Diskusi Sesi Ke-5

Menjawab pertanyaan diskusi sesi ke-5

Menjawab pertanyaan diskusi sesi ke-5

by SITI JOHAR MANIKAM -
Number of replies: 3

Teknik bercerita, bermain peran, diskusi kelompok, menulis jurnal, dan tanya jawab dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI untuk mengembangkan keterampilan berbahasa serta menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa, dapat diterapkan dengan beberapa cara diantaranya sebagai berikut:

1. Bercerita. Pada teknik ini dapat diterapkan dengan cara siswa diminta untuk menceritakan kembali sebuah cerita yang telah dibaca. Yang mana dapat mengembangkan keterampilan berbicara, memperkaya kosakata, serta melatih kemampuan mendengarkan. Selain itu dapat menanamkan nilai karakter sesuai dengan isi cerita yang telah siswa baca dan ceritakan.

2. Bermain Peran. Dapat diterapkan dengan caraengajak siswa berperan sebagai tokoh dalam cerita atau situasi tertentu. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan kreativitas, serta dapat mengajarkan tanggung jawab dan kepekaan sosial sebagai penanaman nilai karakter.

3. Diskusi Kelompok. Dapat diterapkan dengan mengajak siswa berdiskusi tentang tema, karakter, atau moral dalam teks sastra. Yang mana dapat engembangkan kemampuan berpikir kritis dan argumentasi, serta dapat menanamkan nilai karakter seperti sikap toleransi dan menghargai pendapat orang lain.

4. Menulis Jurnal. Dapat diterapkan dengan mengajak siswa menulis refleksi pribadi tentang cerita atau pelajaran yang dipelajari. Dengan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis dan membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai dari bacaan. Selain itu dapat menanamkan nilai karakter seperti mengajarkan introspeksi dan disiplin.

5. Tanya Jawab. Dapat diterapkan dengan mengajak siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan terkait materi yang dipelajari. Teknik ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan secara aktif. Serta dapat menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu dan keberanian untuk mengungkapkan pendapat.

Dengan menerapkan teknik-teknik ini, siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan berbahasa mereka, tetapi juga belajar nilai-nilai karakter penting yang akan membentuk kepribadian mereka.

In reply to SITI JOHAR MANIKAM

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi ke-5

by AFIFAH AFRA AMATULLAH -
Hallo kak, jawabannya sangat membantu
Izin bertanya di point tanya jawan
Bagaimana teknik tanya jawab dapat digunakan secara efektif untuk menantang pemikiran kritis siswa, terutama dalam mengatasi jawaban yang salah atau kurang tepat tanpa membuat siswa merasa terintimidasi atau kehilangan keberanian untuk berpartisipasi di masa depan?
In reply to AFIFAH AFRA AMATULLAH

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi ke-5

by NUR HALIZSAH ANDINI -
haloo izin ya untuk menjawab pertanyaannya

Teknik tanya jawab dapat digunakan secara efektif untuk menantang pemikiran kritis siswa dengan cara berikut:

1. Berikan Pujian Terlebih Dahulu: Apresiasi usaha siswa dalam menjawab, misalnya dengan mengatakan, “Itu ide yang menarik” atau “Saya suka bagaimana kamu berpikir.” Ini membantu siswa merasa dihargai meskipun jawabannya kurang tepat.
2. Ajukan Pertanyaan Tindak Lanjut: Alih-alih langsung mengoreksi, ajukan pertanyaan lanjutan yang mendorong siswa untuk mengevaluasi ulang atau mempertimbangkan sudut pandang lain, seperti “Bagaimana jika kita melihatnya dari sudut ini?” atau “Apa yang terjadi jika kita mempertimbangkan faktor X?”
3. Gunakan Teknik Refleksi: Ajak siswa untuk merenungkan jawaban mereka dengan bertanya, “Bisakah kamu menjelaskan lebih lanjut?” atau “Apa alasan kamu memilih jawaban ini?” Ini mengajak siswa berpikir lebih dalam tanpa merasa disalahkan.
4. Libatkan Siswa Lain: Tanyakan pendapat siswa lain tentang jawaban yang diberikan, seperti “Bagaimana menurut kalian?” atau “Adakah pandangan lain yang ingin disampaikan?” Ini menciptakan diskusi yang kolaboratif dan menunjukkan bahwa semua ide dihargai.
5. Koreksi Secara Halus: Jika perlu mengoreksi, lakukan dengan lembut, misalnya, “Itu satu cara untuk melihatnya, tetapi bagaimana jika kita mempertimbangkan ini?” atau “Itu hampir benar, mari kita lihat sedikit lebih dalam.”

Pendekatan ini menjaga lingkungan kelas tetap mendukung, mendorong pemikiran kritis, dan memastikan siswa tetap termotivasi untuk berpartisipasi tanpa rasa takut.

Terima kasih. Semoga membantu
In reply to AFIFAH AFRA AMATULLAH

Re: Menjawab pertanyaan diskusi sesi ke-5

by JUMIYATI JUMIYATI -
Halo kak izin menjawab pertanyaannya versi saya yaa.

Cara penerapan teknik tanya jawab dengan benar yang dapat digunakan secara efektif untuk merangsang pemikiran kritis siswa SD/MI tanpa membuat mereka merasa terintimidasi disaat bertanya maupun menjawab pertanyaan baik dengan benar atau salah.

TEKNIK TANYA JAWAB UNTUK MERANGSANG PEMIKIRAN KRITIS
Tujuan utama adalah menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendorong siswa untuk terus mencoba, bahkan jika jawaban mereka tidak selalu benar. Berikut beberapa teknik yang bisa Anda coba:
5. Mulai dengan Pertanyaan Terbuka:
a. Contoh: "Apa yang kamu pikirkan tentang cerita ini? Mengapa tokoh utama melakukan hal itu?"
b. Pertanyaan terbuka mendorong siswa untuk berpikir lebih dalam dan mengungkapkan ide-ide mereka secara bebas.
6. Gunakan Pertanyaan "Mengapa" dan "Bagaimana":
a. Contoh: "Mengapa kamu berpikir jawabannya seperti itu? Bagaimana cara kamu sampai pada kesimpulan itu?"
b. Pertanyaan-pertanyaan ini membantu siswa untuk menjelaskan proses berpikir mereka dan menghubungkan ide-ide yang berbeda.
7. Ajukan Pertanyaan Pengarah:
a. Contoh: "Jika kita melihat masalah ini dari sudut pandang yang berbeda, apa yang mungkin terjadi?"
b. Pertanyaan pengarah membantu siswa untuk mempertimbangkan perspektif yang berbeda dan menemukan solusi alternatif.
8. Hindari Pertanyaan Ya atau Tidak:
a. Contoh: Alih-alih bertanya, "Apakah jawabannya A?" tanyakan, "Mengapa kamu memilih jawaban A dibandingkan B?"
b. Pertanyaan terbuka mendorong siswa untuk memberikan penjelasan yang lebih detail.
9. Berikan Pujian yang Spesifik:
a. Contoh: "Idemu tentang... sangat menarik! Kamu sudah berusaha keras untuk menghubungkan beberapa konsep yang berbeda."
b. Pujian yang spesifik membuat siswa merasa dihargai dan memotivasi mereka untuk terus berusaha.

Mengatasi Jawaban yang Salah atau Kurang Tepat
• Hindari kata-kata negatif: Alih-alih mengatakan "salah", gunakan frasa seperti "Mari kita lihat bersama-sama" atau "Ayo kita coba cari tahu mengapa".
• Ajukan pertanyaan lanjutan: "Apa yang kamu pikirkan jika kita coba cara ini?" atau "Apakah ada informasi lain yang bisa kita gunakan untuk menjawab pertanyaan ini?"
• Berikan petunjuk: "Coba perhatikan kata kunci ini..." atau "Ingatkah kamu pelajaran kita tentang...?"
• Ajak siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku: Diskusi antar teman dapat membantu siswa menemukan jawaban yang benar bersama-sama.
TIPS TAMBAHAN:

Sesuaikan tingkat kesulitan pertanyaan: Pertimbangkan usia dan kemampuan siswa.
Gunakan berbagai jenis media: Gambar, video, dan benda nyata dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep yang sulit.
Libatkan siswa dalam merancang pertanyaan: Hal ini dapat meningkatkan rasa memiliki dan motivasi siswa.

Terimakasih🙏