Diskusi Sesi Ke-3

Menjawab pertanyaan sesi 3

Re: Menjawab pertanyaan sesi 3

by NUR HALIZSAH ANDINI -
Number of replies: 0
Izin ya kak untuk menjawab pertanyaannya

Untuk melakukan penilaian oleh teman atau orang lain dalam penerapan prinsip kontekstual pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, langkah-langkah berikut bisa diterapkan:
1. Penilaian Sejawat (Peer Assessment): Setelah siswa membaca cerita dan berdiskusi, setiap siswa dapat diminta untuk menilai kontribusi temannya menggunakan rubrik sederhana yang mencakup aspek seperti:
-Keaktifan dalam diskusi: Apakah siswa aktif memberikan pendapat?
-Kualitas kontribusi: Apakah ide-ide yang disampaikan relevan dan jelas?
-Kerjasama dalam kelompok: Bagaimana interaksi siswa dengan teman-temannya?
Perlu diperhatikan bahwa dalam penilaian antar teman ini sebagai guru harus memperhatikan dan memberikan indikator yang jelas agar pada saat penilain berlangsung sesuai dengan kegiatan yang dilakukan atau tepat sasaran.

2. Observasi oleh Orang Lain: Misalnya, petugas kebersihan sekolah dapat dilibatkan untuk mengamati perubahan perilaku siswa terkait kebersihan setelah diskusi. Mereka bisa memberikan masukan tentang tindakan nyata yang dilakukan siswa dalam menjaga kebersihan sekolah. Dalam hal observasi orang lain ini bisa saja pihak sekolah seperti guru, petugas kebersihan (opas), maupun orang tua juga ikut terlibat dengan ikut memberikan penilaian berdasarkan hasil observasinya dengan adanya buku catatan kebersihan yang dimiliki oleh sekolah untuk mendapatkan informasi bahwa setelah siswa belajar tentang kebersihan lingkungan kemudian mempraktekan dalam kehidupan nyata.

3. Penilaian Diri (Self-Assessment): Siswa juga bisa diminta untuk melakukan refleksi tentang partisipasi mereka dalam diskusi dan upaya menjaga kebersihan, sehingga melibatkan penilaian mandiri. Dalam penilain diri ini tanggung jawab penuh siswa tersebut untuk memberikan penilaian dirinya apakah ada perbaikan setiap proses yang telah dia lakukan.

Cara ini menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan pihak lain dalam proses penilaian.
 
Terima kasih.