.
 
Terakhir, apakah ada bukti konkret dengan drama dapat mengembangan karakter siswa SD/MI? 
Jawabannya ada teman-teman, banyak sekali bukti melalui drama dapat mengembangkan karakter siswa sekolah Dasar yaitu dapat dilihat di berbagai jurnal penelitian dari tahun ketahun yg mengimplementasikan pembelajaran dalam kontes drama untuk mengembangkan karakter siswa, salah satunya teman-teman bisa membaca jurnal yang berjudul "Pentingnya Pembelajaran Apresiasi Drama terhadap penguatan pendidikan Karakter" oleh May Cahyani A. dkk. 
Untuk filenyaa saya save di bawah yaa bisa teman-teman buka🙌