Forum Diskusi 2: Komunikasi

bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by DIAN WIDDYASTUTIK -
Number of replies: 6
In reply to DIAN WIDDYASTUTIK

Re: bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by DELA VINKA ARISKA -
Dalam membangun komunikasi yang efektif tentunya kita perlu mengetahui dan menegnali lawan komunikasi kita.Hal yang perlu kita ketahui dari lawan komunikasi kita seperti berapa usianya,apa yang menjadi minatnya,backround pendidikannya.Mengapa demikian karena jika kita tidak mengetahui hal-hal tersebut ditakutkan lawan bicara kita menjadi bosan dan tidak tertarik dengan topik yang sedang kita bahas.Sselain itu,backroung pendidikan menjadi penting karena ketika kita menggunakan suatu istilah yang tidak dipahami atau berbeda dengan lawan komunikasi kita ditakutkan akan terjadi misskomunikasi.
In reply to DIAN WIDDYASTUTIK

Re: bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by ROSYADAH HERCEGOVINA RANATI -
PM200408
Rosyadah Hercegovina Ranati

Izin memberikan pendapat kak. menurut saya cara agar komunikasi bisa efektif yaang paling utama adalah kita menghargai lawan bicara kita. Akan lebih baik apabila kita tidak memandang usia maupun jabatan, karena mau setua atau semuda apa pun seseorang maupun setinggi atau serendah apapun jabatan seseorang, kita wajib berkomunikasi dengan sopan santun agar tidak menyinggung.
Kemudian menurut saya, terdapat hal sederhana untuk berkomunikasi secara efektif yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan komunikasi tatap muka, hal ini dapat membantu kita untuk menetukan apakah pembicaraan yang dilakukan telah mencapai tujuan diinginkan atau belum. Selanjutnya kita dapat memberikan umpan balik yang positif untuk mendukung komunikasi yang baik.
In reply to ROSYADAH HERCEGOVINA RANATI

Re: bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by R. NOVITA EKA NURZULVIANA -
saya setuju dengan pendapat tersebut. komunikasi efektif dilakukan dengan dua arah, ada yang berbicara dan menanggapi tanpa memandang apapun. selain itu juga tujuannya harus jelas, tidak berbelit-belit. dan hal yang terpenting dalam komunikasi efektif menyelaraskan bahasa yang digunakan sehingga pesan dan makna dapat tersampaikan tanpa menyingung satu dengan yang lainnya
In reply to R. NOVITA EKA NURZULVIANA

Re: bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by Dian Hidayati -
ijin menambahkan,
saya setuju dengan pendapat temen -temen semua, jadi intinya komunikasi dapat berjalan secara efektif dengan lancar yaitu dengan :
1. komunikasi dua arah > kemampauan menyampaikan informasi agar direspon secara umpan balik.
2.asertif> kemampuan menyampaikan pikiran dan perasaan ke objek tertentu secara tepat.
3.empati> kemampuan untuk merasakan dan memahami apa yang di rasakan oleh orang lain.
4.bahasa tubuh. agar orang lain merasa terkesan dangan topik pembicaraan tersebut.
In reply to DIAN WIDDYASTUTIK

Re: bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by Tsaqfa Nurfatimah -
Izin masuk dan memberi tanggapan, menurut saya komunikasi bisa efektif apabila kita mengenali lawan bicara. setelah kenal maka tunjukkan bahasa yang sopan dalam arti jika kita berbicara kepada orang yang lebih tua, sepantar atau yang lebih muda tutur kata harus disesuaikan. Terakhir gunakan bahasa yang mudah dipahami agar nanti pembicaraan berjalan dengan baik dan tidak bertele-tele.
In reply to DIAN WIDDYASTUTIK

Re: bagaimana caranya agar Komunikasi bisa efektif ?

by HAJAR MAQSHUROH -
Dari sudut pandang saya sebagai mahasiswa psikologi, komunikasi efektif akan tercapai apabila komunikasi dilakukan secara asertif. Hal ini berarti komunikasi harus dilakukan dengan nyaman agar pesan tersampaikan. Sebagai contoh, A berkomunikasi dengan B, maka A harus merasa nyaman, begitu pula dengan B. Dengan demikian, kedua pihak akan saling terbuka dan pesan akan tersampaikan dengan baik. Kenyamanan dapat berbentuk penyesuaian cara berbicara, intonasi ketika berbicara, hingga bahasa. Pada intinya, dengan siapa pun, baik itu teman-teman difable, dengan masyarakat adat, dengan siapa pun, kenyamanan adalah hal yang utama untuk mencapai keefektifan komunikasi.