Setelah saya menonton videonya dan membaca chapter 3, saya mendapatkan bahwa ada 8 model pembelajaran terpadu, yaitu :
1. Model fragmented
2. Model connected
3. Model sarang (webbed model)
4. Model urutan (sequenced)
5. Model shared
6. Model jaring laba-laba
7. Model threaded
8. Model integrated
Kedelapan model tersebut baik untuk digunakan di sekolah dasar
Dan menurut saya, model pembelajaran terpadu yang cocok digunakan untuk kelas rendah adalah model connected
Alasan saya memilih model connected untuk diterapkan di kelas rendah, yaitu :
Pertama, karena model pembelajaran ini lebih sederhana tidak terlalu banyak mata pelajaran yang dihubungkan jadi lebih memudahkan pemahaman siswa kelas rendah
Kedua, karena model ini mencakup satu bagian tertentu baik berupa tema, ide,topik yang akan dihubungkan ke 2 mata pelajaran yang mana akan disatukan oleh suatu penghubung
Seperti contoh yang ada di video : materi energi terbarukan (ada 2 mata pelajaran yang dapat dihubungkan oleh tema energi)
Energi dibahas dalam mata pelajaran IPA, terkait penggunaan energi gerak diubah menjadi energi listrik
Energi juga dibahas dalam mata pelajaran IPS, bagaimana pemanfaatan energi di daerah terpencil, atau pemanfaatan energi di daerah dengan geografis yang banyak airnya
Dalam contoh ini, siswa belajar tentang energi dari berbagai perspektif, dan guru membantu mereka melihat bagaimana pengetahuan dari satu mata pelajaran dapat memperkaya pemahaman mereka di mata pelajaran lain
Dan alasan yang ketiga karena model ini berusaha membuat hubungan yang lebih jelas dan eksplisit antara mata pelajaran, sehingga siswa dapat melihat bagaimana pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari saling berhubungan dan relevan satu sama lain.