Diskusi Sesi Ke-3

menjawab sesi-3

menjawab sesi-3

by MA'ANI MA'ANI -
Number of replies: 0

hallo kak ijin menjawab

cara menerapkan prinsip-prinsip kontekstual,fungsional,integratif,dan apresiatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia SD/MI yang dapat membantu siswa mengaitkan materi tentang kehidupan nyata,menggunakan bahasa secara efektif,mengintegrasikan keterampilan berbahasa dan mengembangkan apresiasi terhadap karya sastra yaitu : 

1. prinsip kontekstual yaitu Mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa, Mendorong siswa untuk mengaitkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, Memastikan siswa dapat melihat relevansi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan situasi dan pengalaman sehari-hari. 

2. prinsip fungsional yaitu melatih siswa menggunakan bahasa, baik lisan maupun tulisan, mengajarkan siswa untuk menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi yang efektif dan efisien, mengajarkan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam berbagai fungsi komunikasi.

3. prinsip integratif yaitu mengajarkan kosakata, kalimat, dan keterampilan berbahasa lainnya secara terpadu. Misalnya, kosakata dapat diajarkan dalam pembelajaran membaca, menulis, atau berbicara,memberikan kesempatan kepada siswa untuk melihat dan membangun konsep-konsep yang saling berkaitan, menjadikan guru sebagai model dalam hal membaca, menulis, dan sebagainya, menciptakan komunikasi dan interaksi dengan bahasa yang hidup di kelas.

4. prinsip apresiatif yaitu menyajikan karya sastra yang menghadirkan pengalaman baru yang kaya bagi siswa, mengajarkan siswa untuk memahami karya sastra sehingga mereka dapat mengungkapkan apa yang terdapat dalam karya tersebut. Prinsip apresiatif juga dapat diterapkan dalam pembelajaran aspek lain, seperti keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

maaf jika salah