Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Pengertian perencanaan proyek

Pengertian perencanaan proyek

by MUTIA MUTIA -
Number of replies: 3

Perencanaan adalah suatu tahapan dalam manajemen proyek yang mencoba meletakkan dasar tujuan dan sasaran sekaligus menyiapkan segala program teknis dan administratif agar dapat di implementasikan.

In reply to MUTIA MUTIA

Re: Pengertian perencanaan proyek

by MUFATTIHAH MAULIA FITRA -
Mufattihah Maulia Fitra/Universitas Pendidikan Indonesia

Menurut saya, perencanaan proyek merupakan salah satu kegiatan untuk menghasilkan suatu kerangka kerja yang dapat dipertanggung jawabkan terkait sumber pendaanaan, jadwal proyek dilaksanakan, dan sumber daya yang dibutuhkan (baik sumber daya bahan baku maupun sumber daya manusia). Melalui perencanaan proyek ini stakeholder dapat memetakan apa saja yang dibutuhkan, bagaimana langkah-langkahnya, dan target yang ingin dicapai, sehingga pada saat eksekusi proyek tiba, stakeholder sudah mengetahui apa yang harus dilakukan dan melaksanakan alur proyek secara sistematis dan teratur sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.
In reply to MUFATTIHAH MAULIA FITRA

Re: Pengertian perencanaan proyek

by ILMU ARUM ISTIKOMAH -
Ilmu Arum Istikomah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
PM130503

Perencanaan proyek yaitu proses awal untuk menentukan tujuan dan sasaran, termasuk menyiapkan sumber daya untuk mendukung tujuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pengertian tersebut, bahwa perencanaan proyek juga memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah sarana komunikasi bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan proyek. Jadi, dalam penyelenggaraan proyek melibatkan berbagi profesi dan memberikan multilayanan untuk mempercepat tujuan yang ingin dicapai.
In reply to MUFATTIHAH MAULIA FITRA

Re: Pengertian perencanaan proyek

by DESTHRIYANTI DESTHRIYANTI -
PM160504
DESTHRIYANTI
UNIVERSITAS PADJADJARAN

Izin menambahkan. Menurut saya, perencanaan proyek merupakan langkah awal untuk menyiapkan, menentukan, dan menghasilkan rancangan kerja atau kegiatan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai. Dalam perencanaan proyek menguji arah capaian, mengkaji ketidakpastian, mengukur kapasitas, menentukan arah capaian dan langkah untuk mencapainya.