Setelah saya menonton videonya dan membaca chapter 3, saya mendaptkan bahwa ada 8 model pembelajaran terpadu yaitu:
- Model Fragmented
- Model Connected
- Model Webbed (model sarang)
- Model Seguented (model urutan)
- Model Shared
- Model Jaring Laba-laba
- Model Threaded
- Model Integrated
Dan menurut saya, model pembelajaran terpadu yang cocok digunakan untuk kelas rendah adalah Model Connected
Alasan saya memilih model pembelajaran connected ini untuk diterapkan dikelas rendah :
Model Conneted adalah salah satu jenis dari model pembelajaran terpadu. Dalam pendekatan ini, berbagai mata pelajaran dihubungkan melalui keterkaitan konsep, topik, atau keterampilan yang relevan. Model ini berusaha membuat hubungan yang lebih jelas dan eksplisit antara mata pelajaran, sehingga siswa dapat melihat bagaimana pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari saling berhubungan dan relevan satu sama lain.
- Membuat pembelajaran lebih menyenangkan:Dengan menghubungkan materi pelajaran dengan hal-hal yang menarik minat anak, pembelajaran menjadi lebih seru dan tidak membosankan.
- Memperkuat pemahaman: Dengan melihat hubungan antar materi, anak-anak lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.
- Meningkatkan daya ingat: Ketika anak-anak menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, mereka akan lebih mudah mengingatnya.
- Mengembangkan keterampilan berpikir kritis: Model connected mendorong anak-anak untuk berpikir lebih dalam dan mencari hubungan antara berbagai hal
Model Conneted dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama dan komunikasi dengan sesama teman, karena model ini lebih sering melibatkan siswa dalam kerja kelompok disatu sisi lain guru juga dapat menyusaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan siswa dikelas rendah.
- Mulai dengan tema yang menarik: Pilih tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari anak.
- Libatkan siswa aktif: Berikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
- Gunakan berbagai media pembelajaran: Variasikan penggunaan gambar, video, permainan, dan bahan-bahan lain.
- Kolaborasi dengan guru lain: Jika memungkinkan, bekerjasama dengan guru mata pelajaran lain untuk menyusun kegiatan pembelajaran yang terintegrasi.
contoh : Energi
ada dua mata pelajaran yang dapat dihubungkan oleh tema atau topik energi. dalam conneted ini biasanya tidak terlalu banyak mata pelajaran dihubungkan.
- energi dibahas oleh mata pelajaran IPA kemudian dibahas juga oleh mata pelajaran IPS.
- misal di IPS: bagaimana pemanfaaatan energi didaerah kecil, di daerah penungan atau di daerah yang banyak memiliki banyak airnya, ada air terjun ini ada penghubungnya yaitu ada energi dimana masyarakat disana dapat memanfaatkan energi tersebut untuk kehidupan sehari-hari untuk penerangan listrik dirumahnya.
- misalkan di IPA : dibahas terkait dengan penggunaan energi gerak diubah menjadi ke energi listrik yaitu energi adalah energi yang dapat di perbaharui. energi listrik yang dihasilkan oleh oleh gerak air, oleh turbin, oleh kincir angin akan diubah menjadi energi listrik.
Model connected adalah pendekatan pembelajaran yang sangat efektif untuk anak-anak kelas rendah. Dengan menerapkan model ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.