Untuk menerapkan konsep pembelajaran bahasa dan sastra di SD/MI, dapat menggunakan pendekatan :
1. Menyimak:
- Cerita Mendengarkan : Bacakan cerita-cerita rakyat atau dongeng yang kaya akan nilai budaya dan bahasa. Diskusikan isi cerita dengan siswa untuk mengasah pemahaman mereka.
2. Berbicara :
- Diskusi Kelas : Setelah membaca cerita atau buku, adakan diskusi tentang karakter, tema, dan moral cerita untuk melatih keterampilan berbicara dan berpikir kritis.
3. Membaca :
- Kegiatan Membaca Bersama : Baca buku atau cerita bersama di kelas dan lakukan kegiatan yang melibatkan siswa dalam membaca lantang atau berpasangan.
4. Menulis :
- Menulis Kreatif : Dorong siswa untuk menulis cerita pendek, puisi, atau esai tentang tema yang mereka minati. Berikan umpan balik dan apresiasi atas karya mereka.
5. Apresiasi Karya Sastra :
- Pengenalan Genre : Kenalkan berbagai genre sastra, seperti fabel, legenda, atau puisi, dan diskusikan ciri-cirinya.
Pembelajaran bahasa dan sastra yang terintegrasi sejak dini akan memberikan fondasi yang kuat bagi perkembangan kognitif dan sosial emosional siswa. Dengan demikian, siswa akan tumbuh menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.