Diskusi Sesi Ke-3

menjawab pertanyaan sesi 3

Re: menjawab pertanyaan sesi 3

by AFIFAH AFRA AMATULLAH -
Number of replies: 0
Halo kak izin menjawab, tolong koreksinya jika ada kesalahan

Untuk refleksi dalam pembelajaran kontekstual, tujuan utamanya adalah memastikan siswa benar-benar memahami materi yang telah diajarkan serta mampu mengaitkannya dengan pengalaman nyata mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan refleksi dari kegiatan menulis deskripsi tentang lingkungan sekolah atau tempat favorit mereka:

Jurnal Reflektif: Setelah siswa menyelesaikan tugas menulis, minta mereka menulis jurnal reflektif. Dalam jurnal ini, siswa bisa menjawab beberapa pertanyaan, seperti:

Apa yang mereka pelajari dari menulis tentang lingkungan sekolah atau tempat favorit?
Apa kesulitan yang mereka hadapi dalam menulis deskripsi tersebut?
Bagaimana pengalaman langsung mereka di lingkungan tersebut membantu mereka dalam menulis?
Bagaimana kegiatan ini membantu mereka memahami materi lebih baik?
Jurnal ini dapat memberi siswa kesempatan untuk merenungkan proses pembelajaran dan mengidentifikasi apa yang telah mereka pelajari.

Diskusi Refleksi: Ajak siswa melakukan diskusi terbuka di kelas setelah tugas menulis selesai. Guru bisa memimpin diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan reflektif, seperti:

Apa yang baru kamu sadari tentang lingkungan sekolah atau tempat favoritmu setelah menulis deskripsi ini?
Bagaimana pengalaman kamu menulis deskripsi ini dapat membantu kamu menulis teks deskriptif lain di masa depan?
Apakah ada hal-hal yang ingin kamu perbaiki dari tulisanmu setelah mendengar pendapat teman atau guru?
Diskusi ini tidak hanya membantu siswa merenungkan tulisan mereka, tetapi juga memungkinkan mereka mendengarkan perspektif dari teman-teman mereka.

Kartu Refleksi: Berikan kartu refleksi kecil kepada siswa dan minta mereka menuliskan satu hal yang mereka pelajari dari kegiatan menulis tersebut dan satu hal yang masih ingin mereka pahami lebih lanjut. Ini adalah cara singkat dan efektif untuk mengetahui pemahaman siswa secara individu dan melihat apakah ada konsep yang perlu dijelaskan lebih lanjut.

Presentasi atau Pameran Karya: Siswa dapat mempresentasikan hasil tulisan mereka kepada teman sekelas. Setelah presentasi, mereka dapat merefleksikan bagaimana umpan balik dari teman-teman atau guru membantu mereka meningkatkan pemahaman tentang materi atau memperbaiki tulisan. Ini juga memberi kesempatan siswa untuk merenungkan apa yang mereka capai dan apa yang bisa mereka perbaiki di masa depan.

Evaluasi Diri: Siswa dapat diberikan rubrik penilaian diri untuk mengevaluasi tulisan mereka sendiri. Mereka bisa menilai aspek-aspek seperti kejelasan deskripsi, penggunaan detail yang sesuai, dan keterkaitan tulisan mereka dengan lingkungan nyata. Setelah menilai, mereka bisa menuliskan refleksi tentang bagian mana yang sudah baik dan bagian mana yang perlu ditingkatkan.

Dengan metode refleksi ini, siswa tidak hanya mengevaluasi hasil akhir, tetapi juga memahami proses berpikir mereka selama pembelajaran dan bagaimana pembelajaran itu relevan dengan kehidupan nyata mereka.