Diskusi Sesi Ke-6

Sesi 6

Sesi 6

oleh AFIFAH AFRA AMATULLAH -
Jumlah balasan: 0

Penggunaan media pembelajaran seperti buku cerita, antologi puisi, media audio dan video, poster, flashcard, komik, majalah anak, serta alat peraga dan bahan manipulatif memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan keterampilan berbahasa dan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa di SD/MI.

  1. Buku Cerita dan Antologi Puisi: Buku cerita dan puisi memperkaya kosakata siswa, melatih kemampuan membaca, memahami, serta mengekspresikan emosi dan pikiran. Selain itu, cerita dan puisi sering memuat pesan moral yang membantu penanaman nilai karakter seperti kejujuran, kerja sama, dan rasa hormat.

  2. Media Audio dan Video: Media ini membantu siswa memahami cerita atau pelajaran melalui visual dan suara, yang merangsang daya ingat serta kemampuan mendengar dan berbicara. Siswa dapat belajar intonasi, ekspresi, dan tata bahasa yang baik, sekaligus mendapatkan pemahaman tentang berbagai nilai seperti toleransi, disiplin, dan tanggung jawab.

  3. Poster dan Flashcard: Kedua media ini digunakan untuk memperkenalkan kata-kata, kalimat, atau konsep secara visual. Siswa dapat belajar mengenali kata atau gambar dan mengasosiasikannya dengan makna tertentu. Flashcard juga dapat membantu memperkuat pemahaman konsep dasar bahasa dan nilai, seperti saling tolong-menolong.

  4. Komik dan Majalah Anak: Komik sering kali menyajikan cerita dengan bahasa yang sederhana dan menarik, sehingga siswa dapat belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan. Nilai-nilai karakter seperti persahabatan, kebenaran, dan keberanian dapat disampaikan melalui cerita-cerita yang ada di dalamnya.

  5. Alat Peraga dan Bahan Manipulatif: Alat peraga dan bahan manipulatif, seperti boneka atau papan cerita, memungkinkan siswa belajar bahasa melalui pengalaman langsung dan bermain peran. Siswa dapat memperagakan situasi nyata, yang memperkuat keterampilan komunikasi sekaligus memahami nilai-nilai seperti empati dan kerjasama.

Keseluruhan media tersebut mendukung pengembangan keterampilan berbahasa dengan cara yang bervariasi dan interaktif, sambil juga menyampaikan nilai-nilai karakter yang esensial bagi pembentukan kepribadian siswa.