berikan 1 contoh penerapan basis data yang anda ketahui, dan jelasakan siapa saja yang terlibat dalam sistem tersebut
Data restoran
Ada data menu
data menu ada data makanan dan minuman
Ada data employer
Ada data tabel
Ada data menu
data menu ada data makanan dan minuman
Ada data employer
Ada data tabel
Contohnya DataBase media sosial data ini dapat menyediakan menyimpankan data pengguna, postingan, like, komentar,pengunjung, dan pertemanan.
Bisa juga media sosial menjadi marketplace databasenya nama toko, produk, dan pembelian.
Bisa juga media sosial menjadi marketplace databasenya nama toko, produk, dan pembelian.
Sistem pendataan sekolah, pihak yang terlibat meliputi : 1. Siswa sebagai subjek data
2. Guru menggunakan data untuk memberi laporan dan nilai
3. Orang tua mengakses data untuk mengetahui perkembangan anak
4. Administrasi sekolah yang mengelola data siswa
2. Guru menggunakan data untuk memberi laporan dan nilai
3. Orang tua mengakses data untuk mengetahui perkembangan anak
4. Administrasi sekolah yang mengelola data siswa
Warung makan, Yang terlibat meja registrasi untuk menyewa tempat,kasir untuk membayar, pembeli dan chef dapur. Data berupa menu makanan, maja perlengkapan makan.
Catatan
sistem e-commerce. pelanggan, penjual, administrator sistem
tim keuangan
pengembang perangkat lunak
tim logistik
Administrator Basis Data
tim keuangan
pengembang perangkat lunak
tim logistik
Administrator Basis Data
Contoh saja di dalam perpustakaan sebagai pustakawan akan menjaga sistem agar dapat di akses oleh mahasiswa dan memastikan buku buku tersedia untuk di pinjam oleh mahasiswa. Di dalam basis data perpustakaan ini yang terlibat yaitu pengguna biasanya mahasiswa atau pengunjung perpustakaan,selain itu ada admin yang bertanggung jawab dalam mengelola sistem
sistem informasi akademik
dapat digunakan untuk menyimpan data mahasiswa, mata kuliah, nilai, jadwal kelas,
dan administrasi pendaftaran
dapat digunakan untuk menyimpan data mahasiswa, mata kuliah, nilai, jadwal kelas,
dan administrasi pendaftaran
basis data di toko online digunakan untuk mengelola semua informasi yang berhubungan dengan penjualan produk secara online.
Contoh lain yang lebih spesifik:
* Perpustakaan: Menyimpan data buku, anggota, peminjaman, dan ketersediaan buku.
* Restoran: Mengelola menu, pesanan, reservasi, dan data pelanggan.
Intinya, basis data sangat penting untuk mengelola informasi dalam berbagai jenis bisnis dan organisasi.
Contoh lain yang lebih spesifik:
* Perpustakaan: Menyimpan data buku, anggota, peminjaman, dan ketersediaan buku.
* Restoran: Mengelola menu, pesanan, reservasi, dan data pelanggan.
Intinya, basis data sangat penting untuk mengelola informasi dalam berbagai jenis bisnis dan organisasi.
contoh penerapan cafe yang terlibat ada barista, chef, pelayan, kasir dan konsumen. data yang ada meja dan kursi, data pengunjung, data pelayanan, data transaksi dan makanan
seperti sistem pemesanan tiket pesawat
yang terlibat mulai dari :
1. Pihak maskapai penerbangan (Tim it, agen pemesanan, departemen keuangan)
2. Pihak penumpang (Pelanggan, agen travel)
yang terlibat mulai dari :
1. Pihak maskapai penerbangan (Tim it, agen pemesanan, departemen keuangan)
2. Pihak penumpang (Pelanggan, agen travel)
Penerapan basis data :Belanja online
yang terlihat adalah customer, penjual, admistrator, jasa pengiriman, dan Sistem basis data yang menyimpan dan memproses data-data tersebut dengan efisien dan terstruktur.
yang terlihat adalah customer, penjual, admistrator, jasa pengiriman, dan Sistem basis data yang menyimpan dan memproses data-data tersebut dengan efisien dan terstruktur.
lab komputer :
•Data Administrator Basis Data
•Data Pengguna / Mahasiswa
•Dosen
•Asisten Lab / teknisi
•Data Administrator Basis Data
•Data Pengguna / Mahasiswa
•Dosen
•Asisten Lab / teknisi
sistem pemesanan tiket pesawat
siapa saja yang terlibat : pegawai, maskapai pesawat, administrator sistem, travel agent
siapa saja yang terlibat : pegawai, maskapai pesawat, administrator sistem, travel agent
Sistem pendataan m-banking pada perbankan yang terlibat ialah :
Nasabah, costumer service dan sistem yang mengelola pendataan
Nasabah, costumer service dan sistem yang mengelola pendataan
contoh : platform belanja online seperti shoppe atau lazada
Individu atau kelompok berikut terlibat dalam sistem basis data platform belanja online:
Individu atau kelompok berikut terlibat dalam sistem basis data platform belanja online:
pengembang, Administrator Basis Data, Manajer Produk, Perwakilan Layanan Pelanggan,pelanggan
Individu atau kelompok berikut terlibat dalam sistem basis data platform belanja online:
Individu atau kelompok berikut terlibat dalam sistem basis data platform belanja online:
pengembang, Administrator Basis Data, Manajer Produk, Perwakilan Layanan Pelanggan,pelanggan
salah satu penerapan basis data yang saya ketahui adalah basis data Bank dapat menyimpan data nasabah,no rekening,saldo, transaksi dan informasi pinjaman.Yang terlibat didalam nya adalah pegawai bank
Basis data di e-banking
- Data pengguna ( biodata pengguna)
- Data rekening ( mencakup nomor kartu )
- data login e-banking
- Data pengguna ( biodata pengguna)
- Data rekening ( mencakup nomor kartu )
- data login e-banking
Sistem Rumah Sakit yang digunakan untuk menyimpan informasi pasien, dan jadwal pemeriksaan.
pihak yang terlibat :
1. Pasien
2. Staff Medis (perawat dan dokter)
3. Pengembang sistem
pihak yang terlibat :
1. Pasien
2. Staff Medis (perawat dan dokter)
3. Pengembang sistem
Sistem Manajemen Perpustakaan, penerapan basis data untuk menyimpan info buku, anggota, ataupun transaksi terkait perpus (daftar anggota, etc). Pihak yg terlibat termasuk admin/pengurus yg mengelola data, dan anggota perpus yg meminjam buku.
contoh penerapan Basis data dalam sistem manajemen inventaris menyimpan informasi tentang barang, stok, lokasi penyimpanan, dan transaksi inventaris, memungkinkan pengelolaan yang efisien dan akurat.
Sistem Manajemen Perpustakaan Yang terlibat itu ada :
1. Informasi buku
2. Anggota perpustakaan
3. Transaksi peminjaman serta pengembalian buku
4. Pustakawan
5. Administrator IT
6. Pengembang sistem
1. Informasi buku
2. Anggota perpustakaan
3. Transaksi peminjaman serta pengembalian buku
4. Pustakawan
5. Administrator IT
6. Pengembang sistem
ini contoh bagus. Tolong detailkan dengan informasi buku