Diskusi Sesi Ke-5

Sesi 5

Sesi 5

oleh JUMIYATI JUMIYATI -
Jumlah balasan: 0

Teknik bercerita, bermain peran, diskusi kelompok, menulis jurnal, dan tanya jawab dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI untuk mengembangkan keterampilan berbahasa serta menanamkan nilai-nilai karakter, berikut penjelasannya:

1. Bercerita

• Penerapan: Guru dapat membacakan cerita pendek, dongeng, atau fabel. Setelah itu, siswa diajak untuk menceritakan kembali cerita tersebut dengan gaya bahasa mereka sendiri.

• Pengembangan Keterampilan: Melatih kemampuan mendengarkan, mengingat, dan mengungkapkan kembali informasi secara lisan.

• Penanaman Nilai: Cerita-cerita yang dipilih sebaiknya mengandung nilai-nilai moral yang baik, seperti kejujuran, keberanian, kerja sama, dan sopan santun.

2. Bermain Peran

• Penerapan: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan peran dalam sebuah cerita. Mereka kemudian berakting sesuai dengan peran yang diberikan.

• Pengembangan Keterampilan: Meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, kreativitas, serta pemahaman terhadap karakter tokoh.

• Penanaman Nilai: Melalui permainan peran, siswa dapat belajar tentang berbagai macam karakter dan memahami konsekuensi dari setiap tindakan.

3. Diskusi Kelompok

• Penerapan: Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka terkait teks bacaan atau topik yang sedang dipelajari. Siswa kemudian berdiskusi dalam kelompok kecil untuk mencari jawaban.

• Pengembangan Keterampilan: Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, dan berargumen.

• Penanaman Nilai: Melalui diskusi, siswa belajar menghargai pendapat orang lain, bekerja sama dalam kelompok, dan memecahkan masalah bersama.

4. Menulis Jurnal

• Penerapan: Siswa diminta untuk menuliskan pendapat, perasaan, atau pengalaman mereka terkait dengan materi yang sedang dipelajari.

• Pengembangan Keterampilan: Meningkatkan kemampuan menulis, mengekspresikan diri, dan berpikir secara reflektif.

• Penanaman Nilai: Menulis jurnal dapat membantu siswa untuk lebih memahami diri sendiri dan mengembangkan kesadaran diri.

5. Tanya Jawab

• Penerapan: Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Siswa kemudian menjawab pertanyaan tersebut secara bergantian.

• Pengembangan Keterampilan: Meningkatkan kemampuan memahami konsep, berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, dan berpikir cepat.

• Penanaman Nilai: Melalui tanya jawab, siswa dilatih untuk berani bertanya dan menyampaikan pendapat.