Forum Diskusi 2: Komunikasi

Peran komunikasi dan Pentingnya bagi masyarakat di kehidupan sosial

Peran komunikasi dan Pentingnya bagi masyarakat di kehidupan sosial

by NURUL HIKMAH -
Number of replies: 0

Komunikasi ialah penyampaian pesan dari komunikator (sender) kepada komunikan (receiver) melalui media tertentu dan menyebabkan efek. Pentingnya  akses  informasi  dalam pembangunan  masyarakat  sebagaimana ditekankan  Bank  Dunia  (World  Bank,  2006) bahwa,  komunikasi  pembangunan  hendaknya menciptakan  mekanisme  untuk  memperluas akses  masyarakat  terhadap  informasi mengenai reformasi, memperkuat kemampuan klien untuk mendengarkan konstituen mereka dan  bernegosiasi  dengan  para  pemangku kepentingan, memberdayakan organisasi akar rumput  untuk  mencapai  proses  yang  lebih partisipatif  dan  melakukan  kegiatan komunikasi  yang  didasarkan  pada  penelitian akan kondisi masyarakat.

Selain itu dalam kehidupan sosial manusia sangat perlu untuk tau dan dapat berkomunikasi denagn benar. Karena tidak semua orang bisa memahami kondisi manusia lainnya contohnya para disabiliitas. mereka kan memiliki teknik komunikasi yang berbeda dengan manusia normal pada umumnya namun tidak menghalangi kita untuk dapat berkomunikasi dengan siapa saja. 

Jalin komunikasi dengan metode dan tatanan yang baik kepada siapa kita berkomunikasi upaya informasi yang disampaikan dan tujuan kita tercapai dalam berkomunikasi.