Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Alasan utama urgensi pemetaan sosial

Alasan utama urgensi pemetaan sosial

by OKKY OCTAVIANI -
Number of replies: 1
  1. Pendekatan manusia dan lingkungannya yaitu pentingnya keberadaan seseorang dalam masyarakat harus diketahui siapa dirinya, persoalan dan resources apa yang tersedia untuk menjawab persoalannya tersebut.

  2. Sejarah, status dan perkembangan masyarakat., perlu diketahui agar pekerja sosial tidak kesulitan dalam memotret nilai-nilai,sikap, tradisi yang ada di dalam manyarakat.

  3. Perubahan dalam masyarakat. Baik secara individu maupun kelompok yang ada didalam masyarakat bergerak dalam kekuasaan, perubahan ekonomi,- sumber pendanaan Individu-individu dan kelompok-kelompok bregerak kedalam. Perubahan kekuasaan, struktur ekonomi, sumber pendanaan dan peranan masyarakat.

In reply to OKKY OCTAVIANI

Re: Alasan utama urgensi pemetaan sosial

by Anis Dwi Lestari -
Ijin menambahkan, sebagaimana tujuan dari pemetaan sosial untuk memahami potensi, modal sosial, dan mengenali pelaku pemberdaya masyarakat setempat. Tentunya dengan pemetaan sosial, pemberdaya akan lebih memahami kebutuhan dan masalah yang dialami oleh masyarakat. Nothing about us without us: tidak ada tentang kami tanpa kami. Program pemberdayaan tidak akan menciptakan kepuasan bagi masyarakat tanpa melihat dari sudut pandang masyarakat tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemetaan sosial ialah salah satu tahap penting dalam merencanakan sebuah program.