Diskusi Sesi Ke-3

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 3

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi 3

oleh NUR HALIZSAH ANDINI -
Jumlah balasan: 0
Izin ya kak untuk menjawab pertanyaannya

Untuk menyusun pembelajaran bahasa Indonesia yang terpadu, prinsipnya adalah mengintegrasikan unsur-unsur bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik) dalam satu kegiatan pembelajaran sehingga siswa memahami bahwa keempat unsur tersebut selalu digunakan bersama dalam praktik berbahasa. langkah-langkah berikut dapat diterapkan:
1. Pilih Tema atau Topik Pembelajaran: Tentukan topik yang menarik dan sesuai dengan tingkat kelas, misalnya "Kehidupan di Sekolah".
2. Gabungkan Keterampilan Berbahasa: Setiap keterampilan (menyimak, berbicara, membaca, menulis) dapat mencakup semua unsur bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik). Misalnya, saat siswa mendengarkan cerita (menyimak), mereka juga belajar intonasi (fonologi), mengenali kata (morfologi), memahami struktur kalimat (sintaksis), dan makna cerita (semantik).
3. Berikan Tugas Terpadu: Misalnya, tugas menceritakan pengalaman di sekolah. Dalam tugas ini, siswa:
Menggunakan kata yang tepat (morfologi),
Menyusun kalimat dengan struktur yang benar (sintaksis),
Memperhatikan lafal dan intonasi saat bercerita (fonologi),
Mengungkapkan makna yang jelas dari cerita mereka (semantik).

Contoh Materi Terintegratif
Tema: Menceritakan Pengalaman Liburan
-Menyimak: Siswa mendengarkan cerita tentang liburan, belajar intonasi dan pengucapan kata (fonologi).
-Berbicara: Siswa bercerita tentang pengalaman mereka, menggunakan kosakata baru (morfologi), dan menyusun kalimat yang runtut agar mudah dipahami (sintaksis).
-Membaca: Membaca cerita pendek tentang liburan, memahami, mengenali struktur kalimat dan makna cerita (semantik).
-Menulis: Menulis paragraf pendek tentang pengalaman liburan mereka dengan memperhatikan penggunaan kata yang tepat (morfologi), susunan kalimat (sintaksis), dan makna yang ingin disampaikan (sintaksis).

Integrasi Unsur-Unsur Bahasa:
-Fonologi: Fokus pada pelafalan dan intonasi saat menyimak dan berbicara.
-Morfologi: Penggunaan kata yang tepat saat menulis dan berbicara.
-Sintaksis: Penyusunan kalimat dalam kegiatan membaca, menulis, dan berbicara.
-Semantik: Memahami makna kata dan kalimat dalam teks yang dibaca, didengar, ditulis, atau diucapkan.

Dengan metode ini, siswa secara alami akan memadukan keempat subsistem bahasa dalam kegiatan sehari-hari, meningkatkan keterampilan berbahasa secara terpadu.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika salah. Terima kasih dan semangat.