Diskusi Sesi Ke-1

Menjawab pertanyaan sesi 1

Menjawab pertanyaan sesi 1

by WAHYU RAMDHAN -
Number of replies: 3

Menurut saya, drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI itu sangat penting untuk pengembangan karakter siswa, Bu. Lewat drama, peserta didik bisa belajar banyak hal yang bukan cuma soal bahasa, tapi juga tentang nilai-nilai sosial dan moral.

Misalnya, saat mereka memerankan tokoh dalam drama, mereka belajar untuk memahami perasaan orang lain, jadi ini bisa menumbuhkan rasa empati sejak dini. peserta didik jadi tahu bagaimana rasanya berada di posisi orang lain, misalnya saat memerankan karakter yang sedang menghadapi kesulitan, mereka bisa belajar tentang rasa peduli dan bagaimana harus bersikap baik kepada orang lain.

Selain itu, drama juga mengajarkan kerja sama. Karena kan dalam drama nggak bisa jalan sendiri, semua peran saling berkaitan. Mereka harus belajar bekerja sama, berbagi tugas, dan saling mendukung satu sama lain agar drama berjalan dengan baik. Ini akan membantu membangun sikap tanggung jawab dan kemampuan berkolaborasi.

Tidak hanya itu, drama juga melatih keberanian dan rasa percaya diri peserta didik. Ketika mereka tampil di depan teman-temannya, mereka belajar untuk mengatasi rasa gugup dan percaya pada kemampuan mereka. Ini penting banget, karena bisa membantu mereka lebih percaya diri dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat berbicara di depan kelas atau berinteraksi dengan orang lain.

Terakhir, drama juga bisa memperkaya kreativitas dan imajinasi mereka. peserta didk diajak untuk berimajinasi, memikirkan berbagai skenario dan bagaimana memerankan karakter. Ini membantu mereka berpikir lebih kreatif dan juga mengasah keterampilan problem-solving.

Jadi, menurut saya, drama bukan hanya menyenangkan untuk dipelajari, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk pengembangan karakter siswa SD/MI secara keseluruhan. Gimana menurut teman-teman?

In reply to WAHYU RAMDHAN

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

by JUMIYATI JUMIYATI -
Saya sangat sepakat melalui drama banyak manfaat yang didapatkan oleh siswa dari berbagai aspek selain keterampilan juga menanamkan karakter sosial yg baik bagi peserta didik. Izin bertanya nih teman-teman, untuk mementaskan suatu drama untuk proses pembelajaran itu memerlukan waktu, sumber daya serta pelatihan yang kompleks dan panjang. Bagaimana pendapat teman-teman apakah ada solusi untuk menyederhanakannya sehingga drama bisa diterapkan pada proses pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan waktu KBM berlangsung.

Terimakasih, ayok kitaa diskusi bersama🙏
In reply to JUMIYATI JUMIYATI

Re: Menjawab pertanyaan sesi 1

by NUR HALIZSAH ANDINI -
Izin untuk menjawab

Untuk menyederhanakan penerapan drama dalam pembelajaran, beberapa solusi bisa dipertimbangkan:

1. Menampilkan/mebuat drama Mini dengan menggunakan skenario pendek dengan durasi sekitar 5-10 menit, fokus pada topik pembelajaran tertentu.
2. Melakukan Improvisasi dengan melatih siswa melakukan improvisasi tanpa naskah panjang (menggunakan naskah pendek), agar lebih fleksibel dan cepat.
3. Peran Kelompok dalam hal ini siswa akan dibagi dalam kelompok kecil untuk mempermudah pengelolaan waktu dan partisipasi aktif.
4. Integrasi Mata Pelajaran menggabungkan drama dengan pelajaran lain (seperti bahasa atau sejarah maupun mata pelajaran yang lain), agar lebih relevan dan efisien.
5. Melakukan latihan secara bertahap hal ini dilakukan latihan singkat secara berkala selama KBM, tanpa perlu pelatihan intensif.

semoga bisa membantu, jika ada kesalahan bisa dikoreksi mari kita sama-sama belajar.