Dalam beberapa metoda pembelajaran, sering kali menggunakan metode kontekstual yang dimanaa pembelajaran ini mengaitkan antara pembelajaran dengan dunia nyata, ya itu dengan membiasakan siswa untuk belajar berinteraksi dengan teman, seperti di berikan arahan untuk berteman dengan teman sebayanya, dilarang berantem, dan lain sebagainya, dan selain dari itu, terkadang ada siswa yang kesulitan untuk berkomunikasi, jadinya siswa tersebut di berikan perhatian lebih, dan pemahaman yang lebih, supaya mereka bisa berinteraksi dan agar pembelajaran kontekstual juga ter realisasikan
Izin menambahkan jawaban terkait pertanyaan diskusi sesi 3 kak
Jadi selain menggunakan prinsip kontekstual, kita dapat menggunakan prinsip-prinsip lainnya, yaitu prinsip fungsional yang dimana prinsip ini menekankan pada penggunaan bahasa untuk berkomunikasi sehari hari. Dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra, kita dapat mengajarkan siswa bagaimana cara menggunakan bahasa dalam berbagai situasi, seperti halnya menulis surat, berbicara di depan umum atau dengan orang lain, atau berdiskusi.
Kemudian ada prinsip integratif, mengintegrasikan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara dengan cara membuat presentasi ttg buku yang telah dibaca oleh siswa, yang dimana didalamnya terdapat keterampilan membaca menulis dan berbicara yang dapat diasah oleh siswa.
Kemudian yang terakhir, ada prinsip apresiatif, dalam pengembangan kemampuan siswa untuk menghargai dan menikmati karya sastra, kita dapat memperkenalkan siswa pada macam2 genre sastra dan mendiskusikan nilai estetika yang ada didalamnya. Adapun kegiatan yang dapat kita lakukan yaitu membaca puisi, drama, pantun kemudian mendiskusikan makna yang terkandung didalam karya sastra tersebut.
Jadi selain menggunakan prinsip kontekstual, kita dapat menggunakan prinsip-prinsip lainnya, yaitu prinsip fungsional yang dimana prinsip ini menekankan pada penggunaan bahasa untuk berkomunikasi sehari hari. Dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra, kita dapat mengajarkan siswa bagaimana cara menggunakan bahasa dalam berbagai situasi, seperti halnya menulis surat, berbicara di depan umum atau dengan orang lain, atau berdiskusi.
Kemudian ada prinsip integratif, mengintegrasikan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara dengan cara membuat presentasi ttg buku yang telah dibaca oleh siswa, yang dimana didalamnya terdapat keterampilan membaca menulis dan berbicara yang dapat diasah oleh siswa.
Kemudian yang terakhir, ada prinsip apresiatif, dalam pengembangan kemampuan siswa untuk menghargai dan menikmati karya sastra, kita dapat memperkenalkan siswa pada macam2 genre sastra dan mendiskusikan nilai estetika yang ada didalamnya. Adapun kegiatan yang dapat kita lakukan yaitu membaca puisi, drama, pantun kemudian mendiskusikan makna yang terkandung didalam karya sastra tersebut.
Sebelumnya izin ya kak untuk menanggapi jawabannya
Sebenarnya penyampaian jawaban yang dipaparkan sudah bagus, namun penempatan kata metode tersebut yang kurang tepat, karena pembahasan di sesi ke 3 ini yakni prinsip kontekstual, fungsional, integratif, dan apresiatif yang di mana prinsip ini merupakan landasan dasar atau pedoman umum yang mengarahkan proses pembelajaran (pedoman yang mendasari) yang memberikan panduan umum tentang bagaimana pembelajaran seharusnya dilakukan, sedangkan metode adalah cara atau teknik praktis yang digunakan untuk menerapkan prinsip dalam pembelajaran yang di mana metode digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan prinsip yang dianut (cara untuk mewujudkan prinsip tersebut dalam praktik).
Jika ada yang salah mohon di koreksi, jika ada yang kurang mohon ditambahkan, dan jika ada yang keliru mohon diperbaiki. Terima kasih.
Sebenarnya penyampaian jawaban yang dipaparkan sudah bagus, namun penempatan kata metode tersebut yang kurang tepat, karena pembahasan di sesi ke 3 ini yakni prinsip kontekstual, fungsional, integratif, dan apresiatif yang di mana prinsip ini merupakan landasan dasar atau pedoman umum yang mengarahkan proses pembelajaran (pedoman yang mendasari) yang memberikan panduan umum tentang bagaimana pembelajaran seharusnya dilakukan, sedangkan metode adalah cara atau teknik praktis yang digunakan untuk menerapkan prinsip dalam pembelajaran yang di mana metode digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan prinsip yang dianut (cara untuk mewujudkan prinsip tersebut dalam praktik).
Jika ada yang salah mohon di koreksi, jika ada yang kurang mohon ditambahkan, dan jika ada yang keliru mohon diperbaiki. Terima kasih.