Halo kak, terimakasih atas tanggapannya ya.
Ijin menjawab pertanyaannya, dalam tekhnik diskusi kelompok aspek-aspek/ keterampilan berbahasa apa saja yang dapat dikembangkan?
Nah, pada teknik bermain peran di atas yakni mengembangkan keterampilan berbicara siswa, lalu pada teknik diskusi kelompok sesuai dari apa yang saya sampaikan di atas yaitu:
1). Menganalisis Informasi, disini pada saat sesi diskusi masuk pada bagian siswa menyimak dan memilah informasi dari apa yang disampaikan oleh temannya/guru saat proses diskusi berlangsung (Keterampilan Menyimak)
2).Menarik Kesimpupan, disini siswa dapat menulis kesimpulan hasil dari diskusi yang sedang berlangsung secara ringkas dengan bahasa mereka sendiri(Keterampilan menulis).
3).Berkomunikasi secara efektif, kenapa diatas saya menyebutkan bahwa pada teknik diskusi kelompok ini memerlukan moderator yaitu berperan sebagai pengontrol jalannya diskusi supaya tetap aktif dan nyambung. Contohnya yang menjadi moderatornya guru, setelah diskusi berlangsung guru dapat mengajukan pertanyaan terbuka yang memancing pemikiran siswa yang lebih luas dan siswa aktif bertanya maupun menjawab sesuai hasil dari simakan dan kesimpulan tadi yang telah ditulis oleh siswa sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan atau bertanya sesuai arahan dari moderator tersebut (Keterampilan berbicara).
Terimakasih, Semoga membantu🙏
Ijin menjawab pertanyaannya, dalam tekhnik diskusi kelompok aspek-aspek/ keterampilan berbahasa apa saja yang dapat dikembangkan?
Nah, pada teknik bermain peran di atas yakni mengembangkan keterampilan berbicara siswa, lalu pada teknik diskusi kelompok sesuai dari apa yang saya sampaikan di atas yaitu:
1). Menganalisis Informasi, disini pada saat sesi diskusi masuk pada bagian siswa menyimak dan memilah informasi dari apa yang disampaikan oleh temannya/guru saat proses diskusi berlangsung (Keterampilan Menyimak)
2).Menarik Kesimpupan, disini siswa dapat menulis kesimpulan hasil dari diskusi yang sedang berlangsung secara ringkas dengan bahasa mereka sendiri(Keterampilan menulis).
3).Berkomunikasi secara efektif, kenapa diatas saya menyebutkan bahwa pada teknik diskusi kelompok ini memerlukan moderator yaitu berperan sebagai pengontrol jalannya diskusi supaya tetap aktif dan nyambung. Contohnya yang menjadi moderatornya guru, setelah diskusi berlangsung guru dapat mengajukan pertanyaan terbuka yang memancing pemikiran siswa yang lebih luas dan siswa aktif bertanya maupun menjawab sesuai hasil dari simakan dan kesimpulan tadi yang telah ditulis oleh siswa sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan atau bertanya sesuai arahan dari moderator tersebut (Keterampilan berbicara).
Terimakasih, Semoga membantu🙏