Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Pengembangan Diri

Pengembangan Diri

by Dhifa Zhafirah -
Number of replies: 1
Pengembangan diri adalah komponen terpenting untuk mencapai kehidupan yang luar biasa atau kesuksesan hidup seperti yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Pengertian pengembangan diri atau personal development jarang diartikan sebagai suatu istilah. Secara singkat, pengembangan diri adalah menginvestasikan diri sendiri agar kita dapat mengontrol atau mengendalikan diri kita dengan sangat baik dan efektif.
 
Pengembangan diri sangat diperlukan khususnya di Era Revolusi Industri 4.0 dimana kita dituntut untuk memahami teknologi yang ada serta mampu bersaing dengan globalisasi. Oleh karena itu, pengembangan diri sudah seharusnya kita lakukan dan terus tingkatkan demi mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045. 
 
Adapun tujuan pengembangan diri adalah memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri kita, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang luar biasa dan mampu bertahan dengan segala perubahan zaman yang datang silih berganti. Dengan kata lain, kita selalu menjadi individu yang unggul, tidak peduli rintangan apapun yang datang ke dalam hidup kita, tetap bertahan dan unggul akan menjadi kelebihan kita. 
 
In reply to Dhifa Zhafirah

Re: Pengembangan Diri

by AHMAD NUR SYAHID -
Hal pertama untuk bisa mengembangkan diri sendiri adalah memahami definisinya terlebih dahulu. Jadi, pengembangan diri adalah proses untuk membentuk bakat, potensi, perilaku, dan juga kepribadian untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri.
Kegiatan pengembangan ini sendiri termasuk ke dalam jenis kegiatan diluar pembelajaran. Sehingga didapatkan ketika aktif mengikuti kegiatan diluar kelas, baik selama di masa 12 tahun pendidikan wajib (SD, SMP, dan SMA) maupun di tingkat universitas.
Namun, secara umum lembaga pendidikan secara rutin mengadakan sejumlah program dan kegiatan untuk mendukung pengembangan tersebut. Misalnya di tingkat sekolah diadakan kegiatan ekstrakurikuler dan dijalankan setelah jam sekolah selesai.
Semakin banyak kegiatan dilakukan semakin mudah bagi seseorang untuk melakukan pengembangan diri. Sebab dibutuhkan kesadaran diri sendiri untuk terus berkembang, supaya kemampuan meningkat dan bermanfaat untuk masa depan.