Teknik bercerita, bermain peran, diskusi kelompok, menulis jurnal, dan tanya jawab dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI untuk mengembangkan keterampilan berbahasa serta menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa, dapat diterapkan dengan beberapa cara diantaranya sebagai berikut:
1. Bercerita. Pada teknik ini dapat diterapkan dengan cara siswa diminta untuk menceritakan kembali sebuah cerita yang telah dibaca. Yang mana dapat mengembangkan keterampilan berbicara, memperkaya kosakata, serta melatih kemampuan mendengarkan. Selain itu dapat menanamkan nilai karakter sesuai dengan isi cerita yang telah siswa baca dan ceritakan.
2. Bermain Peran. Dapat diterapkan dengan caraengajak siswa berperan sebagai tokoh dalam cerita atau situasi tertentu. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan kreativitas, serta dapat mengajarkan tanggung jawab dan kepekaan sosial sebagai penanaman nilai karakter.
3. Diskusi Kelompok. Dapat diterapkan dengan mengajak siswa berdiskusi tentang tema, karakter, atau moral dalam teks sastra. Yang mana dapat engembangkan kemampuan berpikir kritis dan argumentasi, serta dapat menanamkan nilai karakter seperti sikap toleransi dan menghargai pendapat orang lain.
4. Menulis Jurnal. Dapat diterapkan dengan mengajak siswa menulis refleksi pribadi tentang cerita atau pelajaran yang dipelajari. Dengan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis dan membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai dari bacaan. Selain itu dapat menanamkan nilai karakter seperti mengajarkan introspeksi dan disiplin.
5. Tanya Jawab. Dapat diterapkan dengan mengajak siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan terkait materi yang dipelajari. Teknik ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan secara aktif. Serta dapat menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu dan keberanian untuk mengungkapkan pendapat.
Dengan menerapkan teknik-teknik ini, siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan berbahasa mereka, tetapi juga belajar nilai-nilai karakter penting yang akan membentuk kepribadian mereka.